FREE TRIAL
People

INI 4 TANDA STRES YANG SERING TIDAK DISADARI

Setiap orang pasti pernah merasakan stres setidaknya pada satu titik dalam hidupnya. Apa sebenarnya stres dan apa penyebabnya?

02 Sep 2019

Stres merupakan respons tubuh dan otak pada stimulus eksternal yang terjadi dalam aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan, sekolah, berbagai perubahan hidup, trauma, dan lain sebagainya. Stres dapat sangat merugikan kesehatan dan oleh karena itu sangat perlu untuk mengetahui cara menghadapi stres dengan cara sehat.

Perhatikan tubuh Anda, ini merupakan tanda-tanda bahwa Anda sedang mengalami stres. 


1. Stress Eating

Anda cenderung sering makan junk food akhir-akhir ini. Setiap ada meeting penting atau tenggat waktu di tempat kerja, atau saat ada ujian menjelang, Anda cenderung makan berlebihan dan mengudap tidak sehat seperti cokelat atau permen. Stres terus-menerus memicu kelenjar adrenalin untuk bekerja lembur dan memompahormone stres. Ini menyebabkan peningkatan nafsu makan sehingga membuat Anda ingin sekali makan-makanan yang cenderung manis karena gula masuk ke dalam tubuh dan mengalir ke otak dan menciptakan rasa nyaman. Segera keluar dari keadaan ini jika Anda merasa sudah  di dalamnya!


2. Badan sering terasa nyeri

Akhir-akhir ini juga Anda merasakan sakit yang berulang di tubuh Anda. Stres menyebabkan peningkatan kadar kortisol dalam tubuh, hormon yang bertanggung jawab atas respons ketakutan atau waspada terhadap ancaman. Ketika respons takut atau waspada terhadap ancaman aktif, sistem kekebalan tubuh ditekan, dan tubuh akan “memaksa” dirinya sendiri untuk keluar dari situasi yang dianggap menegangkan dan berbahaya tadi. Inilah yang sebenarnya terjadi jika Anda stres, dan jika keadaan ini terjadi terus-menerus akan membuat tubuh kelelahan dan akhirnya tubuh merasa nyeri. Kadar kortisol yang tinggi menyebabkan sistem muskuloskeletal, sistem saraf, dan kekebalan tubuh jadi terganggu.


3. Kesulitan tidur

Stres dapat membuat Anda tidak bisa tidur dan hanya uring-uringan di kasur hingga akhirnya ini memotong waktu tidur Anda. Anda cenderung merasa lelah sepanjang waktu, selalu merasa khawatir dan cemas karena stres. Stres juga membuat konsentrasi tubuh terganggu dan tubuh jadi kelelahan yang dapat berdampak buruk bagi kebugaran fisik dengan memotong durasi tidur Anda.


4. Sering pilek

Anda jadi rentan terhadap demam, flu, atau batuk yang berulang karena stres. Sedikit saja perubahan cuaca terjadi, jadi langsung jatuh sakit. Stres kronis menonaktifkan pertahahanan tubuh dan mekanisme pemulihan sel yang dapat membuat tubuh jadi makin rentan terhadap berbagai jenis penyakit.


Bagaimana cara yang ampuh melawan stres?

Miliki hobi atau dengarkan musik untuk menyegarkan diri kembali. Ikuti kelas fitnes grup baru yang diiringi musik bersemangat dengan intensitas tinggi yang belum pernah Anda ikuti sebelumnya agar pikiran Anda tidak selalu terpusat pada satu hal. Semua kecemasan Anda bisa dilampiaskan secara sehat dengan mengikuti berbagai kelas boxing di Fitness First.

Coba kelas Hook untuk fokus mengasah teknik tinju dan meningkatkan kekuatan, kebugaran, dan fungsi tubuh Anda secara keseluruhan.

Beberapa latihan intensitas tinggi seperti Surge dan Hardcore juga dapat melepas stres, membakar banyak kalori, dan setelah selesai kelas Anda akan merasakan cukup rileks untuk tidur nyenyak di malam hari. Coba juga untuk mengalihkan perhatian Anda dari hal yang membuat stres dengan melakukan meditasi dan kelas yoga yang dapat menenangkan pikiran.