FREE TRIAL
Trends & Innovation

MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH DALAM 7 HARI

Tips memilih makanan dan pola olahraga terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh selama 7 hari

03 Agt 2021

Hari pertama

Lakukan

Cuci tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun selama 20 detik untuk membersihkan kuman dan penyakit yang menempel di tangan. Salah satu cara termudah untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan merawat kebersihan diri. Tip: durasi 20 detik bisa dilakukan dengan cara menghitung dari 1 sampai 10 atau sambil menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’ sebanyak dua kali pengulangan.

 

Makanan

Konsumsi sayuran hijau yang tinggi fiber, vitamin, dan kalsium yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin yang terdapat pada sayur mayur terbukti ampuh untuk Anda yang sedang mencari cara meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Olahraga

Gunakan foam roller atau rol pijat untuk memijat seluruh tubuh. Ini dapat membantu mencegah pro inflamasi pada tubuh. Untuk hasil terbaik, jangan lupa mengonsumsi protein untuk menaikan imunitas tubuh.


 

Hari ke-2

Lakukan

Perbanyak minum air putih. Imun tubuh mendapatkan nu

Drink up. Sistem kekebalan Anda mendapatkan nutrisi dari aliran darah, yang sebagian besar terdiri dari air. Bagaimana cara mengetahui kebutuhan air putih dalam sehari? Total berat tubuh (dalam satuan pounds) ÷2 = Minimum ons yang dibutuhkan tubuh dalam sehari

 

Makanan

Makanan warna-warni. Bukan, bukan rainbow cake apalagi macarons, yang kami maksud adalah buah dan sayur. Buah dan sayur dengan warna cerah yang memanjakan mata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang baik dikonsumsi untk meningkatkan kekebalan tubuh. Rutin mengonsumsi makan-makanan bergizi juga bisa membantu mencegah inflamasi fitokomia. Beberapa jamur juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

Olahraga

Sempatkan waktu kurang lebih 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Rajin melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, lari, yoga, atau berenang terbukti cara terampuh untuk meningkatkan imun tubuh.

 

Hari ke-3

Lakukan

Pastikan Anda tidur cukup selama 7-8 jam setiap hari. Cara termudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah memiliki pola istirahat yang cukup dan teratur. Kurang tidur ternyata berpotensi membuat tubuh lebih rentan terserang virus dan penyakit.

 

Makanan

Tingkatkan lemak baik dalam tubuh dengan mengonsumsi kacang dan biji-bijian. 

Up your intake of healthy fats with nuts and seeds. Biji rami, biji chia, dan kenari kaya akan Omega-3, yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah virus dan pathogen.

 

Olahraga

Lakukan setidaknya satu set atau 12 repetisi lompat tali. Tidak hanya baik untuk meningkatkan stabilitas, koordinasi, dan kekuatan tubuh, latihan ini juga menjaga sistem getah bening terbuka dan mengalir, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.


 

Hari ke-4

Lakukan

Serap vitamin D yang terdapat pada pancaran sinar matahari pagi. Vitamin D sangat berguna untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

 

Makanan

Perbanyak konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain serat yang menyehatkan usus, biji dan kacang juga mengandung vitamin B dan seng yang membantu menaikan sistem kekebalan tubuh.

 

Olahraga

Lakukan latihan dengan fokus di area panggul dan kaki dengan gerakan squat. Latihan ini bisa memperlancar peredaran darah dan membantu sirkulasi sel darah putih ke seluruh tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.



Hari ke-5

Lakukan

Tenangkan pikiran dengan latihan pernafasan, mandi, atau berendam selama 5-10 menit di air hangat. Pikiran yang tenang akan membantu tubuh mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

 

Makan

Tambahkan bumbu dan rempah-rempah ke masakan Anda. Rempah-rempah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan nutrisi lainnya ayng dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

Olahraga

Selain membangun kekuatan dan meningkatkan fleksibilitas, Pilates juga bisa memperbaiki sistem limfatik dan pernapasan yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.



Hari ke-6

Lakukan

Mandi air dingin di pagi hari mungkin terdengar sangat menantang. Tapi ternyata aktivitas ini bisa membantu memperlancara peredaran sel darah putih dan menstimulasi imun tubuh. Pastikan membasuh tubuh dan wajah dengan air agar lebih segat menjalani hari.

 

Makanan

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran bervitaimin C seperti kubis, brokoli, dan jeruk. Makanan-makanan ini mengandung mineral yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bagi penyintas Covid-19, vitamin C terbukti bagus untuk membantu proses penyembuhan.

 

Olahraga

Terbang seperti Superman! Tidak, hanya gerakannya saja yang mirip. Posisikan tubuh tengkurap di matras dan angkat tubuh dengan mengangkat kaki dan tangan seperti superman. Lakukan sebanyak 10 kali dalam 1 atau 2 menit. Latihan ini berfungsi baik untuk memperbaiki sirkulasi darah.


Hari ke-7

Lakukan

Berkumpul dengan keluarga dan teman-teman dekat. Pandemi kian membatasi ruang gerak kita untuk berinteraksi secara langsung. Anda bisa menghubungi mereka melalui sosial media. Menjaga hubungan yang sehat dengan orang-orang yang Anda cintai ternyata cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Makanan

Penuhi piring dan gelas Anda dengan berbagai olahan protein seperti telur, tempe, atau susu whey. Protein berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh dan membantu memperkuat antibody yang berfungsi menangkal virus dan penyakit.

 

Olahraga

Lakukan gerakan plank selama 30-60 detik dalam 2-3 repetisi bagus untuk melatih otot di seluruh tubuh.

 

Referensi:


Boost Your Immune System

7 Ways to Keep Your Immune System Healthy

7 Tips to Boost Your Immune System in 24 Hours

Benefits of Cold Showers

Social Connection Boosts Health, Even When You're Isolated

Exercises To Boost Your Immunity 

How Much Water To Drink Per Day