FREE TRIAL
Ways To Do Better
3 CARA MENGATASI LESU SETELAH LIBURAN

Bagaimana keadaan “runner’s high” membuat pikiran lebih senang dan tenang.

03 Feb 2019

1. Perbaiki mood dengan berolahraga

Pernah mendengar istilah “runner’s high”? Keadaan di mana Anda merasa senang karena tubuh merilis endorfin ketika berolahraga. Endorfin, kependekan dari endogenous morphine, dibuat oleh tubuh sehingga Anda merasakan senang saat berolahraga, bahkan terlihat bersinar untuk waktu yang singkat setelahnya. 
Endorfin juga dianggap dapat mengurangi stres dan kecemasan, juga meningkatkan kualitas tidur. Sebuah riset baru-baru ini menyatakan bahwa sistem endocannabinoid memproduksi anandamide, yang juga berperan meningkatkan kondisi perasaan dengan cara mengatur homeostasis, atau menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran.
 

2. Atur pikiran untuk siap bersosialisasi
Caranya? Relaksasi tubuh dan pikiran. Terlalu keras memikirkan sesuatu dan beraktivitas terlalu sibuk mengakibatkan tubuh dan pikiran lelah. Dengan tubuh dan pikiran yang rileks, Anda akan lebih mudah bersosialisasi. Ikuti kelas Mind and Body di Fitness First dapat membantu Anda mengatasi kelelahan. 

 

3. Buat setiap hari terasa seperti liburan
Ingatlah bahwa istirahat tidak hanya bisa dilakukan saat berlibur. Faktanya, hari bekerja bisa jadi santai seperti sedang berlibur. Caranya adalah membuat jadwal dan catatan hal yang harus dilakukan dan masukkan satu atau dua hal yang bisa membuat Anda jadi santai, misalnya pergi ke kafe dan memesan kopi kesukaan Anda, ini sudah termasuk istirahat sejenak jika Anda memikirkannya demikian.


#Tips tambahan: luangkan waktu Anda
Ketika Anda mengatur aktivitas secara tertib dan teratur, bagikan ide-ide positif Anda ke orang lain. Misalnya memberikan ulasan yang bagus di kafe favorit Anda agar bisa dilihat orang lain. Ketika kita meluangkan waktu dan tenaga untuk positivitas tiap harinya, hidup akan jadi lebih enteng dijalani, dan keberadaan kita pun akan jadi makin berarti.