FREE TRIAL
Ways To Do Better

RAIH HASIL FITNESS MAKSIMAL DENGAN CARA TERMUDAH, ISTIRAHAT BISA JADI JAWABANNYA!

Banyak studi yang menunjukkan bahwa hari istirahat memiliki peranan yang penting untuk mendapatkan hasil fitness yang maksimal. Faktanya, tubuh kita justru bekerja lebih efektif untuk membentuk lapisan otot baru ketika sedang beristirahat. Cari tau selengkapnya mengapa Anda perlu memperhatikan jadwal hari istirahat dalam pola latihan.

01 Agt 2021

Seberat apapun berlatih, tubuh tetap butuh waktu yang cukup untuk beristirahat. Dalam dunia fitness, waktu istirahat punya peranan yang sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Apapun rencana latihan Anda, pastikan untuk selalu memasukan jadwal istirahat setidaknya satu atau tiga hari untuk mereklaksasi otot-otot yang sudah bekerja keras ketika berlatih beban.

 

Berikut ini beberapa alasan ilmiah mengapa Anda perlu mempertimbangkan rest day untuk kualitas latihan yang lebih baik:

 

Otot Baru Tumbuh Ketika Beristirahat, Bukan Saat Berlatih

Anda tentunya tertantang untuk mengangkat semua dumbbells yang tersedia di klub kami, tapi tenang dulu. Rest day tidak perlu diartikan sebagai hari untuk bermalas-malasan. Ketika Anda beristirahat, tubuh Anda justru bekerja keras untuk membangun lapisan batu hasil dari olahraga Anda sebelumnya. Hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian dari seluruh dunia. Lebih menariknya lagi, ketika proses robeknya lapisan tisu di otot terjadi, Anda bisa punya stamina dan kekuatan yang lebih baik untuk latihan selanjutnya.

 

Masih Bisa Aktif Ketika Rest Day

Setelah mengerti rest day mempunyai peranan penting untuk pertumbuhan massa otot, Anda masih bisa berolahraga ketika hari istirahat. Tidak perlu se-intens latihan di tempat fitness, Anda bisa olahraga ringan seperti jalan-jalan, berenang, atau bersepeda keliling kota. Alternatif lainnya juga Anda bisa mempraktikan gerakan-gerakan yoga yang bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas Anda.

 

Kombinasi Protein + Olahraga = Sukses Fitness

Hal yang paling sering terjadi ketika rest day adalah hari istirahat Anda berubah jadi cheat day. Memilih dengan bijak makanan yang Anda konsumsi ketika rest day sangat penting untuk hasil fitness terbaik. Penelitian mengungkapkan latihan hanya efektif 10-20% dalam perhitungan untuk mengurangi berat badan: apa yang kita konsumsi dan istirahat efektif 80-90% memberikan hasil terbaik untuk mencapai target kebugaran. Agar rest day Anda tidak berubah menjadi cheat day, ayo singkirkan burger itu dan ganti dengan sumber protein yang baik!