FREE TRIAL
Trends & Innovation
INI 5 KESALAHAN YANG DAPAT MENGGAGALKAN PROGRAM DIET ANDA

Jika Anda ingin mengurangi berat badan dan mempertahankannya, kunci keberhasilannya adalah membuat perubahan hidup yang kecil dan permanen yang dilakukan secara konsisten.

24 Sep 2019

Kita semua berada di perjalanan yang sama - perjalanan menuju gaya hidup yang lebih sehat. Latihan olahraga, kardio, diet – mungkin sudah pernah dicoba semuanya. Tapi entah mengapa, kemajuan fitnes dan keberhasilan diet tidak juga tercapai. Memang benar, untuk mencapainya bukan hal yang mudah. Jika Anda ingin mengurangi berat badan dan mempertahankannya, kunci keberhasilannya adalah membuat perubahan hidup yang kecil dan permanen yang dilakukan secara konsisten.

Sering kali kita sangat tergesa-gesa untuk menurunkan berat badan dan ini bisa berbahaya bagi kesehatan dan juga menghambat keberhasilan turunnya berat badan. Berikut adalah lima kesalahan yang sering terjadi yang dapat menggagalkan program diet.


1. Kurang tidur dan istirahat

Dengan jadwal harian yang padat dan dipenuhi aktivitas yang terus-menerus berjalan, pentingnya tidur berkualitas sering dilupakan.Padahal, untuk mendapatkan kesehatan fisik maupun mental, tidur malam yang nyenyak sangat dibutuhkan. Setelah 17 jam yang melelahkan, tubuh kita membutuhkan minimal 7 jam untuk istirahat. Kekurangan tidur dapat memengaruhi kesehatan mental dan meningkatkan level stres. Sementara stres sendiri menghasilkan hormon di dalam tubuh yang membuat kita merasa lebih lapar dan ini akhirnya membuat kita jadi makan terlalu banyak. Jadi, untuk mencapai hasil yang Anda inginkan, Anda harus tidur dengan nyenyak setidaknya selama 7 jam di malam hari.


2. Benar-benar menahan keinginan makan di luar

Mari kita akui, bahwa kita semua sering merasakan ngidam atau craving suatu makanan, apalagi saat diet. Hal ini wajar, dan cara mengatasinya adalah dengan kadang-kadang mencoba makan sedikit saja daripada menolaknya sama sekali. Kita semua berhak atas "cheating day" setelah latihan yang berat selama seminggu. Tidak ada salahnya memberi hadiah pada diri sendiri dengan pizza lezat di akhir pekan, selama Anda tahu bahwa Anda tidak akan makan makanan junk food tinggi kalori setiap hari dan akan kembali berolahraga pada hari berikutnya. Orang yang benar-benar menolak pada makanan junk food pada akhirnya akan mencapai tujuan mereka jauh lebih lambat daripada mereka yang menjadwalkan "cheat day" seminggu sekali. Jadi, selaraskan tujuan fitnes dengan diet Anda dan biarkan diri Anda makan junk food favorit Anda sekali-sekali.



3. Hanya berolahraga kardio saja

Kebanyakan orang berpikir kardio adalah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Dan ini tidak benar! Cara ideal untuk menurunkan berat badan adalah menggabungkan kardio dengan latihan beban. Resitance training atau latihan ketahanan otot akan menunjang perjalanan penurunan berat badan Anda. Untuk meningkatkan massa otot sekaligus metabolisme tubuh, mulai dengan mengangkat beban yang didampingi dengan latihan kardio. Lakukan latihan dengan strategi ini dan target fitnes Anda akan lebih mudah tercapai.


4.Tidak mengkonsumsi cukup protein

Protein ternyata merupakan salah satu nutrisi terpenting yang dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi protein dapat mengurangi nafsu makan, dan akhirnya porsi makan akan jadi lebih sedikit. Pada saat yang bersamaan, protein sangat ampuh untuk mengisi perut, sehingga tidak mudah merasa lapar lagi dalam jangka waktu yang lebih lama. Makanan tinggi protein seperti telur, tahu, keju, perlu ditambahkan ke dalam menu makanan Anda. Bahkan saat Anda tidak sedang ingin menurunkan berat badan, asupan protein juga berfungsi untuk mempertahankan berat badan sekaligus membantu meningkatkan massa otot. Saat Anda berolahraga, protein juga membantu dalam pembentukan otot tubuh dan pemulihan sel otot. Idealnya, Anda harus mengkonsumsi 0,8-1 g protein per kilogram berat badan ideal. Jadi, jika Anda memiliki berat badan 70 kg, Anda harus mengkonsumsi 56 gram protein tiap harinya. 


5. Terpaku pada rutinitas

Ketika sedang merencanakan penurunan berat badan, sangat penting untuk memadukan dan mencoba beberapa kombinasi latihan dan diet. Kami menyarankan Anda untuk mengganti rutinitas olahraga setiap dua minggu sekali untuk menghindari stagnasi olahraga. Berkonsultasi dengan Personal Trainer dan ahli nutrisi sangat diperlukan untuk mengajukan beberapa pertanyaan dan mencoba berbagai rencana untuk menemukan mana yang paling sesuai dengan Anda.

Siapkan juga beberapa resep makanan sehat untuk mempercepat keberhasilan fitnes Anda. Makanan harian Anda bisa dimulai dengan sarapan smoothie bowlmakan siang dengan Tofu Scramble with Potatoes, dan Quinoa Fruit Salad untuk kudapan yang lezat dan rendah kalori.


Dan kunci dari strategi penurunan berat badan yang jitu adalah – tidak mudah menyerah! Memang butuh waktu, tapi hasilnya akan benar-benar sepadan. Adaptasi gaya hidup sehat akan memberi manfaat yang sangat positif tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan mental.