FREE TRIAL
People

7 TANDA IMUNITAS RENDAH DAN CARA MENINGKATKANNYA

Masalah kulit dan masalah perut adalah salah satu tanda yang harus diwaspadai

01 Sep 2021

Anda lebih mudah stres

Salah satu tanda Anda memiliki imunitas yang buruk adalah Anda sering kali mengalami stres. Beberapa orang bahkan tidak sadar kalau mereka mengalami hal ini, akan tetapi badan kita sudah mengetahuinya dan akan memberikan kita peringatan. Stres dapat mengganggu kinerja kekebalan tubuh dengan menekan limfosit, atau sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi. Pada kasus yang lebih serius, stress bisa berujung pada gangguan kecemasan dan depresi.

 

Sebenarnya, stres bisa diatasi dengan cara sederhana seperti bersantai dan melakukan aktivitas meditasi, forest bathing, sound healing, atau bisa juga dengan olahraga yang menenangkan seperti yoga. Tentukanlah dari berbagai pilihan kegiatan relaksasi yang akan memberikan waktu istirahat yang sangat dibutuhkan bagi pikiran dan jiwa Anda.

 

Luka membutuhkan waktu untuk sembuh

Saat Anda terluka – baik itu luka sayat, garukan atau gores – sistem imun tubuh Anda secara otomatis jadi yang terdepan untuk mengatasi semuanya; sel darah putih atau limfosit membantu mencegah infeksi dan eritrosit (sel darah merah) membangun jaringan baru. Baik limfosit dan eritrosit bergantung pada sistem kekebalan tubuh Anda. Sederhananya, apabila Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka luka Anda perlu waktu lebih lama untuk pulih.

 

Untuk mendapatkan imunitas tubuh yang kuat, jangan lupa untuk banyak mengonsumsi makanan bergizi dan kaya akan vitamin penting yang untuk tubuh seperti vitamin A, C, E, B6 dan B12, serta mineral seperti zinc, dan zat besi.

 

 

 

Telinga atau sinus Anda seringkali tersumbat

Salah satu ciri-ciri tubuh memiliki imun yang buruk adalah apabila Anda mengalami telinga atau sinus yang terinfeksi lebih dari 3-4 kali dalam setahun. Anda mungkin berpikir hal tersebut dikarenakan telinga Anda kemasukan air di kolam renang atau kualitas air yang buruk. Tapi ternyata hal ini bisa menjadi ciri-ciri gangguan defisiensi imun, sebuah kondisi yang mencegah tubuh melawan infeksi dan penyakit karena kurangnya imunitas tubuh.

 

Mengonsumsi buah-buahan citrus, kiwi, bayam, beri, dan sayuran hijau yang mengandung anti oksidan serta menjalani diet ketat dapat membantu melawatan inflamasi serta meningkatkan imunitas tubuh.

 

Anda mudah terkena demam

Melemahnya sistem kekebalan tubuh bisa ditandai dengan tubuh yang lebih mudah jatuh sakit dan sering terkena flu. Sistem imun biasanya membutuhkan tiga hingga empat hari untuk membuat antibodi dan melawan patogen penyebab penyakit. Tapi, jika flu dan demam tidak kunjung sembuh, maka itu sebuah tanda sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

 

Konsumsi banyak vitamin D untuk meningkatkan imunitas tubuh. Faktanya, tubuh dirancang untuk memproduksi vitamin D secara otomatis ketika kulit terpapar sinar matahari pagi. Jadi, jangan lupa luangkan waktu 20 menit di pagi hari untuk menyerap vitamin D!


 

Anda lebih mudah lelah

Apakah Anda suka menguap sepanjang hari, mengantuk di siang hari, atau sering merasa seperti kehabisan baterai? Bila sering merasa lelah padahal istirahat Anda sudah cukup, bisa jadi Anda memiliki imunitas tubuh yang lemah. Sederhananya, ketika sistem imun tubuh Anda lemah, tingkat energi Anda pun akan melemah.

 

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Kurang tidur akan berakibat meningkatnya hormon stres yang dapat mengganggu imun tubuh. Atur jadwal tidur Anda, lakukan ritual yang membuat rileks setidaknya satu jam sebelum jam tidur, dan gelapkan kamar Anda untuk tidur lebih nyenyak.

 

Sistem pencernaan memburuk

Kram perut, hilang nafsu makan, konstipasi, diare, buang angin – Bila hal-hal ini sering terjadi, Anda perlu waspada karena bisa jadi pertanda buruknya sistem kekebalan tubuh. Di dalam perut dan usus terdapat 300-500 spesies mikroorganisme yang penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, sistem pencernaan Anda bisa menjadi sumber informasi paling akurat tentang kualitas kekebalan tubuh.

 

Masalah pada sendi

Di beberapa kasus, lemahnya sistem kekebalan tubuh bisa ditandai dengan masalah pada sendi dan otot tubuh. Ketika terjadi peradangan pada sendi, tipe darah putih bernama monosit akan membantu mengatasi inflamasi.  Ketika tubuh kekurangan monosit, proses inflamasi akan berlangsung lebih lama serta mengakibatkan pembengakan serta sakit pada sendi.

 

Hindari makanan yang mengandung gula halus, sirup jagung tinggi fruktosa, transfat, minyak sayur dan biji, karbohidrat halus, makanan olahan, daging hewan yang makan biji-bijian, asam lemak omega-6, dan perhatikan konsumsi alkohol Anda.

 

Referensi

Weakened Immune System Signs
10 Signs Your Immune System Is Weak
Immune System Disorders
What Are The Signs Of A Weak Immune System
Skin Problems and Treatments
Gut Health