FREE TRIAL
Ways To Do Better
8 ALASAN MENGAPA ANDA SELALU MERASA LAPAR

Pernah merasakan lapar atau keinginan terus makan padahal baru saja selesai makan besar? Jika pernah, kami punya jawaban sebenarnya mengapa ini terjadi. Tidak hanya itu, kami juga punya masukan untuk Anda agar dapat mengatasi keadaan ini dengan cara yang tepat.

06 Jun 2019

Kami telah mengumpulkan 8 alasan umum mengapa sebagian orang selalu merasakan lapar dan bagaimana caranya menahan godaan untuk memakan makanan lebih banyak dari yang tubuh butuhkan.

Terlalu banyak mengonsumsikarbohidrat sederhana

Hindari terlalu sering mengonsumsi karbohidrat sederhanaminim nutrisi seperti gula, roti, dan sereal. Karbohidrat sederhana inimenurunkan level ugla darah, yang akan membuat tubuh merasa lapar pada jangkawaktu tertentu.

 

Kurang tidurdan istirahat

Istirahat yang cukupmerupakan aspek penting untuk memiliki hidup yang sehat. Tidak tidur cukupberkaitan langsung dengan beberapa jenis masalah fisik dan mental. Jika Andakekurangan tidur, level leptin dalam tubuh berkurang, membuat merasa lapar danmeningkatkan rasa ingin mengudap. Kekurangan tidur menambah level ghrelin(hormon nafsu makan) pada tubuh, membuat Anda jadi cepat lapar ketika Andakekurangan tidur.

 

Faktor stres:Faktor ini memangrentan untuk dialami kebanyakan orang, sumber stres bisa datang dari mana saja,seperti pekerjaan, pendidikan, atau kehidupan secara umum. Tapi ini bukanberarti kita harus menjalani hidup di bawah kendali stres, karena ini bisaberakibat buruk bagi kesehatan mental, dan juga kesehatan fisik. Stres yang berlebihanmeningkatkan level hormon kortisol yang membuat tubuh jadi cepat lapar dan jugarasa mengidam makanan.

Kurang konsumsi air putih

Seberapa sering Anda mendengar bahwa konsumsi air harian minimal setidaknyaharus 8 gelas sehari, dan apakah kita benar-benar melakukannya? Konsumsi airsangat penting agar tubuh sehat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Air,alaminya, dapat membuat tubuh merasa kenyang dan menghalangi tubuh untukmenambah asupan kalori yang tidak dibutuhkan.

Tidak fokus ketika makan

Kehidupanyang sibuk membuat hidup terasa berjalan sangat cepat dan makan terburu-buruserta tidak fokus sangat umum dilakukan dalam gaya hidup perkotaan. Kita seringkali harus melakukan beberapa hal pada satu waktu, termasuk saat makan. Jadilahkita makan tanpa menyadari jumlah makanan yang sebenarnya dimakan. Jika tidakfokus ketika makan, kita mengabaikan sinyal kenyang yang dikirimkan tubuh, akhirnyamenyebabkan makan terlalu banyak.

Makan terlalu cepat

Cara makanjuga memengaruhi seberapa lapar nantinya Anda seusai makan. Semakin cepatmakan, nafsu makan juga semakin membesar dan menambah kemungkinan makan terlalubanyak dibandingkan dengan makan secara perlahan. Saat makan perlahan danmengunyah sampai usai, tubuh mendapatkan cukup waktu untuk mengirim sinyalkenyang ke otak, membuat kita merasakan kenyang lebih cepat dan bisa mencegahdari kebanyakan makan.

Sering melewatkan jadwal makan

Adakecenderungan yang umum untuk melewatkan jadwal makan karena alasan diet ataumengurangi berat badan, tapi sebenarnya cara ini tidak sehat. Saat melewatkan jadwalmakan, tubuh menggunakan semua gula darah yang disimpan tubuh, ini membuatproduksi hormon rasa lapar, ghrelin, meningkat tajam sehingga membuat tubuhjadi sangat lapar dan meningkatkan nafsu makan. Inilah alasannya mengapa Andaseharusnya tidak melewatkan jam makan.

Makan saat merasa bosan

Ketika bosan,seseorang sering kali memilih untuk makan tanpa berpikir panjang dan berakhirpada pilihan makanan yang kurang cermat. Jadi, lain kali ketika Anda bosan,cobalah untuk melakukan aktivitas lain selain makan.