FREE TRIAL
Trends & Innovation

PROTEIN DAN KHASIATNYA UNTUK IMUN TUBUH

Di tengah situasi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan, kesehatan menjadi prioritas utama yang perlu diperhatikan. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi protein memiliki manfaat dalam pembentukan imun tubuh.

03 Agt 2021

Siapa yang tidak kenal protein? Mikronutrisi yang satu ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak serta membentuk sel tubuh baru. Dalam dunia fitness, protein juga sering dikaitkan dengan meningkatkan massa otot, pembentukan badan, dan meningkatkan performa fitness.

 

Namun khasiat protein tidak berhenti sampai di situ. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa mikronutrisi protein ternyata bermanfaat dalam memperkuat imun sistem dalam tubuh dan mencegah tubuh terserang virus dan penyakit.

 

Di situasi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan, kesehatan menjadi prioritas utama yang perlu diperhatikan secara seksama. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memiliki pola makan sehat dengan gizi yang seimbang. Berikut ini beberapa penjelasan tentang peran protein dalam menjaga kesehatan tubuh dan imun sistem.

 

Protein terbukti meningkatkan antibodi

Tubuh kita membutuhkan protein untuk membentuk immunoglobulins dan antibodi yang berfungsi untuk melawan infeksi, virus, dan penyakit lainnya. Saat sel tubuhmu disusupi oleh virus dan bakteri, tubuh kita akan memproduksi antibodi yang akan mengeliminasi gangguan tersebut. Menariknya lagi, saat antibodi ini sudah terbentuk, tubuh bisa dengan mudah mengenali bakteri dan virus serupa sehingga proses pengelimiasian bisa berlangsung lebih cepat. Mengkonsumsi protein ternyata mampu meningkatkan antibodi dalam tubuh.

 

Imun sistem ternyata terbuat dari protein!

Selain berfungsi untuk menjaga berat badan, protein juga ternyata memiliki peran penting dalam membangun sistem imun tubuh. Faktanya, protein merupakan salah satu komposisi penting dalam pembentukan imun tubuh. Imun terbentuk dari sel-sel tubuh dan protein yang bekerja sama memasok antibodi untuk melawan virus dan infeksi penyakit. Antibodi merupakan bagian yang lebih besar dari  senyawa kimia bernama immunoglobulins, yang memiliki peran penting dalam tubuh.

 

Protein membantu menjaga berat badan yang berujung pada sistem imun yang lebih sehat

Satu lagi alasan mengapa Anda perlu menjaga berat badan, terutama di situasi seperti hari ini: Penelitian di Australia menunjukkan penurunan lemak pada tubuh bisa menghasilkan imun tubuh yang lebih baik. Penelitian ini juga berhasil mengungkapkan lemak tubuh berlebihan, terutama yang berada di sekitar dada dan perut bisa memicu penyakit serius di artieri dan jantung. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi protein. Makan makanan dengan protein yang cukup bisa membuat rasa kenyang lebih lama dan membantu memangkas lemak lebih cepat apabila dikombinasikan dengan program olahraga rutin.