FREE TRIAL
Ways To Do Better
SAKIT LEHER? INI YANG HARUS DILAKUKAN.

Apa yang perlu dilakukan saat sakit leher mengganggu Anda?

10 Mei 2019

Kebiasaan berdiam pada suatu posisi, misalnya terlalu sering duduk di depan komputer, dapat menyebabkan sakit leher. Jangan khawatir! Ini 6 tips untuk menghilangkannya.


Apa itu sakit leher? Bagaimana sebenarnya sakit leher bisa terjadi?
Sakit leher biasanya dirasakan di daerah bawah kepala yang bisa menyebar ke punggung bagian atas dan ke samping di daerah kedua pundak. Keluhan ini merupakan penyakit gangguan muskuloskeletal yang sangat lazim berkaitan dengan aktivitas bekerja (work-related musculoskeletal disorders atau WRMSD), yang merupakan kelompok cedera yang berhubungan dengan tulang, otot, dan jaringan lunak. Kelaziman keluhan ini kian meningkat karena penggunaan komputer saat bekerja.


Apa penyebabnya?

Penggunaan komputer yang berkepanjangan, untuk bekerja maupun untuk hiburan, sering tercatat sebagai penyebab utama sakit leher. Bagi mereka yang sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer, sakit leher ini jadi keluhan yang umum.

Tapi jika pekerjaan Anda memang mengharuskan bekerja di depan komputer untuk waktu yang lama, ini 6 tips untuk menyiasati agar sakit leher bisa dihindari


1. Atur tinggi layar komputer Anda
Jika Anda membungkuk saat membaca artikel ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur ketinggian layar Anda. Naikkan atau turunkan layar laptop atau komputer Anda, atau atur ketinggian kursi kerja Anda sehingga tatapan mata Anda ketika duduk sejajar dengan layar.


2. Perbaiki postur tubuh Anda
Postur tubuh sangat penting untuk mencegah sakit leher. Dengan postur duduk yang baik, otot punggung bisa lebih efektif menopang kepala dan leher Anda. Untuk melakukan ini, pilih kursi dengan lengkungan yang menopang bentuk tulang punggung alami Anda dan pastikan punggung bagian bawah menyentuh kursi ketika duduk.


3. Perbaiki posisi kaki
Tujuannya untuk memastikan kedua kaki Anda memijak di lantai. Pertimbangkan menggunakan kursi untuk menopang kedua telapak kaki Anda jika kursi kerja terlalu tinggi, sehingga kaki Anda tidak bisa menjangkau lantai. Atur jarak sebanyak 5-10 cm antara belakang lutut dan kursi Anda. 


4. Simpan barang-barang dalam jangkauan Anda  
Pastikan bahwa tetikus, kibor, dan alat lain yang sering digunakan diletakkan dalam jangkauan tangan Anda. Dekatkan sehingga Anda tidak perlu membungkuk setiap hendak mengambil barang yang diperlukan.


5. Santaikan kedua bahu
Jika meja terlalu tinggi, otomatis bahu Anda akan terangkat saat Anda menaruh tangan atau lengan ke atas meja Anda. Setelah beberapa saat, otot leher akan mulai lelah dan akhirnya kaku. Cobalah untuk menaikkan kursi agar posisinya pas dengan ketinggian meja, otot pundak dan otot leher Anda akan jadi lebih rileks.


6. Bangunlah

Pasang pengatur waktu dan bangunlah setiap 30 menit. Lakukan peregangan simpel dan berjalanlah sedikit di sekitar meja Anda untuk menghilangkan keletihan di otot pundak dan leher. Anda bisa mencoba aturan 20/20/20: setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan mengganti fokus dari layar laptop/komputer ke sebuah objek yang jaraknya setidaknya sejauh 6 meter. 

 

Itulah berbagai tips yang mudah dilakukan untuk mengurangi sakit leher. Atur meja kerja Anda secara baik dan akhirnya ini bisa berdampak baik pada produktivitas Anda, dan tentunya kesehatan Anda. Jika sakit leher masih terjadi setelah melakukan semua tips di atas, konsultasikan pada dokter Anda untuk penanganan yang sesuai.