FREE TRIAL
Tips

RENCANA LATIHAN TERBAIK UNTUK DIMULAI DI TAHUN BARU

Berikut adalah beberapa rencana latihan jangka panjang untuk Anda mulai di tahun baru guna membangun pertumbuhan otot dan peningkatan kesehatan secara general.

21 Des 2020

Menghadapi tantangan dalam hal ini, resolusi fitnes di tahun baru, menjadi hal yang normal tiap tahunnya. Untuk menghindari gangguan dan distraksi pada latihan sepanjang tahun yang baru nanti, berikut adalah beberapa rencana latihan jangka panjang untuk Anda mulai di tahun baru.

 

Berlatih untuk Kebugaran Fungsional

Aktivitas sehari-hari seperti melakukan pekerjaan rumah atau menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan fisik membutuhkan penggunaan otot-otot utama dalam tubuh kita. Menambahkan latihan total body weight training akan membantu meningkatkan kebugaran fungsional. Beberapa latihan yang dapat Anda tambahkan sebagai bagian dari latihan ini termasuk push-up, pull-up, squat, lunge, planks, dan leg raises. Setelah Anda menguasai bentuk dasar dari gerakan-gerakan ini, Anda dapat melanjutkan dengan versi latihan yang lebih sulit.

 

Menggabungkan berbagai latihan freestyle equipment yang berbeda akan memungkinkan Anda mengubah intensitas setiap gerakan dengan aman dan efektif, tergantung pada tingkat kebugaran Anda. Ini adalah pilihan yang baik untuk dipertimbangkan jika Anda baru memulai dan sedang berjuang untuk mencapai tubuh ramping dan kencang sebagai bagian dari tujuan jangka panjang Anda.

 

Wujudkan perubahan dengan: menyesuaikan tujuan fitnes Anda.

 

time to make a change: adjusting your goals


Belajar Dance

Dance adalah salah satu bentuk olahraga yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Olahraga ini bersifat aerobik dan anaerobik, dan membantu Anda meningkatkan kebugaran otot dan daya tahan motorik, membangun kekuatan tulang, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.


Line dancing merupakan latihan low impact yang memungkinkan Anda meningkatkan detak jantung dan membuat tubuh Anda bergerak. Urutan dan langkah tarian yang Anda pelajari selama kelas ini akan membantu Anda mengembangkan kekuatan otot tubuh inti, selain itu juga meningkatkan kelenturan dan koordinasi tubuh Anda.

 

Mulai Berlari Secara Teratur

Berlari adalah latihan kardio yang bermanfaat bagi tubuh Anda seperti halnya dance. Ini juga dapat membantu meredakan stres dan meredakan gejala depresi. Beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan intensitas lari adalah dengan eksplorasi olahraga ini sendiri, misalnya lari di luar ruangan, mendaki bukit, dan lari crescendo (melibatkan peningkatan intensitas yang sistematis) sebagai bagian dari rutinitas.


Anda juga dapat meningkatkan performa lari Anda menggunakan treadmill dengan kombinasi antara interval kecepatan dan tempo lari. Ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda untuk membantu Anda berlari lebih lama. Anda juga akan meningkatkan kapasitas aerobik dan anaerobik, serta meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk terus berlari meskipun otot mengalami kelelahan.


Wujudkan perubahan dengan: menyesuaikan tujuan Anda.

 

time to make a change: adjusting your goals


Lakukan Juga Yoga

Yoga didasari pada tiga elemen - olahraga, meditasi, dan pernapasan. Menggabungkan ketiga elemen ini secara efektif selama yoga akan memperkuat dan mengencangkan otot, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan sirkulasi darah. Yoga menggabungkan peregangan yang lembut, menyempurnaan postur, dan pose dengan berfokus pada teknik pernapasan untuk membantu Anda menenangkan pikiran.


Bergabung dengan kelas yoga intensitas tinggi akan membuat Anda bergerak mulus dari satu pose ke pose lainnya sambil secara bertahap meningkatkan intensitas setiap gerakan atau pose. Menekankan teknik pernapasan saat berpose akan memberi Anda harmoni antara pikiran dan tubuh. Tetap fokus akan membantu Anda membangun kepercayaan diri dan kesadaran mental yang lebih kuat. Seiring waktu, langkah cepat dan pose menantang akan menghasilkan ketahanan, kekuatan, dan stamina yang lebih baik.


Fondasi dari rencana latihan yang bermanfaat bergantung pada peningkatan intensitas secara berkala dari waktu ke waktu. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga sesi latihan tidak membosankan dan memastikan bahwa tubuh Anda secara konsisten ditantang. Hasilnya, Anda akan dapat memperoleh manfaat jangka panjang, sehingga mendorong Anda untuk terus berpegang pada rencana latihan yang konsisten.