FREE TRIAL
Ways To Do Better
6 TIPS MUDAH UNTUK MENAMBAH KUALITAS TIDUR ANDA

Baca artikel ini dan ketahui betapa mudahnya untuk menambah kualitas tidur Anda.

06 Mei 2019

Masih memikirkan bagaimana caranya menambah kualitas tidur sehingga Anda bisa tidur nyenyak dan tenang tiap malamnya?

Jika berbicara tentang data, waktu yang dihabiskan satu orang untuk tidur seumur hidupnya mencapai sepertiga seluruh usianya. Tidur tenang dan berkualitas bisa secara signifikan menambah kebugaran Anda, inilah 6 tips yang mudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

 

1. Ubah pola tidur

Semuanya dimulai dari waktu tidur Anda, dan konsistensi adalah kuncinya. Rencanakan jam tidur dan jam bangun, lalu lakukan itu setiap hari. Jaga jarak dari semua distraksi yang bisa menganggu atau menunda jam tidur Anda seperti televisi, telepon genggam, atau komputer. Coba untuk tenangkan pikiran dan usahakan tubuh untuk rileks dengan mendengarkan musik, membaca buku, atau mandi dengan air hangat.

 

2. Pantau kebiasaan makan 
Apa yang Anda makan sebelum tidur bisa berpengaruh pada kualitas tidur Anda nantinya. Hindari minum kafein seperti kopi atau teh beberapa jam sebelum tidur. Anda juga harus mengatur seberapa banyak air yang harus diminum, kelebihan minum sebelum tidur bisa membuat tidur terganggu karena Anda harus terbangun untuk pergi ke toilet, sementara minum air terlalu sedikit bisa membuat Anda merasa haus ketika tidur. Selain itu, hindari minum alkohol dan jangan makan besar sebelum tidur karena bisa juga mengganggu aktivitas perncernaan ketika tidur.

 

3. Atur lingkungan sekitar mendukung tidur Anda

Lingkungan sekitar berperan dan berpengaruh penting kepada setiap aktivitas yang kita lakukan. Keadaan lingkungan yang dimaksud adalah pengaturan suhu ruangan, kasur dan bantal yang nyaman, warna dinding kamar yang menenangkan, tirai yang menutupi sinar, dan hal membuat tenang lainnya. 

Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan masker penutup mata untuk menghindari semua gangguan cahaya. Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan penyumbat telinga (earplugs) untuk menghindari suara bising yang mungkin muncul. 

 

4. Tetap aktif
Aktivitas fisik, intensitas tinggi atau rendah, mungkin membantu Anda untuk tidur lebih baik. Tapi, Anda sebaiknya tidak berolahraga saat menjelang jam tidur karena bisa menyebabkan tubuh Anda kelebihan energi sehingga sulit menenangkan tubuh.

 

5. Atur tidur siang secara benar
Jika Anda tidur terlalu lama saat siang hari, malam harinya akan kesulitan tidur. Jika Anda terlalu lelah siang harinya, dan sangat membutuhkan tidur siang, tidur sianglah dengan durasi singkat. Menurut National Sleep Foundation, waktu optimal untuk tidur siang hanya selama 20-30 menit.

 

6. Kendalikan level stres
Stres bisa menyebabkan tekanan di otak dan pikiran Anda, yang bisa jadi sangat mengganggu kualitas tidur Anda. Ingatlah bahwa terkadang Anda hanya perlu istirahat sejenak dari rutinitas. Tenangkan diri dengan mendengarkan musik atau aktivitas ringan seperti berkebun atau bersepeda. Lakukan manajemen stres dengan mengatur prioritas, ini bisa membantu Anda merasakan sedikit lebih enteng.

Kualitas tidur yang baik memengaruhi banyak aspek di hidup Anda, mulai dari level energi, suasana hati, perasaan, dan bahkan produktivitas Anda. Anda mungkin perlu berkonsultasi pada dokter jika Anda mengalami kesulitan tidur, khususnya sesudah menjalani keenam tips di atas.

 

Selamat tidur, semoga tidur Anda nyenyak!