FREE TRIAL
Ways To Do Better
5 ALASAN MENGAPA ANDA BUTUH ISTIRAHAT

Jika Anda tidak istirahat, akibatnya bisa buruk bagi tubuh.

01 Apr 2019

Banyak yang mengira bahwa fitness itu artinya harus jadi aktif setiap saat. Tapi yang harus dipahami, istirahat dan berolahraga adalah dua sisi dari satu koin. Mereka seperti yin dan yang, akan memberikan hasil luar biasa jika Anda bisa menggabungkan keduanya secara seimbang.

Jika Anda tidak mengambil hari libur dalam berolahraga, tujuan fitness Anda malah jadi sulit untuk dikejar dan kemungkinan terburuknya, tubuh bisa jadi cedera karena olahraga berlebihan.

 

Kebanyakan orang tidak rela kehilangan hasil olahraga yang telah susah payah dicapai, makanya banyak orang yang malah kelebihan berolahraga. Jangan khawatir, Anda cukup memahami bahwa istirahat dan berolahraga tidak bisa dipisahkan. Lalu percaya pada tubuh Anda, dan Anda akan tahu hal apa yang tepat dilakukan. 


1. Tubuh Anda merupakan ‘perangkat’ yang paling canggih
Yang awalnya sulit dilakukan bisa jadi mudah karena Anda memperhatikan dan juga berlatih. Ketika tubuh beradaptasi kepada tempaan olahraga, tubuh akan menjadi seimbang, lentur, terkoordinasi dengan baik, dan tentunya kuat. Anda akan merasa jadi lebih luar biasa ketika selsai beristirahat.

2. Jangan terlalu cepat, jangan terlalu lambat
Anda akan perlu menambah secara bertahap tingkatan olahraga (misalnya angkat beban lebih berat, atau jarak yang lebih jauh) untuk mencapai limit yang baru. Ini hal yang mungkin agak rumit: tidak fleksibel berolahraga akan menghasilkan lebih sedikit manfaat. Tapi berolahraga terlalu banyak dan terlalu cepat bisa berisiko cedera, bahkan jangka panjang, oleh karena itu takaran olahraga harus pas sesuai kemampuan tubuh Anda.

3. Tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri ketika beristirahat
Ketika Anda mendorong tubuh melewati limitnya, Anda ‘mengubah’ tubuh Anda, misalnya jadi menyebabkan robekan kecil di jaringan otot. Saat beristirahat, tubuh beradaptasi kepada olahraga yang baru dilakukan dengan cara memperbaiki dan menumbuhkan jaringan yang robek tersebut kembali, bahkan jadi lebih kuat dari sebelumnya. Tanpa istirahat, jaringan otot akan rusak, dan malah menyebabkan hilangnya massa otot. Jadi beristirahatlah, dan juga bekali tubuh dengan asupan bergizi.

4. Sistem imun meningkat karena beristirahat
Otot dan sendi secara terus-menerus diperbaiki oleh sistem imun Anda. Tanpa istirahat, sistem imun akan bekerja lebih lambat dalam tugasnya yaitu memperbaiki jaringan tubuh, ini dapat menyebabkan tubuh cedera. Anda juga jadi lebih rentan infeksi/radang jika berolahraga terlalu berlebihan.

5. Cara mengetahui berapa banyak istirahat yang Anda butuhkan

Hal ini akan tergantung pada intensitas olahraga, rencana olahraga, durasi olahraga, dan faktor dinamis lainnya (kesehatan emosional, pengaruh lingkungan, dan lainnya). Membuat catatan olahraga sangat dianjurkan untuk memantau perkembangan olahraga dan menyesuaikan jadwal istirahat Anda.

Jika Anda merasa bersemangat, dan tubuh Anda terasa rileks dan lentur, artinya kombinasi olahraga dan istirahat sudah tepat. Tetaplah waspada akan bagaimana tubuh merespons ketika Anda berolahraga. Pelatih yang tersertifikasi dapat membuatkan rencana olahraga yang memperhatikan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.