FREE TRIAL
Tips
7 TIPS UNTUK IBU BARU MELAHIRKAN YANG MEMBUTUHKAN MOTIVASI OLAHRAGA

Baru melahirkan membuat Anda harus menggunakan waktu sebaik mungkin

01 Mei 2019

Hadirnya buah hati di dalam hidup Anda membuat Anda berbahagia luar biasa. Tapi, bayi kecil mungil itu kini membutuhkan seluruh perhatian Anda, pastinya. Apa yang dibutuhkan ibu baru melahirkan untuk tetap fit? Ini lima tipsnya.


1. Tentukan prioritas
Sebelum punya bayi, waktu bebas digunakan untuk melakukan apa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kami pernah mendengar cerita ibu yang baru melahirkan, sangat sulit memiliki waktu untuk diri sendiri, bahkan hanya untuk pergi ke toilet. Jika bisa berolahraga, tandanya dia sedang beruntung memiliki waktu sendiri sebanyak itu. Tapi ini rahasianya untuk tetap fit sebagai ibu baru melahirkan: menentukan prioritas. Mendulukan fitnes, agar ia lebih fit untuk mengasuh bayinya.

 

2. Hindari alasan
Semakin menunda olahraga, Anda akan cenderung lebih malas untuk memulainya. Jadi awali hari Anda dengan berolahraga, dengan begini, Anda tidak bisa melewati rutinitas ini karena begitulah hari Anda dimulai.

 

3. Tetapkan jadwal, tapi jangan terlalu kaku
Terjebak rutinitas? Dengan punya bayi, rutinitas harian Anda tentunya akan berubah setiap harinya. Rutinitas seperti sarapan, bekerja, makan siang, makan malam, dan tidur (ulangi), pastinya tidak akan berubah, hanya saja tidak dilakukan pada waktu yang sama tiap harinya, semua tergantung bayi Anda. Jadi, tetapkan jadwal, tapi siapkan juga jadwal B, C, dan seterusnya.

 

4. Waktu berjalan cepat, jadikan setiap waktu berkualitas
Berada di situasi tak tertebak dan jadi aktif karena harus memenuhi kebutuhan bayi membuat Anda sadar bahwa waktu berjalan sangat cepat. Dengan tetap fit dan sehat, Anda akan lebih punya banyak energi dan semangat untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

 

5. Buat target yang berarti
Semua ibu tahu membuat target lebih mudah dibicarakan daripada dilakukan karena aktivitas harian yang padat. Kami menyarankan untuk membuat target S.M.A.R.T. Target ini melibatkan beberapa latihan yang spesifik dan dapat diukur, membuat Anda lebih mudah melacak kemajuan olahraga Anda. Anda juga bisa membuat target untuk mengikuti kelas fitnes grup untuk menghindari bosan dan untuk mengikuti kegiatan yang lebih beragam.

 

6. Ketahui kemajuan olahraga secara objektif
Inilah caranya mengetahui apakah Anda mengalami kemajuan. Sepuluh repetisi latihan freestyle hari ini, 20 repetisi setelah empat minggu. Dua repetisi squat minggu ini, tiga repetisi setelah enam minggu. Detak nadi istirahat dan tekanan darah turun sebanyak 20 persen. Hidup seperti maraton, dan membesarkan bayi adalah “kontrak” selama 21 tahun, setidaknya. Jadi Anda harus tetap fit.

 

7. Bersepeda bersama keluarga
Latihan fungsional dihitung sebagai olahraga juga, seperti menggendong bayi dengan kain gendongan saat berbelanja, atau keluar bersepeda. Alasan untuk menempatkan fitnes Anda di posisi pertama adalah karena keluarga. Bersepeda bersama keluarga, selain baik untuk kesehatan, juga baik sekali digunakan sebagai momen menghabiskan waktu bersama.