FREE TRIAL
People

PENTINGNYA MENJALANI PENILAIAN FISIK SEBELUM MEMULAI LATIHAN

Program latihan terbaik adalah semua program yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan tubuh Anda.

02 Sep 2021

Masih bingung menentukan latihan apa yang paling efektif untuk Anda? Olahraga kardio atau latihan beban? Atau bagaimana menentukan jadwal latihan paling baik? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, ada baiknya Anda menjalani penilaian fisik atau  physical assessment  . Beberapa pakar olahraga merekomendasikan penilaian fisik sebelum memulai program olahraga untuk menentukan latihan apa yang paling sesuai dengan keadaan tubuh Anda dan bagaimana jadwal latihan yang baik untuk mendapatkan hasil fitness terbaik. 

 

Mengapa saya harus melakukan penilaian fisik?

Penilaian fisik dapat membantu Anda menentukan latihan apa yang paling efektif berdasarkan area tubuh mana yang perlu diperbaiki. Penilaian fisik tidak hanya dilakukan oleh mereka yang baru akan bergabung ke gym tetapi juga disarankan untuk Anda yang sempat berhenti berolahraga. Ketika berhenti berolahraga dalam waktu lama tubuh Anda mungkin mengalami perubahan, di sinilah fungsi penilaian fisik untuk menentukan area mana saja yang perlu Anda latih lagi sekembalinya Anda ke Fitness First.

Apa saja yang akan dinilai?

Ada beberapa aspek yang menjadi fokus penilaian fisik. Melalui penilaian fisik, Anda akan mendapatkan informasi bagian tubuh mana yang harus Anda  improve  dari sisi strength,  endurance,  flexibility,  dan persendian. Anda juga bisa menemukan bagian tubuh mana yang sempat mengalami cidera, massa otot yang tidak imbang, atau cidera otot lainnya.


 

Bagaimana proses penialain fisik dilakukan?

Anda bisa melakukan penilaian fisik di Fitness First Indonesia. Terdapat dua jenis  assessment  yang bisa Anda lakukan sebelum memulai program latihan, yaitu penilaian statis dan penilaian dinamis. Dalam praktik penilaian statis, Anda akan diminta berdiri secara santai, sementara pelatih akan melakukan penilaian dari ujung kaki ke ujung kepala, mencari bagian tubuh mana yang tidak seimbang. Fokusnya adalah ketika ada ketidakseimbangan otot yang terdapat di kaki Anda bisa berpengaruh pada bagian tubuh yang lainnya.

 

Dalam Penilaian Dinamis, pengamatan dilakukan dari tampak belakang dan menggunakan garis tegak lurus di antara kedua kaki. Pelatih Anda akan mengamati dan mencatat perbedaan antara sisi kanan dan kiri tubuh anda. Hal yang akan di cek diantaranya adalah, pergereseran beban tubuh (keselarasan panggul kiri dan kanan); keselarasan pergelangan kaki, lutut dan tulang punggung; tinggi bahu, kesejajaran PSIS (Posterior Superior Illiac Spine); belikat dan kebungkukan kepala

 

Bagaimana cara menggunakan informasi penilaian fisik ini?

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pelatih akan merancang sebuah program yang khusus yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, sehingga Anda dapat berlatih dengan aman dan efektif.

 

Misalnya, hasil penilaian fisik menyebutkan Anda mengalami masalah pada otot. Program latihan Anda akan mempertimbangkan hal ini dan merekomendasikan untuk berolahraga dengan intensitas yang lebih rendah. Atau mungkin Anda memiliki ketidakseimbangan otot karena terlalu banyak melatih satu kelompok otot sambil mengabaikan kelompok otot yang lainnya. Misalnya, Anda senang melakukan push-up dan bench press tetapi belum terlalu menikmati latihan punggung bagian atas. Seiring waktu, ketidakseimbangan ini menyebabkan postur tubuh yang buruk dan memengaruhi cara tubuh Anda bergerak, yang kemudian dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di area lain. Penilaian fisik akan membantu Anda menentukan program latihan yang paling sesuai dengan keadaan tubuh Anda.

 

Sebelum Anda memulai program pelatihan, Anda bisa melakukan penilaian fisik pada pelatih yang ada di klub kami. Penilaian ini akan sangat membantu Anda tetap di jalur menuju tujuan kebugaran Anda serta meminimalkan risiko cedera.

 

Referensi:

Health & Fitness Assessments Guide 
What A Fitness Test Can Tell You About Your Health
Physical Fitness Testing