FREE TRIAL
People

TINGGALKAN KEBIASAAN NEGATIF UNTUK 2020 YANG LEBIH BAIK

Sering kali banyak orang merasa bahwa niat untuk memperbaiki diri sendiri semakin sulit untuk dilakukan, bisa dikarenakan sibuk mengurus pekerjaan, keluarga, atau berbagai kesibukan lainnya. Kita sering tidak memperhatikan bahwa kebiasaan kita sehari-hari lambat laun menjadi negatif atau toxic.

27 Jan 2020

Tahun yang baru seakan menjadi waktu yang paling tepat untuk merefleksikan diri kembali dan mengeliminasi beberapa elemen “beracun” dari dalam hidup kita. Berikut adalah beberapa saran yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi toksisitas dari kehidupan Anda.


Jadilah proaktif, bukan reaktif

Menjadi reaktif memang mudah dan kita sangat sering terlalu cepat memberi reaksi terhadap banyak hal yang terjadi di sekitar kita, padahal hal-hal tersebut terjadi di luar kendali kita. Misalnya marah-marah saat terjebak macet. Tahun ini, mengapa tidak mencoba untuk meminimalisasi reaksi dan lebih proaktif agar hari-hari Anda bisa dimulai lebih terkontrol dan lebih tenang?

Misalnya, Anda bisa meletakkan jam alarm Anda di sisi lain ruangan sehingga Anda tidak dapat terus menekan tombol tunda (snooze). Dengan hal ini, Anda akan lebih awal bangun di pagi hari sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan hari. Jika Anda menggunakan ponsel sebagai alarm, menaruhnya jauh dari Anda di kamar tidur juga akan “memaksa” Anda untuk tidak menanggapi email, pesan WhatsApp, atau notifikasi lain yang mungkin muncul di malam hari, sehingga Anda punya lebih banyak waktu untuk beristirahat.


Getting rid of toxicity for a better you in 2020

Kurangi waktu layar atau screen time

Masih membahas tentang ponsel, kebiasaan buruk lain yang sering kita abaikan adalah betapa banyak waktu yang kita habiskan untuk menatap layar, baik itu ponsel, tablet, atau laptop. Berbagai perangkat elektronik ini begitu melekat dalam kehidupan kita sehingga kita tidak mempertimbangkan waktu yang habis digunakan untuk menggunakan gadget. Saran kami di sini bukanlah untuk menyetop sama sekali screen time, karena sudah pasti itu tidak dapat dilakukan di kehidupan modern seperti sekarang ini.

Sebagai gantinya, carilah cara untuk meminimalkan screen time. Sudah banyak smartphone yang menawarkan statistik harian penggunaan perangkat, jadi gunakan fitur ini untuk membantu Anda mengukur waktu layar yang realistis bagi Anda. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menghapus semua aplikasi media sosial di ponsel Anda dan hanya menggunakannya saat berada di komputer. Cara lain adalah mengurangi penggunaan aplikasi pesan teks instan dan lebih sering menelepon. Jika Anda ingin mencoba tantangan ini, coba cara ini: How To Break Up With Your Phone yang merupakan tantangan 7 hari untuk memulai membatasi waktu layar.


Getting rid of toxicity for a better you in 2020

Berhenti berpikir negatif tentang diri sendiri

Kata-kata memiliki kekuatan, bahkan ketika kita hanya berbicara kepada diri kita sendiri. Sains telah menyimpulkan bahwa kita melakukan hal ini lebih sering daripada yang kita ketahui dan ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental kita jika kita terus berpikir negatif.

Maka tidak mengherankan jika US Navy SEALS mengadopsi strategi berbicara kepada diri mereka sendiri dengan cara yang positif sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi pekerjaan dan situasi sulit yang mereka harus hadapi. Meditasi merupakan cara yang tepat untuk memulai jadi individu yang lebih positif. Meditasi dapat membantu Anda menavigasi dan mengelola hal-hal dalam hidup yang tidak dapat diubah. Rasa kesadaran diri yang lebih kuat juga akan membantu mengingatkan diri sendiri mengenai banyak hal-hal baik yang dapat terjadi dalam hidup Anda nantinya untuk membantu mengubah pola pikir Anda jadi lebih positif.


Getting rid of toxicity for a better you in 2020

Mulailah merawat tubuh Anda

Kehidupan modern membuat kita sangat sibuk dan cenderung kurang memperhatikan kesehatan diri sendiri. Pada saat-saat seperti ini sering kali kita terpaksa mengonsumsi makanan paling “beracun” ke dalam tubuh kita, baik itu dari makanan cepat saji, atau kebanyakan makan karena stress eating. Sekali lagi, triknya adalah tidak menyetop kebiasan ini sepenuhnya dari hidup Anda, tetapi untuk lebih menyadari seberapa banyak kita sudah mengonsumsi makanan kurang sehat tersebut.

Berhenti mengonsumsi makanan olahan dan makanan ringan memiliki banyak dampak positif pada tubuh: kita tidak hanya mulai terlihat lebih baik tetapi kita juga tidur lebih baik dan itu akan membantu kita merasa lebih baik. Konsisten berolahraga, dengan tujuan fitnes dan rencana olahraga yang tepat, juga akan berkontribusi positif terhadap kesehatan kita, juga menghilangkan kebiasaan buruk lainnya seperti merokok dan minum alkohol. Melakukan semua ini juga akan memiliki konsekuensi positif jangka panjang bagi tubuh.


Tetapkan tujuan fitnes yang tepat

Pembahasan di atas membuat kita sadar bahwa banyak sekali elemen dalam kehidupan kita yang berpotensi menjadi “beracun” atau toxic dan dibutuhkan strategi untuk menghindari ini terjadi. Dan inti dari artikel ini adalah untuk membantu Anda menghindari membuat strategi yang kurang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Hindari untuk mencoba memecahkan semua masalah tersebut sekaligus. Jika Anda memasang target lalu gagal mencapainya, Anda akan merasakan perasaan negatif tentang diri sendiri. Apa yang bisa dilakukan adalah membuat target yang rasional dan mudah dicapai.