FREE TRIAL
People

BERAPA SERING OLAHRAGA KARDIO YANG TERMASUK BERLEBIHAN?

Olahraga kardio penting untuk keberhasilan fitness Anda, terutama jika Anda menargetkan turun berat badan. Tapi yang sering tidak disadari adalah, terlalu sering melakukan kardio bisa merugikan bagi kesehatan tubuh. Mengingat hal ini, seberapakah olahraga kardio yang termasuk terlalu sering?

13 Jun 2019

Sebelum giat melakukan kardio, sangat penting bagi Anda untuk tidak berlebihan melakukannya!

1. Jika lemak tidak kunjung berkurang:  Olahraga kardio merupakan salah satu jenis olahraga untuk membakar lemak berlebih, dan kebanyakan orang terlalu mengistimewakan olahraga ini. Banyak yang berpikir semakin banyak olahraga kardio artinya semakin banyak lemak berkurang. Padahal, ketika tubuh terlalu sering melakukan kardio, ini sebenarnya mengirimkan sinyal ke tubuh untuk mulai menyimpan lemak, bukannya membakarnya.

Ini terjadi karena ketika berolahraga kardio, tubuh bereaksi terhadap tekanan dari olahraga yang menahan hormon penting yang dihasilkan tiroid tubuh yang bertugas membakar lemak, yang disebut hormon T3. Hormon ini ditekan sedemikian rupa sehingga tubuh mulai menambah dan menyimpan lemak tubuh. Inilah mengapa olahraga kardio berlebihan dapat menyebabkan pengurangan massa otot karena metabolisme tubuh yang bertambah lambat.

2. Otot tidak terbentuk:  Ketika seseorang sedang memulai perjalanan olahraganya, massa otot lah yang membuat tubuh telihat mengalami perubahan. Rasio lemak tubuh dan massa otot adalah dua komponen yang membentuk tubuh dan bagaimana menjadikan tubuh terlihat. 

Tanpa otot yang terbentuk, seseorang akan cenderung terliat kurus tapi tidak terisi dengan massa otot yang baik. Jadi, memiliki takaran porsi olahraga kardio sangat penting jika Anda ingin terlihat tidak hanya kurus, tapi juga berisi dengan otot yang terbentuk.

 

3. Otot selalu terasa nyeri: Apakah otot Anda selalu terasa tertarik dan kaku? Rasa sakit merupakan cara tubuh memberi tahu Anda bahwa Anda telah melewati kemampuan tubuh menahan sakit dan Anda harus segera berhenti. Mengabaikan rasa sakit dan lanjut berolahraga dapat membahayakan tubuh Anda. Jika Anda merasakan sakit sendi dan otot yang tidak tertahankan, ini adalah cara tubuh memberi sinyal pada Anda untuk berhenti sejenak dari olahraga yang terlalu keras.


Di manakah batasnya untuk melakukan olahraga kardio? Jawaban singkatnya adalah ingat-ingat cara Anda berlatih, miliki takaran untuk melakukan olahraga sebelum kardio dan setelah kardio yan cukup setiap harinya ketika melakukan latihan berat atau latihan fungsional.

 

Dan jika Anda mengalami ketiga poin di atas dalam perjalanan olahraga Anda, pertimbangkan untuk mengubah rutinitas olahraga menjadi lebih beragam seperti menambahkan jenis latihan fungsional dan latihan angkat beban. Dengan memilih latihan yang tepat, tidak hanya turun berat badan yang bisa dicapai, tapi juga menambahnya keseimbangan tubuh, postur tubuh membaik, otot inti tubuh juga bertambah kuat, sehingga mengurangi kemungkinan cedera.

 

Perlu diingat, dengan otot inti tubuh yang kuat, Anda akan lebih mudah dan gesit bergerak. Mengombinasikan kardio dengan latihan kekuatan bisa mempercepat dan menyempurnakan tujuan fitness Anda, membuat lemak berkurang dan massa otot bertambah. 


Target kardio sangat penting: Memasang target tertentu akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang lebih kuat. Dengan memasang target, Anda bisa secara bertahap mencapai tujuan olahraga dan mendorong diri Anda untuk melakukan olahraga bertambah baik tiap harinya. 

 

Menambah variasi latihan untuk aktivitas olahraga Anda akan membantu memperkuat sendi tubuh, membuat risiko sakit badan dan keletihan jadi berkurang. Jadi sekarang Anda telah mengetahui bagaimana berolahraga kardio dengan baik dan mengubah kebiasaan olahraga jika diperlukan.