FREE TRIAL
People

13 CARA TERBAIK MERAWAT DIRI SENDIRI DI MASA PANDEMI

Orang bijak bilang, cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk merawat dan mencintai diri sendiri.

02 Agt 2021

Tulis surat cinta untuk diri sendiri

Ingat bagaimana perasaan Anda saat pertama kali menerima surat cinta dari seseorang yang Anda sukai? Atau justru Anda sendiri yang menuliskan surat cinta pada teman sebangku Anda saat di bangku sekolah? Momen saat menulis atau membaca surat cinta bisa meningkatkan hormone endorphin dalam tubuh yang membuat diri menjadi lebih bahagia. Tulis surat cinta untuk diri sendiri, isisnya bisa memberikan semangat atau pengingat kecil untuk diri sendiri, bisa menjadi langkah awal belajar mencintai diri sendiri.


 

 

Hindari kabar buruk di televisi

Kondisi yang tidak menentu seperti saat ini sudah cukup membuat pikiran jadi runyam. Jangan bebani pikiran Anda dengan kabar buruk dari media online atau berita di televisi. Luangkan waktu 15-30 menit untuk membaca kabar baik atau sekadar melihat-lihat video kucing dan anjing lucu di Instagram untuk meningkatkan suasana hati dan merawat diri sendiri dari pikiran yang negatif.

 

Tanya kabar pada diri sendiri

Kita biasanya menanyakan pertanyaan ini pada orang yang kita temui, tapi pernahkan Anda menanyakan kabar pada diri sendiri? Apakah Anda pernah benar-benar menyadari kabar Anda sendiri? Pertanyaan ini jadi jauh lebih penting ditanyakan pada diri sendiri saat Anda ingin belajar mencintai diri sendiri. Anda akan mengobservasi perasaan Anda untuk menemukan jawaban pertanyaan tersebut.

 

Berolahraga

Olahraga setiap hari tidak hanya baik untuk membentuk otot dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Aktivitas fisik mampu meningkatkan suasana hati dan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

 

Makan makakanan bergizi

Sef reward atau hadiah terbaik untuk diri sendiri bukanlah dengan cara makan-makanan cepat saji atau menghabiskan satu loyang pizza seorang diri, melainkan menutrisi tubuh dengan buah dan sayur yang memiliki gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan.

 

Hiduplah hari ini

Memang tidak mudah menghilangkan bayang-bayang masa lalu dari ingatan. Hal memalukan yang terjadi saat masih duduk di bangku SMA masih saja terbayang meskipun sudah lama sekali. Jika Anda tidak bisa berdamai dengan masa lalu, dampaknya bisa mempengaruhi kesehatan mental dan berujung pada depresi. Jadi, hiduplah di hari ini dan maafkan hal-hal yang terjadi pada Anda di masa lalu. Lakukan meditasi selama 5 menit setiap hari untuk meningkatkan fokus pikiran Anda dan membantu Anda berdamai dengan masa lalu.

 

 

Bernafas

Pelan tapi pasti, hembuskan nafas Anda secara baik dan benar bisa mengurangi resiko stress dan meningkatkan imunitas tubuh. Melakukan meditasi dan olahraga yoga bisa jadi alternatif untuk berlatih pernafasan dan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

 

Terapkan pola tidur yang teratur

Jangan remehkan aktivitas yang satu ini. Tidur memiliki fungsi yang baik untuk kinerja tubuh dan kurang tidur ternyata bisa berdampak pada obesitas hingga gangguan jantung. Terapkan pola istirahat yang teratur bisa membantu Anda lebih bahagia dan semangat dalam menjalani hari. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur seperti mandi air hangat dan menjauhi ponselmu sebelum tidur.

 

Lakukan hal yang membuat Anda bahagia

Menari dengan lagu-lagu berirama kencang, menonton film, atau masak makanan favorit Anda bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merawat diri sendiri. Lakukan hal-hal yang Anda senangi untuk membuat Anda bahagia. Ingat, hidup hanya sekali!

 

Kenali perasaanmu

Jangan sangkal peraasan sedih saat Anda jika mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan. Atau, jangan tahan diri untuk tertawa lepas jika mendengar cerita yang lucu dari teman kerja Anda. Manusia adalah entitas kompleks yang dikaruniai perasaan untuk mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran kita. Terlebih di masa seperti sekarang, berhenti membohongi diri sendiri dan mulai kenali dan ekspresikan perasaan Anda.

 

Beramal pada orang yang membutuhkan

Berdonasi dan beramal pada orang-orang yang membutuhkan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan suasana hati dan membuat diri lebih bahagia. Lakukan ini sebagai bentuk rasa syukur atas karunia yang Tuhan limpahkan.

 

Maafkan diri Anda yang dulu

Faktanya, manusia memang lebih sulit memaafkan diri sendiri daripada kesalahan orang lain. Hal ini terjadi karena kita memiliki ekspektasi yang tinggi pada diri sendiri dan ketika kita gagal memenuhi ekpektasi tersebut, kita akan kecewa dan sulit memaafkan diri sendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencintai diri sendiri adalah dengan memaafkan segala hal yang telah berlalu dan hidup di hari ini dan fokus pada pencapaian yang ingin diraih di masa depan.

 

 

Referensi:

5 Ways To Care For Yourself 

Take Care Of Yourself During These Tough Times 

Taking Care Of Yourself In Times of Uncertainty 

How To Take Care Of Yourself During Stressful Times 

7 Tips for Taking Care of Yourself When Dealing With Difficult Times

7 Awesome Reasons To Be Present And How To Do It

The Importance Of Social Connection

The Art Of Kindness

Emotions Are Energy: The bodymind connection and e-motion