FREE TRIAL
Trends & Innovation
6 ALASAN MENGAPA ANDA BOLEH MAKAN MAKANAN BERLEMAK PADA PERAYAAN APA PUN

Bagaimana cara mengurangi lemak jika diperlukan.

11 Feb 2019

Setiap acara perayaan selalu tersaji makanan enak dan kita pun berpikir, apakah aman untuk menyantap makanan berlemak ini? Hubungan kita dengan makanan berlemak memang rumit, lemak itu enak, tapi bisa berakibat buruk. Tapi benarkah demikian? Tenang, ketahui dulu fakta mengenai lemak di bawah ini.

Fakta lemak #1  
Orang tidak menjadi gemuk hanya karena mengonsumsi makanan berlemak. Orang jadi gemuk karena kelebihan makan, apakah itu karbohidrat, protein, atau lemak. Tidak ada bukti saintifik yang menunjukkan bahwa kandungan lemak pada makanan menjadi penyebab utama orang jadi kegemukan.

Fakta lemak #2
Diet rendah lemak tidak akan membuat berat badan turun jika Anda tidak mengurangi porsi makan. Yang penting adalah mengontrol asupan kalori harian. Tubuh mengubah energi yang tidak terpakai dari makanan menjadi lemak dan menyimpannya untuk digunakan nanti. (Dan untuk menghilangkannya, berarti harus membakarnya.)

Fakta lemak #3
Membatasi asupan lemak dan kalori juga tidak akan menurunkan berat badan secara jangka panjang jika Anda tidak berolahraga. Dengan kata lain, makanlah yang Anda butuhkan untuk metabolisme basal tubuh (yang tubuh Anda butuhkan untuk beaktivitas harian) dan level aktivitas fisik Anda.

Fakta lemak #4
Lemak merupakan bahan bakar yang paling efisien di tubuh Anda. Mengandung paling banyak kalori per gramnya, dibanding karbohidrat dan protein. Anda bisa makan dalam jumlah yang lebih sedikit jika makanan yang Anda makan mengandung lemak.

Fakta lemak #5
Jika Anda diet tinggi lemak, akan sulit untuk naik berat badan jika Anda tidak melebihi rekomendasi asupan kalori harian yang sesuai untuk tinggi dan berat badan Anda. Pastikan untuk selalu bergerak aktif jika sedang dalam diet ini.

Fakta lemak #6
Orang yang menjalani diet rendah lemak justru bisa naik berat badan karena kesalahan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat (khususnya gula) sebagai makanan penutup. Lemak memberikan kekayaan rasa pada sebuah makanan, hati-hati juga pada makanan yang terlalu gurih.

Jadi, pergilah ke perayaan apa saja. Anda sudah berolahraga dengan keras. Beristirahatlah sejenak dan nikmati hidup. Boleh saja menikmati makanan penutup yang manis (tapi tetap perhatikan bahannya, lebih baik yang terbuat dari bahan organik). Jika sudah berolahraga, Anda boleh kok sedikit bersenang-senang!