FREE TRIAL
Features

MANFAAT BEROLAHRAGA BAGI FISIK DAN MENTAL ANDA

Selain untuk menurunkan berat badan, aktivitas olahraga juga memiliki banyak manfaat bagi fisik mau pun mental. Berikut sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin berolahraga:

08 Des 2021

Baik untuk kesehatan jantung

Olahraga rutin setiap hari dapat membantu meminimalisir terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Banyak dokter dan pakar kesehatan menganjurkan berolahraga minimal 3 kali per minggu untuk memperkuat otot jantung, melancarkan aliran darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

 

Meningkatkan imunitas & metabolisme tubuh

Di masa pandemi seperti sekarang, olahraga memiliki peranan yang penting untuk meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan rutin berolahraga dan disertai dengan konsumsi makanan sehat bergizi dapat meningkatkan sirkulasi sel darah putih dalam tubuh sehingga bisa mendeteksi pathogen yang masuk. Sel darah putih adalah komponen terpenting dalam sistem kekebalan tubuh.

 

Mengendalikan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes dan prediabetes, olahraga sangat penting untuk mengatur kadar glukosa darah atau gula darah dalam tubuh. Rutin berolahraga bermanfaat untuk penurunan berat badan yang juga dapat memperlambat perkembangan diabtes, peningkatan kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, sensitivitas insulin dan meningkatkan kesehatan keseluruhan.

 

Merawat kesehatan kulit

Kulit yang sehat dan kencang tidak hanya bisa didapatkan dengan perawatan kulit dan makan-makanan bergizi. Bagi Anda yang menginginkan kulit yang sehat dan kencang, olahraga bisa menjadi solusi yang murah dan efektif. Menurut para ahli, rutin berolahraga bisa mengurangi risiko kulit bersisik, jerawat, dan mengencangkan kulit. Gangguan kulit biasanya disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi atau perderan darah di sekitar wajah tidak lancar.

 

Memperbaiki pola tidur

Para ahli telah menemukan hubungan antara olahraga dan kualitas tidur. Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda mengeluarkan hormon endorfin yang membuat tubuh Anda rileks serta melawan stres dan kecemasan. Apabila Anda punya masalah tidur, olahraga seperti yoga, latihan ketahanan, atau aerobik bisa membantu memperbaiki kualitas istirahat Anda di malam hari.

 

Meningkatkan kepercayaan diri dan lebih fokus

Selain dampak kesehatan, olahraga juga memiliki dampak yang baik bagi mental Anda. Hormon endorphin yang keluar ketika Anda berolahraga bisa membuat Anda lebih tenang dan fokus. Selain itu, rutin berolahraga juga bisa memperbaiki postur tubuh dan memperindah bentuk badan Anda yang bisa membuat Anda lebih percaya diri.

 

Meningkatkan suasana hati (mood)

Saat melakukan olahraga berintensitas tinggi, otak menstimulasi pelepasan hormon dopamin, serotonin, dan noradrenalin. Ketiga hormon ini berperan penting untuk mengatur suasana hati atau mood seseorang. Rutin berolahraga terbukti ampuh mengurangi depresi serta membuat hati menjadi lebih tenang. Tidak heran, sejumlah orang memilih olahraga sebagai sarana melepas stres setelah bekerja.