FREE TRIAL
Ways To Do Better
7 CARA MENINGKATKAN PROSES PENCERNAAN SEHINGGA TUBUH TERASA LEBIH ENTENG

Puncak level fitness harus didukung dari dalam, salah satunya dengan kesehatan pencernaan.

11 Apr 2019

1. Hindari makan kecuali benar-benar lapar

Berilah pencernaan Anda waktu istirahat. Mencerna makanan juga membutuhkan energi, yang disumbangkan dari area lain dari tubuh, misalnya dari otak. Makan lebih sedikit membuat Anda merasakan tubuh jadi lebih enteng, dan membuat Anda lebih mudah bergerak.

 

2. Konsumsi makanan yang sehat

Tentu saja ini harus dilakukan. Makanan adalah apa yang dibutuhkan tubuh dan dikenali tubuh, bahkan hanya dengan menciumnya; ini adalah naluri tubuh terhadap makanan, tubuh kita didesain untuk mencerna dan mengasimilasi makanan dengan mudah. Keinginan kita untuk mengonsumsi makanan dengan rasa tertentu (manis, masam, asin, berbau tajam, dan pahit) pada waktu tertentu adalah cara tubuh memberi tahu kita makanan atau nutrisi apa yang dibutuhkan saat itu.

Hindari makanan kemasan karena makanan jenis ini sudah diproses untuk kenyamanan kita. Perisa buatan yang digunakan di dalamnya dimaksudkan untuk mewakilkan rasa asli dari makanan yang hilang dalam proses pembuatan, ini seperti “menipu” tubuh untuk berpikir bahwa tubuh sudah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan tersebut. Jadi, hanya konsumsilah makanan utuh. 

 

3. Bagaimana caranya mengenali makanan utuh

Bukan karbohidrat, lemak, atau protein, tapi mangga, pepaya, labu, ikan, daging ayam, daging sapi, dan lainnya. Bahan makanan ini merupakan contoh makanan yang segar dan utuh yang bisa didapatkan di pasar, dan belum diproses secara berlebihan. Makanan utuh tidak pernah hanya protein, hanya karbohidrat, atau hanya lemak, tapi kombinasi dari ketiganya, bahkan mengandung lebih banyak nutrisi. 

 

4. Konsumsi makanan segar untuk kesehatan pencernaan 

Kupas kulit jeruk dan kulit yang terkupas akan jadi kering, sama halnya dengan apel dan buah-buahan lain. Lalu mengapa kulit buah tetap segar sebelum buah dikupas? Sesuatu yang membuat buah tetap segar (ilmuwan pun belum tahu sebabnya apa) mungkin jadi alasan mengapa kita jadi sangat mudah mengetahui dan membedakan mana buah yang segar mana yang tidak, mana makanan utuh dan mana yang bukan. Makanan utuh mengandung nutrisi penuh untuk tubuh, dan buah-buahan segar mengandung probiotik baik sebagai sumber bakteri baik untuk pencernaan. 

 

5. Hindari makan pada sela-sela jam makan

Zat asam lambung yang berperan dalam fase mencerna makanan memakan waktu tiga hingga empat jam hingga menyelesaikan prosesnya. Jika Anda terus makan sebelum proses selesai, artinya Anda memperlambat proses ini. Jika Anda sering makan pada sela jam makan, makanan terus masuk hingga tidak kunjung selesai dicerna, yang terjadi selanjutnya adalah naiknya berat badan karena karena sistem pencernaan mengalihkan sebagian makanan ke luar dari sistemnya, seperti ke pinggang, bokong, dan telapak kaki. (Dan ini bisa menyebabkan asam urat.)

 

6. Bagaimana dengan kudapan sehat?

Mari definisikan apa itu kudapan: sesuatu yang dapat mengganjal perut saat lapar ketika Anda belum makan. Misalnya, ada jadwal olahraga dalam dua jam kedepan, tapi Anda seharian rapat dan belum sempat makan siang. Lalu Anda makan sedikit kurma dan kacang untuk asupan energi yang dibutuhkan. Itulah mengudap yang sehat.

 

7. Bergeraklah, olahraga juga baik untuk kesehatan pencernaan

Gerak peristaltik, atau geraknya makanan melewati sistem pencernaan, distimulasi oleh olahraga ringan seperti berjalan dan peregangan tubuh setelah makan besar. (Tapi duduklah selalu saat makan dan jangan makan ketika sedang melakukan aktivitas atau sedang terburu-buru.)
Jika Anda tidak baru saja selesai makan, olahraga bisa menambah efektivitas dan menguatkan otot-otot perut dan pencernaan. Konsultasikan dengan pelatih fitness tersertifikasi kami untuk tahu lebih banyak mengenai nutrisi dan olahraga!