FREE TRIAL
People
APA PENYEBAB SELULIT YANG SESUNGGUHNYA?

Semua yang Anda perlu ketahui mengenai "masalah" kulit satu ini.

13 Mei 2019

Apa itu selulit dan bagaimana "masalah" kulit ini bisa muncul?

Apakah selulit mengganggu Anda? Jika ya, Anda tidak sendiri. Selulit ini sangat umum dialami dan banyak informasi kurang tepat yang beredar mengenai apa itu selulit, apa penyebabnya, dan bagaimana cara menghilangkannya. 

 

Jadi, sebelum Anda merasa sendirian dan menilai buruk tubuh Anda, berkonsultasi ke dokter sangat dianjurkan. Banyak prosedur kosmetik dan obat yang tersedia di pasaran untuk mengatasi selulit. Tapi menurut dokter, selulit adalah keadaan normal.


Apa penyebabnya?


Selulit pada dasarnya disebabkan oleh lemak yang menumpuk di bawah lapisan kulit. Semakin lemak menumpuk, lemak akan mengangkat kulit sehingga membuat permukaan kulit jadi tidak rata, bahkan terlihat seperti gelombang. Beberapa kasus selulit juga dikarenakan adanya lemak di antara jaringan ikat yang mengikat permukaan bawah kulit ke otot di bawahnya. Beberapa tubuh perempuan lebih mudah mengalami selulit dibanding perempuan lainnya, jumlah selulit yang muncul bisa dikarenakan faktor genetik, persentase lemak tubuh, jumlah toksin tubuh, kenaikan berat badan, kehamilan, hormon, dan usia. Orang dengan semua jenis tubuh dan berat badan bisa mengalami selulit. Namun, distribusi lemak di tubuh perempuan lebih terlihat daripada tubuh laki-laki.
Penyebab pasti munculnya selulit masih belum bisa dibuktikan secara medis, namun beberapa hipotesis terkemuka menjelaskan bahwa selulit disebabkan karena:

 

Perbedaan pada kulit antara laki-laki dan perempuan?


Hipotesis ini menjelaskan bahwa ada perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan dari struktur lemak di bawah kulit dan jaringan pemisahnya. Kemunculan selulit misalnya munculnya kulit yang agak masuk ke bawah disebabkan oleh tumpukan lemak dari bawah kulit. Tumpukan ini merupakan karakteristik dari antomi tubuh perempuan dan keberadaannya telah dikonfirmasi dengan ultrasonografi.

 


Pembuluh darah yang berubah?


Menurut beberapa studi “formation of cellulite” (terbentuknya selulit) menyatakan bahwa asal terbentuknya selulit adalah dari penuaan pembuluh darah kulit. Pembuluh ini beradaptasi pada perbedaan tekanan antara pembuluh nadi (arteries) dan pembuluh darah (vein). Ini bisa menyebabkan kelebihan cairan yang disimpan dalam kulit, menyebabkan perubahan kulit yang bisa terlihat, lalu muncullah selulit.

 

Peradangan?


Dalam studi, Shertwitz & Braun-Falco, juga Kligman, menunjukkan adanya rasa sakit dan kelembekan ketika bagian tubuh yang berselulit diberikan tekanan. Ini membuat peneliti berpikir bahwa peradangan kronis menjadi penyebab utama selulit. Peradangan adalah cara tubuh untuk mengirimkan sinyal ke sistem imun untuk menyembuhkan dan memperbaiki jaringan yang rusak, atau mulai melawan virus dan bakteri. Jadi, ini merupakan proses yang sangat penting, tapi jika peradangan terjadi dalam jangka waktu lama dan menjadi kronis, ini bisa berbahaya bagi tubuh.
Kligman bahkan menemukan sel yang mengalami peradangan di sampel kulit berselulit, yang mungkin saja berarti peradangan kronis menyebakan lunturnya lemak dan kematian sel kulit di bawah lapisan kulit, barulah menyebabkan selulit.


Tentunya peneliti juga masih mempelajari tentang penyebab utama selulit, dan mereka akan terus meneliti hingga mereka menemukan jawabannya. Jika Anda memiliki pertanyaan lanjutan atau mencari penanganan spesifik karena selulit, kami menyarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dulu. Ada banyak perawatan untuk menghilangkan selulit. Selalu waspada dan ketahui benar tentang kondisi Anda sebelum menjalankan operasi apa pun.