FREE TRIAL
Moving Well

SAATNYA BERENANG DAN JADI LEBIH SEHAT

Olahraga renang memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda

10 Mar 2022

Berenang menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari oleh banyak orang.  Olahraga yang satu ini tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan tetapi juga memiliki dampak yang luar biasa bagi tubuh kita.

 

Banyak ahli yang menyarankan aktivitas berenang dilakukan minimal 2 kali seminggu untuk meningkatkan kinerja kardiovaskuler. Namun masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari aktivitas berenang. Berikut ini manfaat berenang yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan Anda.

 

Meningkatkan fungsi jantung

 

Manfaat berenang yang paling populer di kalangan masyarakat adalah meningkatkan fungsi jantung. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa aktivitas berenang yang dilakukan minimal 60 menit seminggu dapat meningkatkan fungsi jantung serta memperlancar peredaran darah dan oksigen. Hal ini dapat membantu Anda memelihara berbagai organ tubuh serta menurunkan resiko penyakit stroke & jantung.

 

Meningkatkan massa otot

 

Hal ini cukup populer di kalangan penggemar olahraga fitness. Aktivitas berenang setelah olahraga angkat beban dapat meningkatkan massa otot serta merelaksasi otot setelah berolahraga. Berenang juga dapat membantu mengencangkan otot di daerah betis serta  memperkuat otot dada. Apabila Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan massa otot Anda, berenang bisa menjadi alternatif terbaik yang Anda lakukan secara rutin.

 

Menjaga berat badan

Berenang merupakan aktivitas olahraga yang melibatkan berbagai otot tubuh, termasuk otot tubuh bagian atas, core, dan otot punggung.  Artinya ketika  berenang ada banyak otot yang ikut bekerja sehingga ada banyak juga kalori yang terbakar. Berenang selama 1 jam jam dapat membakar 500 hingga 600 kalori.

 

Manfaat berenang juga dapat dirasakan bagi mereka yang menderita diabetes. Hal ini dikarenakan saat tubuh berenang, banyak otot yang bekerja sehinga membakar kalori lebih banyak. Hal ini memungkinkan penderita diabetes mengontrol berat badan dengan lebih mudah.

 

Memperbaiki postur tubuh

 

Memang benar, berenang memang bisa membantu Anda menambah tinggi badan. Namun bukan dengan cara memanjangkan kaki Anda seperti yang banyak orang percaya. Berenang bisa membuat Anda jadi lebih tinggi dengan memperbaiki postur tubuh Anda. Biasanya, tubuh yang terlihat pendek dikarenakan postur tubuh membungkuk. Ada beberapa gaya dan gerakan renang yang dapat menarik bahu sehingga Anda menjadi lebih tegap sehingga Anda dapat terlihat lebih tinggi.

 

Menyehatkan Mental

 

Selain manfaat fisik, berenang juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan mental Anda. Berenang dapat mengurangi stress, mencegah depresi, dan membuat Anda menjadi lebih rileks. Olahraga renang juga bisa membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik sehingga baik untuk terapi insomnia.

 

 

Itu tadi sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga renang. Aktivitas ini sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mental Anda. Apabila Anda tertarik untuk menekuni olahraga ini, Fitness First Indonesia menyediakan kolam renang di sejumlah klub kami yang bisa Anda nikmati. Silakan hubungi klub kami untuk informasi lebih lanjut.