FREE TRIAL
Ways To Do Better
8 HAL TENTANG LATIHAN KARDIO YANG AKAN MEMBUAT ANDA BAHAGIA

Bagaimana caranya berumur panjang dan hidup berbahagia.

16 Mei 2019

Sistem kardiovaskular di tubuh terdiri dari dua bagian utama: jantung dan sistem peredaran darah. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel di tubuh, dan jantung memompa darah dengan tekanan dan volume yang lebih rendah atau lebih tinggi, tergantung seberapa aktif Anda. Fitness kardiovaskular simpelnya adalah ukuran seberapa efisien jantung memompa tubuh lewat sistem vaskular. Dikenal juga dengan fitness aerobik.


1. Apa itu latihan kardio?

Merupakan olahraga yang didesain untuk menaikkan detak jantung Anda ke level tertentu, selama durasi spesifik, pada intensitas tertentu, untuk menaikkan fitness kardiovaskular. Faktor-faktornya sebagai berikut:

●     jenis latihannya (mulai dari dance, berenang, berlari, dan lainnya)

frekuensi (biasanya dua hingga lima sesi per minggu, tergantung apakah Anda sudah melakukan olahraga lain) 

durasi per sesi (biasanya 15 hingga 60 menit aktivitas yang terus berjalan) 

Intensitas (biasanya diukur dari detak nadi)


2. Belajar menggerakkan tubuh Anda lebih baik dan lebih praktis
Olahraga yang baik adalah olahraga yang membuat Anda mencapai limit yang lebih tinggi, maksudnya di sini adalah detak nadi yang lebih tinggi. Tapi akan jadi membosankan jika olahraga dibuat hanya untuk hal ini. Variasi latihan kardio memungkinkan tubuh Anda untuk belajar dan beradaptasi, jadi Anda akan bisa menggerakkan tubuh Anda lebih baik dan lebih praktis.


3. Jantung yang sehat baik untuk seluruh tubuh Anda

Karena jantung merupakan pusat dari seluruh tubuh Anda, latihan kardio manfaat kesehatannya lengkap untuk Anda. Pada dasarnya, jantung Anda akan lebih efisien bekerja dan otot jantung akan lebih kuat dan tahan lama karena olahraga aerobik rutin. 


4. Anda akan merasakan keuntungannya dalam aktivitas sehari-hari

Karena jantung Anda membutuhkan lebih sedikit usaha untuk memompa darah ke seluruh tubuh, Anda jadi tidak mudah lelah untuk melakukan aktivitas harian dengan durasi dan intensitas tertentu.

Dan karena darah juga membawa kehangatan untuk tubuh, temperatur tubuh juga jadi konstan walaupun Anda sering berganti tempat, dari dalam ruangan dengan AC dingin, dan di luar ketika sedang panas. Menjaga temperatur tubuh juga penting untuk kesehatan.


5. Anda akan berumur lebih panjang dan berbahagia

Maksudnya, kemungkinan Anda meninggal karena terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis, dan kanker akan jadi lebih rendah. Riset menunjukkan bahwa, bahkan sedikit olahraga kardio bisa secara signifikan meningkatkan kesehatan.


6. Anda akan lebih berenergi untuk melakukan banyak hal
Latihan kardio menambah ukuran dan kepadatan mitokondria, pembangkit tenaga yang sangat kecil yang berada di tiap sel tubuh. Ini artinya otot dan sel hati akan menggunakan glukosa dan asam amino lebih efisien. Ini sangat baik untuk kesehatan jangka panjang. Kemampuan tubuh untuk memulihkan diri dari latihan angkat beban juga akan meningkat.


7. Anda tidak akan perlu lagi bertanya “apakah saya terlihat gemuk?”
Latihan kardio menurunkan persentasi lemak tubuh. Anda bisa kehilangan massa dan kekuatan otot jika teralu bersemangat, tapi ini bisa berarti bagus: massa otot lebih sedikit artinya lebih efisien energi dan baik untuk mereka yang ingin kelihatan lebih ramping daripada terlihat berotot.


8. Anda bisa mulai sekarang juga
Ini karena Anda bisa melakukan latihan kardio dari olahraga favorit, sesuai kemampuan dan level fitness Anda yang sekarang, di mana pun Anda tinggal. Ayo mulai latihan kardio Anda sekarang khususnya jika Anda habis banyak makan makanan berlemak, kardio banyak sekali manfaatnya untuk tubuh!