FREE TRIAL
Trends & Innovation
CARA MAKAN YANG TEPAT SESUAI DENGAN USIA ANDA

Ingin menjalani hidup sehat? Makanlah dengan cara yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi sesuai usia Anda. Ini adalah hal baik yang bisa Anda lakukan untuk tubuh Anda.

06 Sep 2019

Perubahan di Tubuh Anda

Penuaan dikaitkan dengan beberapa perubahan pada tubuh seperti berkurangnya massa otot, menipisnya lapisan kulit, dan turunnya jumlah asam lambung yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Dengan asam lambung yang lebih rendah, penyerapan nutrisi dari makanan juga berkurang. 

Dengan aktivitas tubuh yang semakin sedikit, kebutuhan kalori juga berkurang seiring bertambahnya usia. Sistem pencernaan menjadi lebih lamban dan kesehatan mulut juga jadi berkurang. Kinerja indera penciuman, pengecap, dan produksi air liur juga mengalami penurunan dan ini berdampak pada pilihan makanan.


Perubahan pada Kebutuhan Nutrisi
Kebutuhan nutrisi semakin banyak seiring bertambahnya usia, ini dikarenakan defisiensi nutrisi dan menurunnya kualitas hidup. Dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk merasakan haus dan lapar juga berkurang. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi dan turunnya berat tubuh. Tubuh juga membutuhkan asupan protein tinggi karena berkurangnya massa otot dan kekuatan tubuh secara bertahap.

Bagaimana Caranya Beradaptasi?
Tingkatkan asupan serat dan protein untuk memperlancar pencernaan. Tambahkan lebih banyak buah dan sayur ke dalam menu makanan sebagai sumber serat. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, konsumsi juga kacang-kacangan, telur, susu, dan produk olahan susu untuk diet Anda. Suplemen mineral dan vitamin juga akan menyempurnakan kesehatan Anda. Praktikkan juga hal di bawah ini agar siap menyambut penambahan usia:

1. Selalu aktif dan makan teratur.
2. Gaya makan sehat, gaya hidup sehat, dan olahraga secara rutin.
3. Makanlah makanan kaya nutrisi dan energi seperti buah, sayur, roti gandum utuh, telur, ikan, produk olahan susu rendah lemak, dan makanan sehat lainnya.
4. Tingkatkan penyerapan vitamin D untuk tulang yang sehat dan kuat dengan menghabiskan setidaknya 30 menit berjemur di bawah matahari pagi setiap harinya.
5. Batasi konsumsi roti dan kue, makanan kemasan, minuman soda, dan makanan simpel lainnya.
6. Batasi konsumsi garam dan gula. 
7. Konsumsi banyak air putih dan makanan seimbang.
8. Tentukan jadwal makan yang teratur dan makanlah bersama keluarga atau teman.


Olahraga yang Tepat dan Asupan yang Tepat Juga

Berolahragalah sebagai pelengkap gaya makan sehat agar tetap bugar seiring bertambahnya usia. Fokuskan pada olahraga santai yang membantu Anda tetap aktif, kuat, dan energik. Pertahankan massa otot dan tulang dengan berjalan kaki atau melakukan latihan dengan intensitas rendah. Perbaiki keseimbangan, mobilitas, dan fleksibilitas tubuh dengan mengikuti beragam kelas yoga kami.