FREE TRIAL
Tips

DAMPAK POSITIF MEMBANGUN KETANGGUHAN DIRI

Cara kita menghadapi berbagai masalah dan perubahan yang terjadi akan membantu kita beradaptasi di kondisi terburuk sekali pun.

08 Agt 2021

Masalah demi masalah terus terjadi silih berganti. Hari ini kita semua menghadapi pandemi global yang mengubah cara hidup kita sehari-hari dan kita tidak pernah tahu pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Namun, perubahan adalah hal yang tidak dapat kita hindari. Cara kita menghadapi berbagai masalah dan perubahan yang terjadi akan membantu kita beradaptasi di kondisi terburuk sekali pun.

 

Ketangguhan diri adalah sebuah kemampuan yang mampu membuat seseorang semakin kuat dalam menjalani hidup. Contoh kisah paling menarik yang bisa kita jadikan panutan adalah cerita ilmuan Thomas Alfa Edison. Tanpa kerja keras dan tekadnya yang pantang menyerah, kita bisa menikmati malam hari dengan seberkas cahaya dari penemuannya yang mengubah dunia.

 

Lantas, mengapa ketangguhan diri begitu penting di momen seperti sekarang? Berikut ini adalah ulasan dampak positif dari mengembangkan keterampilan ini.

 

Ketangguhan diri membantu Anda jadi pribadi yang lebih baik

Sangat wajar apabila Anda kehilangan kepercayaan diri ketika menghadapi suatu permasalahan. Namun ada sebuah pepatah yang bilang, “Berakit-rakit dahulu, berenang-renang kemudian.” Orang dengan ketangguhan diri akan melihat kesulitan sebagai tantangan untuk mengembangkan diri dan jadi pribadi yang lebih baik. Dan, tentunya baik untuk Anda untuk selalu belajar dari pengalaman pahit dalam hidup dan menumbuhkan pola pikir bahwa kesalahan adalah sesuatu yang wajar.

 

Ketangguhan diri membuat Anda lebih percaya diri

Ketika Anda ragu akan diri sendiri, kesuksan akan tersasa sulit diraih. Memiliki kepercayaan diri dan kepribadian yang tangguh akan membantu Anda mendapat lebih banyak kesempatan dalam hidup. Meskipun sulit untuk percaya pada diri sendiri, Anda harus yakin bahwa Anda mampu melewati berbagai tantangan. Untuk bisa ke tahap ini, Anda perlu menerima kelebihan diri sendiri.

 

Tidak hanya membantu secara emosional, ketangguhan diri juga berdampak baik untuk kesehatan

Saat ini, dunia seperti sangat tidak bersahabat. Hidup dalam kondisi yang penuh ketidakpastian seperti hari ini akan berdampak pada psikologi mau pun kesehatan fisik Anda. Kunci terbaik untuk membentuk ketangguhan diri adalah dengan berkomitmen menjalani pola hidup sehat. Penting juga untuk diingat bahwa pikiran yang sehat berawal dari badan yang bugar. Jangan lupa untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari dan menjaga pola makan bergizi seimbang!

 

Ketangguhan diri membantu Anda mempunyai impian yang realistis

Meski pun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, kita masih harus mempunyai mimpi untuk terus maju ke depan. Yang perlu diingat adalah semua impian yang ingin kita tuju harus realistis dan bisa diraih. Orang-orang dengan kepribadian yang tangguh  mengerti perbedaan antara impian yang berujung pada pengembangan diri dan ekspektasi yang terlalu tinggi. Dampak negatih dari ekspektasi diri terlalu tinggi adalah kesulitan menerima diri sendiri ketika Anda gagal meraih impian tersebut.