FREE TRIAL
Ways To Do Better
APA TUJUAN FITNESS ANDA?

Putuskan apa yang ingin dicapai, dan raihlah tujuan fitness yang berarti untuk hidup Anda.

16 Jan 2019

B iasanya akhir tahun adalah waktu yang digunakan oleh banyak orang untuk menilai apakah resolusi fitness mereka sudah tercapai atau belum. Dan jika belum tercapai, biasanya kita membuat resolusi baru untuk dilakukan tahun berikutnya. 

Tujuan fitness sifatnya hampir sama seperti resolusi tahun baru, keduanya sama-sama susah dijalankan secara jangka pannjang. Riset menunjukkan bahwa lebih dari 50% orang dewasa membuat resolusi tahun baru, tapi hanya 10% yang menjalankannya selama lebih dari beberapa bulan.


Anda punya rencananya.


Tapi rencana yang paling baik adalah rencana yang dijalankan. Buatlah rencana fitness SMART, cara ini akan membantu Anda mencapai target fitness lebih mulus dan cepat. Perlu diingat, Anda tidak bisa mengontrol waktu dan semua orang di sekitar Anda.


Jadi, sebenarnya bukan masalah besar jika belum berhasil turun 5 kg sebelum rencana berlibur ke pantai, seperti apa yang sudah Anda rencanakan.


Kuncinya adalah konsistensi. Improvisasikan rencana fitness agar menemukan aktivitas baru, yang akhirnya akan membantu kemajuan fitness Anda jadi lebih lancar dan latihan yang lebih menyenangkan.

Jadi ambillah kontrol terhadap rencana Anda, dan sadarlah kapan dan bagaimana mengambil langkah saat rencana olahraga tidak berjalan seperti yang direncanakan.

Tapi satu hal yang harus Anda lakukan sebagai langkah pertaa adalah datang dulu ke gym. Hargai proses olahraga dan jangan terlampau stres memikirkan hasil fitness yang masih ada jauh di depan. Dan selalu ingat apa alasan Anda melakukan fitness.


Sebagai contoh, tujuan Anda adalah meningkatkan kemampuan angkat beban seberat 100 kg, punya perut kotak-kotak, atau bisa lari setengah maraton dalam jangka waktu tiga bulan. Karena kita ingin membuat kagum orang lain, atau diri sendiri. Mari katakan ini tujuan fitness Anda.

Sekarang mari asumsikan bahwa Anda sudah berhasil mencapai semua itu. Apakah itu membuat Anda bahagia?


Tuliskan tujuan-tujuan fitness Anda. Tidak hanya supaya Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan, ini juga memungkinkan Anda untuk melihat apakah tujuan Anda berasal dari motivasi yang baik, hingga Anda bisa dengan senang dan tulus melakukan fitness.


Sangat mudah (tapi melelahkan) untuk mendapatkan motivasi dari rasa iri atau ketidakpuasan dengan diri sendiri. Tapi latihan akan lebih menyenangkan dan memuaskan jika kita merasa nyaman dengan diri sendiri dan mendapat motivasi dari dalam diri. (Ini adalah teori "how to win friends and influence people" yang baru.) Karena jika Anda nyaman dengan diri sendiri, Anda akan lebih mudah menerima orang lain apa adanya juga.

Ingatlah bahwa kita hanya bisa memasang target dengan didasari oleh pengetahuan kita sendiri. Jika kita tahu lebih banyak, kita akan bisa memasang target berdasarkan tujuan yang lebih jangka panjang, dibanding hanya berangkat dari motivasi ingin punya otot besar atau kaki yang ramping.


Tujuan hidup? Menjadi bahagia! Merasa sangat hidup karena dipenuhi energi yang membuat semangat untuk bermain sepak bola bersama anak-anak, punya lebih banyak waktu untuk bersama pasangan, keluarga, dan sahabat terdekat.


Tujuan hidup adalah apa yang disebut psikolog sebagai “motivasi intrinsik”. Bagaimana Anda mencapainya bisa dijelaskan panjang di artikel lain, tapi ini singkatnya:
Cobalah beragam pilihan aktivitas yang Anda nikmati
Turut berpartisipasi merencanakan tujuan fitness Anda bersama personal trainer. Karena Anda yang paling tahu gerakan atau aktivitas apa yang paling Anda suka.
Selalu kuasai gerakan-gerakan dasar, untuk fondasi fitness yang kuat, sebelum menambah olahraga lainnya. 
Jangan coba untuk “mengalahkan” tujuan fitness Anda. Terlalu banyak berlatih bisa mengarah pada cedera. Mulailah dengan langkah kecil untuk mencapai kemenangan.
Lacak kemajuan Anda. Personal trainer bisa membantu.
Perasaan setelah berolahraga, atau perasaan setelah mandi sehabis berolahraga. Jika perasaan seperti itu Anda nikmati sekarang, bayangkan untuk merasakan itu (rileks namun berenergi) setiap waktu.

 

Seiring Anda menemukan lebih banyak hal tentang diri sendiri, Anda bisa lebih tepat dalam mengoptimalkan rencana olahraga Anda. Tujuan fitness adalah sesuatu yang kita pelajari, dan menemukan apa yang terbaik bagi kita, dan mengeliminasi apa yang tidak cocok untuk kita.


Putuskan apa yang Anda benar-benar inginkan, dan raihlah tujuan fitness yang membuat hidup Anda lebih berarti.