FREE TRIAL
Ways To Do Better
HARUSKAH ANDA BEROLAHRAGA KETIKA SEDANG SAKIT?

Ketika Anda tiba-tiba merasa tidak enak badan, haruskah Anda melanjutkan latihan atau beristirahat saja di rumah? Temukan jawabannya di sini!

23 Sep 2019

Berolahraga atau beristirahat saja di rumah?

Walau banyak yang bilang bahwa boleh saja berolahraga jika sedang pilek atau sakit kepala, jawabannya tergantung pada diri Anda sendiri. Apa penyebab Anda sakit dan apa yang Anda rasakan ketika sedang sakit. Jika Anda berolahraga dalam keadaan demam, ini bisa menyebabkan meningkatnya suhu internal tubuh yang bisa membahayakan hingga akhirnya membuat jadi lebih sakit.

 

Perhatikan tubuh Anda

Jika sedang memiliki gejala ringan seperti pilek, batuk kering, atau sakit perut, Anda dapat mencoba melanjutkan rutinitas olahraga harian sambil mendengarkan tubuh Anda dan gunakan kemampuan serta pengetahuan terbaik Anda untuk memantau keadaan tubuh untuk memutuskan apakah harus berolahraga atau istirahat dulu di rumah.

Jika gejala makin parah seperti jadi mual, diare, muntah, dan demam tinggi, hindari olahraga berat. Pilihlah aktivitas yang lebih ringan seperti melakuan sesi yoga. Tapi cara yang paling tepat adalah dengan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengambil keputusan dan ikuti aturan sederhana: Hanya lakukan apa yang Anda bisa, dan jangan lakukan olahraga terlalu keras.

 

Ubah cara latihan Anda

Latihan intensitas rendah seperti berjalan santai, yoga, berenang, dan lain-lain adalah beberapa cara yang bagus untuk berolahraga tanpa merasa lelah atau lemas. Latihan intensitas tinggi seperti pergi ke gym, mengangkat beban, dan berolahraga dalam suhu ekstrem dingin atau panas akan mendorong tubuh ke limitnya dan ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Fokus pada latihan intensitas rendah dengan durasi lebih pendek, tidak lebih dari 30 menit.

 

Luangkan waktu untuk beristirahat

Beberapa penyakit membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Untuk pemulihan yang baik, tunggu beberapa saat hingga tubuh kembali pulih dan hanya mulai kembali berolahraga setelah tubuh benar-benar siap. Mulai olahraga dengan perlahan dan buat agar latihan Anda tetap singkat, sediakan cukup waktu agar tubuh kembali bugar.

 

Memilih jenis olahraga yang tepat sama pentingnya dengan mengetahui kapan boleh berolahraga dan kapan tidak boleh. Jika Anda berpikir berolahraga akan membuat Anda merasa lebih baik, pilihlah bentuk latihan yang lebih ringan seperti berenang, berjalan santai, yoga, dan lain-lain.

 


Tubuh kembali bugar dengan kelas signature MOVE. Dalam kelas ini, Anda akan melakukan beberapa teknik peregangan dan melakukan beberapa pola gerakan yang akan membantu melepaskan ketegangan pada otot-otot Anda. Sehabis kelas, Anda akan merasakan peningkatan fleksibilitas, mobilitas, dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tubuh Anda.