FREE TRIAL
Ways To Do Better
PENASARAN MENGAPA OTOT SERING NYERI? INI PENYEBABNYA!

Mari akui saja, berolahraga merupakan aktivitas yang tidak mudah. Dimulai dari menyediakan waktu untuk latihan, menjalankan diet seimbang, dan juga memasang tujuan realistis menurut level fitness masing-masing. Sering kali otot terasa sakit dan hal ini bisa menghalangi aktivitas olahraga. Rasa sakit pada otot umumnya dikarenakan tubuh mencoba jenis olahraga baru dan tubuh belum terbiasa dengan gerakan-gerakan tertentu, apalagi bila baru dilakukan selama beberapa hari atau beberapa minggu pertama.

20 Jun 2019

Seberapa rutin Anda berolahraga? Jika Anda baru memulai latihan dan tubuh belum terbiasa dengan aktivitas fisik tertentu, aktivitas ini dapat menimbulkan sobekan mikro pada otot. Namun, seiring waktu berjalan, tubuh akan terbiasa dengan latihan ini dan otot juga akan terbiasa. Jika Anda sudah rutin berolahraga, rasa sakit pada otot perlahan akan hilang. Terlalu memforsir olahraga juga bisa menyebabkan efek yang sama. Ketika tubuh melakukan sebuah gerakan secara berlebih, efeknya otot juga akan sakit, mungkin selama 3-5 hari, tergantung seberapa keras Anda memaksakan diri.

Jenis latihan apa yang Anda lakukan? Jenis latihan yang Anda lakukan merupakan faktor kunci yang menentukan rasa sakit pada otot yang mungkin terjadi. Tingkatan rasa sakit pada otot sangat bergantung pada jenis latihan apa yang dilakukan. Gerakan yang terlalu keras dan meregangkan otot bisa menjadi jenis latihan yang paling berdampak pada rasa nyeri otot. Contoh paling umumnya adalah leg lift, bicep curl, atau gerakan lain yang menekuk otot kaki.

Apakah Anda melakukan peregangan sebelumnya? Faktor penting lain yang dapat menyebabkan rasa sakit otot adalah kurangnya peregangan sebelum dan sesudah berolahraga. Tapi perlu berhati-hati, karena salah melakukan peregangan juga dapat menyebabkan otot jadi sakit. Ini biasanya terjadi jika peregangan dilakukan terlalu keras dan terlalu bersemangat. Peregangan bisa merusak lapisan otot jika tidak dilakukan dengan benar, karena menyebabkan banyak tekanan pada otot tubuh bagian bawah dan bisa menyakitinya.


Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi nyeri otot? Keadaan ini sangat bisa dihindari. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum dan setelah berolahraga yang akan membantu Anda menghindari nyeri otot akibat aktivitas olahraga:

Tips sebelum berolahraga: Cara terbaik menghindari sakit dan cedera otot adalah pencegahan.

Peregangan: Rutinitas peregangan rutin sebelum berolahraga akan menyiapkan tubuh untuk olahraga dan mengurangi risiko nyeri otot.

Tips setelah berolahraga: Tips lainnya untuk mencegah nyeri otot adalah dengan menambahkan pendinginan pada rangkaian olahraga Anda. Menyiapkan tubuh terhidrasi sebelum dan selama olahraga untuk mencegah keram dan nyeri otot juga ide yang sangat baik.

Pendinginan: Untuk menghindari keram pada tubuh, pendinginan harus dilakukan setelah olahraga intens dengan pendinginan sederhana pada bagian tangan, punggung, dan kaki. Gerakkan bagian tubuh secara perlahan tanpa menekannya terlalu keras. Ini akan mempercepat proses penyembuhan otot pasca berolahraga.

Cara lain yang ampuh menyembuhkan nyeri otot adalah dengan santai dan menunggunya pulih. Nyeri otot akan berkurang dan hilang dalam waktu beberapa hari hingga normal kembali. Tapi yang perlu diperhatikan juga adalah asupan makanan dan istirahat yang cukup selama menunggu nyeri otot hilang. Anda bisa melakukan teknik yang telah disebutkan di atas untuk membantu mengurangi rasa sakit dan membuat Anda merasa lebih baik.

Bagi Anda yang membutuhkan arahan atau mengalami nyeri otot setelah berolahraga, ikuti kelas signature kami: MOVE. Kelas ini akan berisi gerakan-gerakan peregangan dan gerakan yang bertujuan untuk melemaskan otot yang kaku, menguatkan otot, dan mendukung tubuh untuk bergerak sebagaimana mestinya. Dalam kelas berdurasi 45 menit ini, kami dapat membantu Anda memperbaiki mobilitas dan fleksibilitas tubuh.