FREE TRIAL
Ways To Do Better
5 KEBIASAAN SIMPEL UNTUK TETAP BUGAR SAAT MUSIM PERAYAAN

Tetap menjalani rutinitas olahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

31 Jan 2019

1. Makan perlahan hingga merasa cukup, hindari makan terlalu kenyang

Butuh waktu antara 15-20 menit untuk sistem pencernaan mengirim sinyal ke otak bahwa Anda sudah cukup makan. Ini artinya sebenarnya Anda sudah kenyang sebelum merasakannya. Jadi makan perlahan memungkinkan Anda untuk menyadari Anda kenyang sebelum kebanyakan makan. (Fakta menarik: ilmuwan baru-baru ini menemukan otak terhubung dengan sistem pencernaan lewat saraf.)

Ketika makan perlahan, menikmati dan mensyukuri makanan, Anda akan merasakan senang dan puas. Jadi, makan lebih sedikit, tapi perasaan lebih bahagia! Ditambah, sistem saraf parasimpatis mengarahkan darah dan energi ke organ pencernaan, bukan meresponsnya sebagai situasi stres.

  

2. Makan sehat walaupun terus disibukkan berbagai hal

Memang sulit mencari makanan sehat saat bepergian. Makan ketika sedang terburu-buru juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Triknya adalah makan lebih sedikit, tapi makanlah makanan yang sehat, misalnya mengudap kacang almond (tidak digoreng dan tidak asin), campuran jenis kacang, biji-bijian, atau buah kering merupakan kudapan yang sangat bernutrisi dan lebih baik dari “protein bar” yang terbuat dari gula buatan dan bahan kimia. 

 

3. Makanlah secara cukup

Berangkat dari poin 1, makanlah perlahan dan sambil duduk. Anda akan lebih sadar akan apa yang dimakan dan seberapa banyak, dan bagaimana perasaan Anda saat mengonsumsi makanan tersebut. Jika Anda butuh berapa banyak takaran untuk porsi makan Anda, ukurannya kira-kira sekepalan tangan Anda. Haruskah menghitung kalori? Mungkin. Tapi catat, 500 kalori pasta carbonara dibanding 500 kalori alpukat akan beda kenyangnya dan rasanya di perut Anda.

 

4. Luangkan waktu untuk berolahraga

Betapapun Anda lelah dan mengantuk, nantinya Anda akan senang jika tetap melakukan berolahraga. Bahkan faktanya, semakin lelah Anda, semakin Anda membutuhkan olahraga (ini tidak berlaku jika Anda sedang sakit). Olahraga membuat tubuh segar dengan asupan oksigen yang masuk ke tubuh selama aktivitas olahraga. Menggerakkan badan juga dapat melenturkan otot, sehingga otot jadi lebih rileks.

 

5. Tidur cukup di malam hari

Tubuh punya alarmnya sendiri, jadi jika Anda begadang semalaman, pasti ada efeknya. Tidur yang berkualitas bukan hanya soal durasinya, tapi juga waktu seharusnya tidur, yaitu malam hari sebelum matahari terbit. Tidur cukup, energi terisi, dan esok harinya Anda akan merasakan semangat yang luar biasa!