FREE TRIAL
Features

4 LANGKAH MUDAH MEMBANGUN KEBIASAAN OLAHRAGA

Olahraga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh dan pikiran. Ayo bangun kebiasaan hidup sehat dan berolahraga di tahun 2022!

17 Jan 2022

Berolahraga dan mulai menjalani pola hidup sehat selalu menjadi resolusi teratas setiap tahun. Hal ini mengindikasikan bahwa masih banyak orang yang sadar akan pentingnya hidup sehat, terutama di masa-masa seperti saat ini. Lantas, bagaimana cara untuk memulai kebiasaan olahraga dan sukses menjaga resolusi ini hingga akhir tahun? Berikut kami punya sejumlah tips untuk Anda.


Lakukan apa yang paling Anda gemari

Menjalani pola hidup sehat akan lebih mengasyikan apabila kita melakukan apa yang Anda senangi. Tentunya, setiap aktivitas olahraga memiliki manfaatnya masing-masing. Apabila Anda sudah tahu olahraga apa yang paling Anda suka, mulailah untuk rutin melakukannya minimal dua sampai tiga kali seminggu jika memungkinkan.

 

Cukup 30 menit saja

Untuk memulai, jangan terlalu memaksakan durasi latihan hingga berjam-jam. Hal ini tidak efektif dan justru akan membuat Anda mudah bosan dan menyerah menekuni gaya hidup sehat. Tiga puluh hingga 40 menit adalah durasi paling ideal untuk berolahraga, terutama jika Anda fokus terhadap intensitas latihan. Yang terpenting, bukan berapa lama kita berolahraga, tapi efektivitas latihan yang kita lakukan.

 

Displin dan fokus terhadap hasil

Dilansir dari jurnal Personality and Social Psychology Bulletin menunjukkan 59 persen orang mengaku ingin menjalani pola hidup sehat dan berolahraga di sepanjang tahun baru. Namun sayangnya, hampir 60 persen orang gagal bertahan dengan resolusi tersebut. Ada banyak faktor yang menyebabkan mereka gagal dan salah satunya adalah kurang disiplin.

Ketika Anda ingin memulai kebiasaan olahraga, yang perlu Anda tanamkan dalam diri adalah disiplin dan fokus terhadap hasil yang ingin Anda capai. Tidak perlu sampai menyiksa diri sendiri, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di setiap latihan. Salah satu alternatif yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan bantuan Personal Trainer.

 

Perhatikan Nutrisi dan Gizi Makanan Anda

Memulai kebiasaan hidup sehat jangan hanya berfokus pada olahraga, nutri yang masuk ke dalam tubuh juga sama pentingnya. Jika Anda ingin memulai kebiasaan hidup sehat dan berolahraga, penting untuk mengetahui berapa jumlah kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkombinasikan olahraga dengan makan-makanan bergizi akan memberikan hasil yang maksimal untuk latihan Anda.