FREE TRIAL
People
6 HAL TENTANG RESOLUSI MIKRO UNTUK MENCAPAI TARGET ANDA

Sesuaikan ambisi dan hindari sikap yang menghambat kemajuan fitness Anda.

23 Jan 2019

K ita memiliki resolusi sebagai bentuk keinginan kita menjalani hidup yang lebih terarah dan memiliki tujuan. Namun riset menyatakan bahwa resolusi biasanya hanya bertahan selama dua bulan. Adakah cara untuk mempertahankan dan tetap menjalankan resolusi?

 

Cobalah resolusi mikro. Kebanyakan resolusi dibuat terlalu besar sehingga otak Anda sudah menggolongkannya sebagai kegagalan tanpa Anda sadari, inilah yang dikatakan oleh Caroline Arnold, yang telah melakukan survei santifiknya.

 

Inilah 5 hal yang perlu Anda ketahui mengenai resolusi mikro:

 

#1 Resolusi mikro artinya membuat perubahan kecil tiap harinya. Perubahan kecil yang benar-benar bisa terjadi, dan Anda bisa melakukannya tiap hari.

 

#2 Membuat resolusi yang terlewat besar seringkali jadi sebuah cara lain yang Anda buat untuk menunda perubahan baik yang sebenarnya bisa dilakukan sedikit demi sedikit tiap harinya. Dengan membuat resolusi besar, tanpa sadar sebenarnya Anda enggan melakukan hal tersebut.

 

#3 Kita semua terlahir dengan sifat tertentu dan kita berpikir bahwa kita tidak dapat mengubahnya, hal inilah yang membuat sebagian besar resolusi, kecil maupun besar, sering gagal.

 

#4 Setelah kita mengetahui sifat-sifat tersebut, kita bisa mulai mempelajari apa yang memancing sifat itu keluar. Ini yang perlu dilakukan: catat sifat-sifat tersebut dan putuskan sifat mana yang paling mengganggu dan sifat mana yang lebih dulu Anda ingin ubah.

 

#5 Lalu Anda membutuhkan tindakan untuk memulai resolusi mikro Anda, mengubah yang sudah menjadi kebiasaan Anda. Jadi resolusi mikro ini memang harus dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari. Jika Anda memiliki resolusi mikro untuk berangkat ke kantor lebih pagi, dapat dimulai dengan cara sesimpel langsung pergi ke kamar mandi setelah bangun tidur. Anda pasti bisa!
 
Kami belum memiliki cukup data seberapa besar tingkat kesuksesan resolusi mikro ini, tapi begini cara kerjanya. Singkatnya, kebiasaan yang kita lakukan itu karena aktivitas tersebut sudah terprogram di otak dan tubuh kita. Jadi, dengan mengubah kebiasaan buruk jadi kebiasaan baik, kita tanpa sadar menanamkan untuk memilih melakukan tindakan yang lebih baik untuk hidup kita.
 
#6 Ada jenis resolusi mikro lainnya: buat perubahan dalam suatu waktu tertentu. Misalnya, tidak mengunggah foto ke Instagram saat acara yang seharusnya digunakan untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang terdekat. 

 

Mengubah kebiasaan bertujuan agar kita memperhatikan hal atau orang yang benar-benar penting untuk hidup kita. Dan hal terbaik yang bisa diambil dari ‘latihan’ ini adalah untuk membuat diri kita jadi lebih sadar akan kebiasaan buruk yang tidak kita sadari sebelumnya. Ambil kembali kontrol penuh dalam hidup Anda sekarang juga!