FREE TRIAL
Ways To Do Better

FAKTA MENARIK! KUALITAS TIDUR ANDA DAPAT BERAKIBAT PADA INTERAKSI SOSIAL ANDA

Sebuah studi pada tahun 2018 dari para peneliti di University of California menemukan bahwa kurang tidur dapat berdampak negatif pada aktivitas sosial Anda

13 Okt 2021

Tidur memiliki peran penting untuk kesehatan Anda. Namun pernahkah Anda bertanya apa yang dapat terjadi di kehidupan sosial Anda jika Anda kurang tidur? Sebuah penelitian pada 2018 di University of California menunjukkan bahwa kurang tidur berpengaruh secara negatif pada aktifitas sosial.

 

Kita semua tahu bahwa kurang tidur dapat meningkatkan resiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, ginjal, dan stroke. Walaupun demikian, dalam hal apakah kurang tidur dapat berpengaruh pada kehidupan sosial kita?

 

Dr. Jay Puangco, seorang ahli saraf yang berfokus pada kesehatan tidur di Pickup Family Neurosciences Institute di California, menjelaskan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi perasaan Anda ketika berinteraksi dengan orang lain.

 

Semakin sedikit jam tidur yang Anda dapatkan, semakin sedikit pula keinginan Anda untuk berinteraksi dengan rekan Anda. Alasan yang paling memungkinkan dibalik fenomena ini adalah karena Anda tidak memiliki cukup energi untuk berinteraksi sosial dan lebih membutuhkan tidur.

 

Yang terburuk, bahkan orang yang cukup tidur akan mengindari orang yang kurang tidur. Penelitian menunjukkan orang yang cukup istirahat akan merasakan kesendirian setelah ia berinteraksi secara singkat dengan orang yang kurang tidur, memicu keinginan untuk tidak bersosialiasi dengan orang lain. Secara sederhana, kesendirian dapat menular, sama seperti rasa bahagia.

 

“Orang yang kurang tidur adalah orang yang tidak bahagia,” kata Dr. Jay. “Tidak ada orang yang ingin ada di sekitar orang moody,” Ia menambahkan.