FREE TRIAL
Tips
5 CARA AGAR KEHIDUPAN KERJA DAN KEHIDUPAN PRIBADI SEIMBANG

Semua ini bisa dicapai. Dengan berusaha.

17 Apr 2019

Apakah keseimbangan kerja-hidup hanya bisa terjadi di buku-buku motivasi? Keinginan untuk “mencapai segalanya”: karier sukses, keluarga bahagia, dan mewujudkan mimpi dan keinginan Anda, melakukan semuanya bisa membuat jadi kewalahan. 

Berikut 5 tips untuk membantu Anda mengatasi keruwetan yang mungkin sedang terjadi dalam hidup Anda. 

 

1.  Mencapai keseimbangan merupakan proses yang dinamis 

Ada banyak hal terjadi di luar kontrol Anda, seperti keadaan ekonomi, cuaca, bos Anda, dan orang lain di sekitar Anda. Apa yang bisa Anda kontrol adalah bagaimana memberikan respons yang dibutuhkan pada tiap momen kehidupan. Tetaplah berusaha mengontrol diri Anda, semakin banyak berlatih, semakin mahir Anda menguasai diri dan beradaptasi. 

 

2.  Ubah pengertian tentang keseimbangan

Pahami poin 1; mudahlah beradaptasi, lalu Anda akan mengambil alih tanggung jawab atas kehidupan sendiri. Keseimbangan kerja-hidup dapat membuat Anda kewalahan, jadi bersantailah dan jangan terlalu keras dengan diri sendiri, lalu kembali ke fokus Anda. Keseimbangan kerja-hidup adalah ketika Anda dapat mudah beradaptasi dengan situasi di luar kontrol Anda.

 

3.  Tetap bergerak

Presentasi Anda tidak berjalan baik, dan anak Anda kecewa karena Anda terlambat menjemputnya ke sekolah, lalu Anda melewati sesi latihan dengan personal trainer Anda. Semua itu sudah terlanjur terjadi, itu semua ada di masa lalu dan tidak perlu mengungkitnya lagi. Gandhi pernah berkata: masa depan Anda tergantung dari apa yang Anda lakukan sekarang. Lupakan hal-hal yang menjengkelkan dan teruslah bergerak maju.

 

4.  Pusatkan diri Anda untuk membuat kemajuan

Semakin Anda fokus, semakin Anda dapat aktif bergerak dan mengejar segala kesempatan dalam hidup. Untuk tetap fokus, habiskan waktu untuk diri sendiri setidaknya lima menit dalam sehari, setiap hari. Jika Anda bisa menghabiskan waktu bersama diri sendiri, Anda akan tahu apa yang orang lain rasakan ketika menghabiskan waktu dengan Anda dan belajar untuk memahami perspektif mereka.

 

5.  Konsisten dengan perilaku Anda

Konsistensi merupakan bagian dari keseimbangan. Perlakukan diri sendiri dengan baik, maka Anda akan terbiasa untuk memperlakukan orang lain secara serupa. Konsisten dalam merawat diri sendiri (berolahraga, bekerja, beristirahat, dan liburan) dan Anda akan memperlakukan orang lain secara baik juga.