FREE TRIAL
Features

PENELITIAN TERBARU MEMBUKTIKAN COVID-19 MENYERANG LAPISAN LEMAK & LEBIH BERBAHAYA BAGI PENDERITA OBESITAS

Orang-orang dengan obesitas kini harus lebih waspada. Pasalnya, penelitian terbaru menemukan fakta jika Covid-19 dapat menyerang lapisan lemak dan memperburuk efek negatif infeksi virus.

20 Des 2021

Para peneliti berhasil menemukan fakta terbaru dari Covid-19 dan dampak buruknya bagi orang-orang dengan berat badan berlebih. Penelitian yang dilakukan pada bulan Oktober lalu tersebut mengungkapkan virus Covid-19 bisa menyerang lapisan lemak dan dapat berakibat fatal bagi tubuh penderitanya.

 

Penelitian dilakukan pada jaringan adiposa atau yang lebih umum dikenal sebagai lapisan lemak, untuk mengetahui bagaimana reaksi lapisan lemak ini ketika terserang virus Covid-19. Hasilnya, bukan hanya lapisan lemak terinfeksi oleh virus, tapi juga mengganggu sel kekebalan tubuh bernama makrofag yang mengakibatkan terjadinya respon inflamasi yang sangat berbahaya bagi tubuh.

 

Inflamasi ini dapat sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan, yaitu dengan meningkatkan resiko penyakit parah yang diderita hingga mengakibatkan kematian.

 

Obesitas dan Covid-19

Mengutip Centres for Disease Control and Prevention (CDC), obesitas merupakan kondisi yang sangat serius karena dapat meningkatkan potensi tubuh terserang penyakit berbahaya seperti gula darah, jantung, dan tekanan darah tinggi. Hal ini akan lebih buruk jika penderita obesitas terinfeksi virus Covid-19 yang mana sistem kekebalan tubuh mereka akan melemah dan meningkatkan penyakit berkembang biak dalam tubuh.

 

Bagaimana cara terhindar dari obesitas?

Seperti kebanyakan penyakit lainnya, obesitas juga bisa dicegah dengan menerapkan prilaku hidup sehat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau keluar dari jerat obesitas:

 

  • Berolahraga

Banyak dokter, pakar nutrisi, hingga peneliti yang setuju cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan berat badan adalah dengan rutin berolahraga. Para ahli merekomendasikan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan adalah berjalan kaki, angkat beban, atau olahraga kardio seperti senam aerobik atau berenang.

 

  • Menerapkan diet gizi seimbang

Untuk hasil terbaik, para ahli juga menyarankan Anda untuk menerapkan diet gizi seimbang. Anda bisa mulai dari mengurangi takaran garam atau gula pada makanan Anda, atau sama sekali menghindari makanan cepat saji. Anda juga bisa meningkatkan konsumsi protein harian Anda agar tubuh dapat merasa kenyang lebih lama.

 

  • Istirahat cukup

Selain olahraga dan makan-makanan bergizi, istirahat juga sama pentingnya untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Jika Anda banyak melakukan Angkat besi di gym, rest day sangat berguna untuk tubuh meregenerasi sel otot baru dan memperbaiki lapisan otot yang robek ketika latihan. Cukup tidur juga bisa membantu Anda lebih rileks dan terhindar dari stress yang merupakan salah satu pemicu obesitas.