FREE TRIAL
People
BAGAIMANA TES DNA DAPAT MEMPERSONALISASI OLAHRAGA ANDA

Ini caranya mengetahui bagaimana tubuh Anda bekerja.

14 Feb 2019

I ni pernyataan yang sering kita dengar: “Saya dan teman saya memulai rencana fitness yang sama di waktu bersamaan juga. Kami berolahraga bersama, dengan personal trainer sama, dan kami juga melakukan diet superfood yang sama. Tapi kenapa dia sekarang berhasil turun berat badan, dan saya tidak?”

Ini dikarenakan tubuh tiap orang berbeda, dan tidak ada satu rencana fitness yang bekerja sama efektifnya untuk orang berbeda. Anda direkomendasikan untuk melakukan rencana fitness yang sama karena rencana itu berhasil untuk sebagian besar orang, tapi Anda belum tentu sama seperti sebagian besar orang. Peneliti menemukan bahwa, terkadang faktor genetik juga memengaruhi seberapa baik tubuh merespons tipe makanan atau olahraga tertentu. 

 

Apakah Anda ingin mengurangi berat badan, atau menjaga level fitness, atau ingin ikut lomba triatlon? Tes DNA sekarang cukup terjangkau dan lambat laun semakin akurat datanya untuk memberikan Anda perspektif yang membuat olahraga Anda jadi lebih terpersonalisasi.

 

Kenali diri Anda

Menyesuaikan rencana olahraga dengan mencocokkannya dengan genom (kode genetik unik, cetak biru dari tiap sel di tubuh) merupakan cara terbaik dan mutakhir untuk melakukan personalisasi olahraga. Variasi genetik tiap manusia sejauh ini diperkirakan sekitar 0,1%, jadi hanya sekecil itulah perbedaan genetik dari satu manusia ke manusia lainnya. Tapi angka ini ternyata cukup signifikan, dan Anda membutuhkan personalisasi olahraga yang berpatokan pada hasil tes laboratorium. Fakta menarik, seperti yang sudah kita tahu juga, bahwa manusia dan simpanse hanya berbeda sebanyak 1,2% secara genetika. Dengan kata lain, kita berbagi 98,8% DNA yang sama dengan simpanse… 

 
Memahami DNA

Tes DNA untuk keperluan fitness merupakan tren baru, dan Anda mungkin akan dengar lebih banyak perkembangannya seiring waktu. Inilah informasi dasar mengenai DNA yang penting diketahui. 

 

Kode genetik unik Anda, atau genotipe, ditemukan di bagian tubuh Anda yang dikenal sebagai DNA (deoxyribonucleic acid, atau asam deoksiribonukleat). Kode genetik Anda dibaca dari DNA Anda, yang ditemukan di kromosom Anda.

 

Kromosom ditemukan di nukleus tiap sel di tubuh Anda, Anda memiliki 23 pasang kromosom yang diwariskan secara rata dari kedua orang tua Anda (dan mereka mendapatkan kromosomnya dari kakek-nenek Anda, dan seterusnya). Urutan genetik DNA di kromosom tubuh “memberitahukan” tubuh Anda bagaimana membentuk tubuh Anda sendiri, ini hanya salah satu fungsinya.

 

Jika Anda masih menyimak, bagus sekali! Tapi jika Anda mulai bingung, tenang saja, cukup ingat bahwa genotipe itu sifatnya unik, Anda terlahir dengannya, dan genotipe setiap orang berbeda.


Sedangkan fenotipe Anda, adalah bagaimana gen-gen Anda diekspresikan. Dengan kata lain, fenotipe adalah bukti yang dapat terlihat atau diobservasi dari gen Anda, bagaimana Anda berinteraksi dengan lingkungan, dan membuat Anda jadi diri Anda. 


Tidak semua gen Anda aktif. Aktif atau tidaknya gen, sebagiannya dipengaruhi oleh lingkungan, gaya hidup, dan faktor lain yang belum teridentifikasi.


Jadi, gen bukanlah takdir, fakta ini datang dari cabang ilmu baru yang bernama epigenetik. Hanya karena Anda membawa gen dari sifat mental atau fisik tertentu, belum tentu mereka diekspresikan seluruhnya. 


Jadi, personalisasikan latihan Anda dengan baik, dengan mempertimbangkan gaya hidup, iklim, di mana Anda tinggal, dan DNA unik Anda. Menarik, kan?