FREE TRIAL
Ways To Do Better
8 HAL YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG TIDUR BERKUALITAS

Mengapa tidur penting untuk olahraga Anda.

03 Mei 2019

“Elastisitas” otak, atau bagaimana otak kita beradaptasi pada situasi-situasi baru dengan menciptakan jaringan dan neuron baru tergantung pada berapa banyaknya kita beristirahat. Tidur adalah cara tubuh untuk rehat, jadi tidur merupakan bagian dari proses belajar dan mengingat sesuatu.


Kekurangan tidur bisa menurunkan produksi HGH (human growth hormone/hormon pertumbuhan manusia). Hormon ini yang membuat proses fisiologis tubuh berjalan dengan baik, dan dapat membuat kita “awet muda”. Jadi ada alasannya mengapa disebut “beauty sleep” karena memang berkaitan langsung dengan proses penuaan.


Tapi bagaimana fakta objektifnya? Inilah 10 hal tentang tidur dari berbagai studi yang perlu Anda ketahui. 


1. Antara 7 dan 8

Ini merupakan jumlah jam optimal yang Anda butuhkan untuk beristirahat sebagai modal energi Anda keesokan harinya. Kurang dari tujuh, atau lebih dari delapan jam, dikatakan dapat memengaruhi kemampuan mental, misalnya kemampuan berpikir dan mengekspresikan diri.


2. Lawannya insomnia, hipersomnia

Tapi keduanya sama buruknya. Hipersomnia atau yang juga diketahui sebagai kebanyakan tidur, dapat berakibat pada beberapa kondisi medis, seperti depresi dan naiknya berat badan. Jadi pastikan takaran waktu tidur Anda pas.


3. Dibutuhkan konsistensi

Jadwal tidur yang konsisten merupakan langkah paling signifikan yang bisa diambil untuk meningkatkan performa sehari-hari, juga kesehatan Anda. Tubuh diatur oleh ritme sirkadian, ritme ini salah satu kerjanya adalah mencocokkan tubuh dengan siklus matahari terbit dan matahari tenggelam. Ritme ini juga merilis hormon tidur dan bangun tidur pada jadwal yang sama setiap harinya, jadi cobalah untuk pergi tidur di waktu yang sama juga.


4. Tidak ada “angka ajaib”

Maksudnya dari jam tidur Anda. Seberapa banyak kita butuh tidur berubah seiring bertambahnya usia, dan jam tidur yang dibutuhkan pun berbeda-beda walaupun pada orang-orang yang seusia. Jadi jangan terlalu khawatir akan jumlah pasti jam tidur Anda, pastikan saja Anda merasa cukup beristirahat. Riset tentang kaitan antara usia, jam tidur, dan implikasinya pada performa sehari-hari masih terbatas.


5. Olahraga hingga dapat tertidur lelap

Olahraga rutin mengoptimalkan sistem sirkadian tubuh, Semakin banyak yang Anda dapatkan, semakin baik tidur Anda di malam hari. Ritme sirkadian adalah proses biologis yang berpatokan pada siklus 24 jam atau siklus pagi-malam yang memengaruhi sistem fungsional tubuh manusia. Semakin banyak sinar matahari yang didapat dala sehari, makin nyenyak juga tubuh tertidur di malam hari.


6. Makan, minum, dan istirahat

Anda bisa mengacaukan siklus natural tubuh jika terlalu banyak mendapatkan asupan stimulan atau sedatif seperti kafein dan alkohol. Atau dengan makan terlalu banyak pada jam menjelang tidur. Tubuh bisa terasa berat saat bangun pagi jika Anda makan terlalu dekat dengan jam tidur. Makanlah setidaknya 3 jam sebelum pergi tidur.


7. Main gadget tidak dihitung istirahat

Mental yang lelah sama melelahkannya dengan fisik yang lelah. Selalu menatap layar karena main video gim, melihat-lihat media sosial, atau menonton video mengonsumsi banyak tenaga, dan membuat Anda jadi butuh lebih banyak istirahat.


8. Istirahat bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan malam hari 

Tapi jangan juga tidur di meja kerja Anda. Seberapa Anda cukup tidur di siang hari menentukan seberapa banyak istirahat yang dibutuhkan malam harinya. Jika cukup istirahat siang hari, malamnya jadi tidak terlalu lelah sehingga istirahat malam bisa lebih optimal. Beristirahat dan beraktivitas merupakan bagian dari satu proses yang dinamis, yang membuat tubuh jadi seimbang. (Keseimbangan ini disebut homeostasis).