FREE TRIAL
Eating Well

DAPATKAN HASIL TERBAIK OLAHRAGA HIIT DENGAN KONSUMSI MAKANAN BERIKUT!

Perbaiki jaringan otot yang rusak dan kembalikan energi setelah berolahraga HIIT dengan pilihan makanan berikut

01 Nov 2021

Olahraga HIIT atau High Intensity Interval Training kini sedang populer. Tidak heran karena olahraga ini memang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh seperti mempercepat proses penurunan berat badan, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, serta menambah massa otot. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari HIIT, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang tepat setelah melakukan olahraga berintensitas tinggi ini. Tujuannya untuk mengembalikan tenaga serta memperbaiki jaringan otot yang rusak pasca berolahraga.

 

Salah satu makanan yang paling umum direkomendasikan setelah olahraga HIIT adalah karbohidrat. Mengonsumsi karbohidrat seletah olahraga HIIT bertujuan untuk mengisi kembali glikogen di dalam tubuh. Selain karbohidrat, masih banyak nutrisi lainnya yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan hasil terbaik dari olahraga HIIT. Berikut rangkumannya untuk Anda!

 

Telur

 

Dalam sebutir telur terkandung 9 jenis asam amino yang diperlukan oleh tubuh serta protein dan vitamin B. Banyak para ahli gizi yang menyarankan mengonsumsi telur setelah berolahraga karena telur memiliki kandungan protein yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, telur bisa jadi makanan pelengkap setelah olahraga HIIT karena bisa mengenyangkan dan rendah kalori.

 

Kentang Manis

Kentang manis bisa Anda gunakan sebagai alternatif nasi. Dalam sebutir kentang manis terkandung 26gm karbohidrat, serat, dan suplai vitamin A yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain ragam kandungan gizi, kentang manis juga bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara sesuai selera Anda.

 

Blueberries

Jangan tertipu tampilannya yang mungil, buah blueberries ternyata kaya akan serat, vitamin, protein, dan antiokidan yang diperlukan tubuh untuk proses detoksifikasi. Mengonsumsi blueberries setelah olahraga berinitensitas tinggi dapat membantu Anda mempercepat perbaikan jaringan otot. Cara mengonsumsi buah ini juga beragam, bisa dimakan langsung atau bersama yoghurt favorit Anda.

 

Alpukat

Berdasarkan ilmu botani, alpukat termasuk dalam kategori berry dengan satu biji berukuran besar. Tapi, fakta paling penting yang perlu Anda ketahui dari buah yang satu ini adalah nutrisi, vitamin, dan kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk otot setelah berolahraga HIIT. Lemak tak jenuh yang ada di dalam buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi.

 

Sayuran

Siapa pun pasti setuju, makanan yang satu ini memang pilihan yang tepat dikonsumsi kapan saja terutama setelah berolahraga. Sayuran, terutama yang berdaun, kaya akan serat, asam folat, magnesium, kalsium, potassium, dan lengkap dengan vitamin A, C dan K yang berfungsi untk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, sayur-sayuran mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat proses inflamasi di tubuh setelah olahraga HIIT.

 

Dapatkan hasil terbaik dari olahraga HIIT dengan pilihan makanan yang tepat. Jika Anda ragu dan membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai program olahraga dan informasi seputar nutrisi terbaik, silakan hubungi Fitness Coach kami di klub.