FREE TRIAL
Ways To Do Better
7 CARA SEMANGAT OLAHRAGA LAGI SETELAH LAMA TIDAK BEROLAHRAGA

Kadang memang sulit, tapi mungkin dilakukan dan akan membuat Anda merasa luar biasa setelah melakukannya.

24 Feb 2019

Anda sedang semangat-semangatnya berolahraga, dan sudah mencapai banyak kemajuan. Lalu musim liburan datang, hingga kemudian harus sejenak berhenti berolahraga. Wajar saja melakukan ini, dan nampaknya semua orang di gym melakukannya, karena gym selalu lebih sepi ketika musim liburan tiba. Inilah triknya agar Anda semangat berolahraga lagi.

1. Mulailah dengan santai 
Jangan terlalu menyesal tidak datang ke gym, terlalu menyalahkan diri sendiri tidak baik untuk mental Anda. Dan berjanji pada diri sendiri akan mengganti sesi latihan yang terlewatkan akan menyebabkan tekanan di diri Anda. Jadi, santai saja.

2. Belum mood? Tidak masalah
Pergilah dulu ke gym, jika masih belum mood juga untuk mulai olahraga, mungkin Anda bisa pergi ke pertokoan di sebelah gym dan berbelanja dulu. Yang penting Anda keluar dulu dari rumah, saat keluar rumah kemungkinan munculnya mood untuk nge-gym bisa jadi lebih besar.

3. Bergeraklah dengan lembut dan perlahan terlebih dulu
Sendi dan otot Anda masih kaku karena beristirahat olahraga, ini normal. Jadi, saat mulai berolaraga, selalu awali dengan pemanasan dan peregangan badan. Ini seperti memberi tahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya lagi berolahraga, tubuh Anda jadi siap sebelum bergerak lebih intens.

4. Lakukan sedikit demi sedikit
Hampir mirip dengan poin nomor 1, intinya jangan memaksakan mengembalikan level fitnes Anda secara sekaligus. Dahulukan kualitas, bukan kuantitas. Target awalnya adalah untuk mulai bergerak lagi, jadi olahraga intensitas rendah berdurasi 10 menit sehari, dua kali seminggu, sebenarnya sudah cukup. Ini untuk mengenalkan kembali tubuh Anda pada olahraga yang biasanya Anda lakukan. 

5. Sikap tubuh yang baik sangat penting untuk menghindari cedera
Teknik dan sikap tubuh yang baik mencegah diri Anda dari cedera ketika memulai olahraga lagi. Bagaimana caranya? Pertama, tubuh dan pikiran harus santai. Anda bukan Hulk. Lemaskan tubuh, sadar akan gerakan dan napas Anda. Dalam seminggu atau dua minggu, Anda akan bisa menaikkan frekuensi dan durasi olahraga.

6. Istirahat
Olahraga tidak baik dilakukan jika tanpa istirahat cukup. Faktanya, istirahat justru baik untuk menunjang olahraga, istirahat dapat memperbaiki dan mereparasi jaringan otot yang mungkin tegang saat latihan. Anda akan tahu kapan siap berolahraga lagi saat cukup beristirahat. Bagiamana? Dengarkan tubuh Anda, bukan pikiran Anda atau orang lain.

7. Berolahraga bersama teman
Teman olahraga Anda bisa menemani latihan, menambah semangat, dan ikut bertanggung jawab pada latihan Anda, begitupun sebaliknya. Teman memang sangat penting untuk semua aspek dalam hidup, jadi, ajak teman Anda berolahraga!