FREE TRIAL
Trends & Innovation
CARA PINTAR MENGATASI KOLESTEROL

Perlu diingat, kolesterol tidak sama dengan lemak!

03 Feb 2019

Apakah memakan makanan tinggi kolesterol akan menaikkan level kolesterol? Jawabannya tidak, karena kolesterol dalam tubuh sebagian besar dihasilkan oleh organ hati. Tidak ada korelasi langsung antara memakan makanan berkolesterol dan level kolesterol darah tinggi. Riset terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar orang yang mengonsumsi makanan berkolesterol tidak secara langsung mengalami kenaikan level kolesterol darah.

Ini dikarenakan tubuh mengatur sendiri seberapa banyak yang perlu dicerna dari apa yang kita makan, sesuai dengan seberapa banyak yang dibutuhkan tubuh. Jadi, organ hati menaikkan atau menurunkan produksi kolesterol untuk memastikan tubuh mendapatkan kolesterol yang dibutuhkan untuk berfungsi optimal.

 

Ada juga studi yang menyatakan bahwa minoritas dari populasi manusia (antara 15-25%) dapat merespons kolesterol makanan dengan cara yang ‘hiper’, dan mereka dianjurkan untuk mengonsumsi kolesterol lebih sedikit.

 

Bagaimana kolesterol membantu tubuh untuk berfungsi optimal? Kolesterol membentuk bagian dari membran setiap sel dalam tubuh, yang memainkan peran penting dalam pergerakan sel dan efektivitas sel tubuh dalam menyerap nutrisi.

 

Kolesterol juga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin D, berbagai hormon, salah satunya hormon seksual, dan air empedu (yang membantu tubuh membuang lemak berlebih). Otak manusia juga sebagian besar terdiri dari kolesterol.

 

Kolesterol sebenarnya bukan lemak asupan tapi seringkali diidentikkan dengannya. Lemak dan kolesterol keduanya tergolong lipid/lipida, yang merupakan gabungan dari vitamin larut lemak (A, D, E, dan K), zat lilin, dan sterol (seperti kolesterol).

 

Jadi cara terbaik untuk mengontrol level kolesterol Anda adalah dengan cara jangan terlalu khawatir mengenai itu. Tubuh kita lebih pintar untuk mengatur kolesterol. Makanlah makanan sehat, dalam jumlah yang cukup, dan aktif berolahraga untuk terhindar dari kolesterol tinggi!