FREE TRIAL
Ways To Do Better
8 CARA AGAR RESOLUSI TAHUN BARU TETAP BERJALAN

Hilangkan cemas dan rasa takut, wujudkan semua resolusi Anda!

30 Jan 2019

Tahun baru sudah berganti, sekarang saatnya ingat-ingat lagi resolusi fitness yang Anda buat tahun lalu. Apa sudah tercapai? Tidak perlu khawatir, ini caranya menyalurkan ambisi dan menghilangkan kecemasan Anda.

1. Siapkan diri Anda untuk sukses: buatlah resolusi yang dapat tercapai

Tujuan akan mudah dicapai jika ditargetkan dekat dari kondisi Anda yang sekarang. Jika memasang target terlalu besar, waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya otomatis akan lebih panjang. Tipsnya: ketika Anda tahu bisa melakukan sesuatu yang Anda masukkan dalam resolusi, konsistenlah mengerjakannya. 

 

2. Ukur sampai mana pencapaiannya
Selain hasil olahraga yang bisa terlihat, dari mana lagi Anda bisa mengetahui sudah di mana kemajuan Anda? Dengan mengukurnya tentu saja. Misalnya dengan menghitung detak nadi istirahat Anda, ini memberikan data mengenai apa langkah yang harus Anda ambil selanjutnya. 

 

3. Jadwalkan latihan

Kemajuan yang konsisten adalah sesuatu yang harus dicapai, dan akan lebih mudah dilakukan jika Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan dan kapan saat yang tepat melakukannya. Sebuah jadwal dapat membantu Anda mencapai target Anda dengan lebih tertib dan terstruktur.

 

4. Lakukan satu per satu
Semua pencapaian terbesar dalam olahraga dimulai dari langkah yang kecil. Latihan sedikit demi sedikit, tapi dilakukan secara konsisten akan membuahkan hasil yang memuaskan. Jadi, capailah target Anda satu per satu. Saat sudah mengambil langkah pertama, keberhasilan Anda dimulai dari situ.

 

5. Buatlah milestone dan beri penghargaan untuk diri sendiri

Hindari terlalu menyesal jika melewatkan sesi olahraga. Karena situasi tak tertebak bisa terjadi kapan saja! Lewati ini semua dengan melakukan apa yang Anda bisa. Misalnya ikuti olahraga sesi berikutnya. Ciptakan milestone di tiap langkah olahraga Anda dan jangan ragu untuk sekali-sekali memberi hadiah untuk diri sendiri ketika telah melewati tonggak pencapaian tertentu.

 

6. Bertanggung jawab pada diri sendiri
Buat catatan dari alasan-alasan yang membuat Anda jadi tidak berolahraga. Ini membuat Anda jadi jujur terhadap diri sendiri dan akan membuat Anda lebih bertanggung jawab pada resolusi Anda. Jika alasan-alasan tersebut kembali menjadi penghalang dan membuat Anda malas berolahraga, mungkin Anda membutuhkan teman olahraga.

 

7. Meminta bantuan orang lain tidak salah (yang salah jika tidak meminta)
Ketika Anda punya teman olahraga, Anda akan dibantu untuk berolahraga secara sempurna. Buatlah personal trainer menjadi teman olahraga Anda, karena dampingan terbaik adalah mereka. Anda bisa meminta bantuan apa saja yang berkaitan dengan olahraga kepada personal trainer Anda.

 

8. Cobalah hal baru
Personal trainer juga dapat menambah variasi latihan Anda. Jadi Anda benar-benar latihan dengan maksimal, menggerakkan seluruh tubuh dan otot dengan cara yang paling tepat untuk masing-masing area tubuh. Ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan saat ke gym selain menggunakan alat-alat.