FREE TRIAL
Tips
CARA TEPAT MEMULAI OLAHRAGA LAGI SETELAH CEDERA

Cedera bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, tua maupun muda. Karena rasa sakit yang dialami ketika cedera, hal ini dapat mengganggu dalam melakukan kegiatan sehari-hari, terutama ketika berolahraga.

17 Jun 2019

Bagaimana cara yang tepat untuk kembali berolahraga setelah mengalami cedera? Anda harus menambahkan langkah-langkah di bawah ini ke rencana olahraga Anda.

1. Dapatkan masukan dari ahlinya: Berkonsultasi dengan ahli dapat membantu Anda melakukan olahraga secara lebih efektif dan aman. Apakah Anda sudah siap berolahraga seperti sedia kala? Atau apakah cedera bisa kambuh lagi? Bahkan ketika Anda sendiri sudah tahu jawaban pasti untuk kedua pertanyaan ini, masukan dari ahli tetap dibutuhkan, baik itu dari personal trainer maupun dari dokter Anda.

Personal trainer dapat membuatkan program olahraga langkah demi langkah yang dibuat khusus untuk Anda dan disesuaikan dengan keadaan kesehatan Anda. Personal trainer juga dapat menentukan apakah tubuh sudah siap untuk berolahraga atau belum, ini bisa membantu untuk memastikan bahwa cedera tidak akan kambuh atau bertambah parah. Ingatlah, memaksakan diri untuk berolahraga terlalu cepat atau terlalu keras bisa membuat latihan jadi kontra produktif.

 


2. Siapkan mental: Ketika cedera, Anda harus tetap fokus dan berpikiran positif. Kebanyakan cedera memang sementara, dan ini bisa membantu Anda mengingat bahwa Anda bisa melakukan olahraga yang Anda senangi lagi ketika nanti telah pulih. Berpikiran negatif dapat mengarah pada keputusan olahraga yang kurang tepat sehingga dapat menunda pemulihan.


3. Dengarkan tubuh Anda: Jika Anda merasakan nyeri saat berolahraga, menahannya terkadang bisa berefek baik. Tapi ketika sakitnya sudah tak tertahankan dan terus berlangsung beberapa jam setelah berolahraga, ini merupakan tanda bahwa Anda melewati kemampuan batas tubuh menahan rasa sakit.

Berhenti berolahraga bisa jadi keputusan yang tepat, mungkin selama 1-3 hari sebelum memulai kembali. Dan ketika Anda mulai lagi, atur olahraganya untuk tidak terlalu intens. Kunci untuk fitness yang baik adalah membangun kekuatan secara sistematis.

4. Makanan dengan benar, tetap terhidrasi, dan cukup berolahraga: Makan sehat, teratur, dan asupan air yang cukup sering menjadi hal yang disepelekan ketika ingin kembali berolahraga sehabis cedera. Tubuh membutuhkan nutrisi untuk pemulihan, oleh karena itu, makan dengan baik jadi kunci cepatnya pemulihan.

Bagaimanapun, pastikan bahwa Anda serius untuk menyembuhkan diri dari cedera, menyayangi tubuh Anda, dan memberikannya waktu untuk pemulihan. Seringkali orang yang hobi olahraga ketika mengalami cedera, terlalu terburu-buru untuk memulai olahraga kembali dan langsung melakukan jenis olahraga yang intens, bahkan lebih parahnya, memaksakan olahraga saat cedera. Jadi, berhenti memaksakan tubuh Anda untuk hasil olahraga yang produktif.