FREE TRIAL
Trends & Innovation

INI 5 RESOLUSI NUTRISI DI TAHUN BARU

Mengikuti resolusi nutrisi ini sepanjang tahun akan membuat Anda lebih kuat dan sehat secara fisik maupun mental.

27 Jan 2020

Resolusi kebugaran di tahun baru memang merupakan hal yang biasa, banyak orang memiliki resolusi tahun baru agar dapat hidup lebih bugar. Namun, sering kali resolusi tahun baru ini tidak berhasil tercapai dan bahkan sering terlupakan, padahal masih awal tahun. Berikut adalah lima rencana diet yang dapat Anda coba pada tahun 2020 untuk mencapai tujuan fitnes dan juga asupan gizi optimal.

 

Hindari makanan kemasan

Menyingkirkan semua makanan kemasan dari dapur Anda adalah hal pertama yang harus Anda lakukan, terutama yang mengandung pemanis buatan, pengawet makanan, penyedap rasa, dan pewarna makanan. Beberapa produk tersebut termasuk kudapan, sup kalengan, berbagai jenis kue kering, dan tentu saja, makanan instan.

Sebagai pengganti, Anda bisa membuat sendiri selai kacang atau selai buah yang menggunakan bahan pilihan yang segar. Tujuannya adalah agar Anda dapat terbiasa makan sehat tanpa pengawet buatan. Selain itu, Anda juga bisa membuat saus salad sendiri daripada mengunakan saus salad kemasan yang mengandung kalori tambahan. Buah bit, wortel, dan lobak yang dibeli dari supermarket bisa dibuat acar untuk makanan pembuka yang sehat.

 

Top 5 Nutritional Resolutions for the New Year

Cobalah membuat isi piring Anda berwarna-warni

Jika ingin mengonsumsi makanan penuh nutrisi, caranya cukup mudah. Cobalah untuk menggabungkan 4-5 makanan dengan warna berbeda di piring Anda. Serunya dari cara ini adalah bahwa setiap elemen dalam piring Anda menawarkan tekstur dan rasanya sendiri.

Misalnya, campurkan kol ungu, labu (oranye), daun ketumbar segar (hijau), dan biji wijen hitam untuk membuat salad yang nikmat yang sarat dengan warna dan nutrisi. Selain itu, Anda juga bisa berkreasi dan menambahkan sayur dan buah segar berwarna-warni untuk membuat smoothie yang lezat dan juga sehat.


Top 5 Nutritional Resolutions for the New Year

Jangan lupa mengonsumsi makanan mengandung lemak

Ya, Anda membacanya dengan benar. Lemak! Untuk rencana diet Anda tahun ini, tambahkan juga makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi. Berlawanan dengan kepercayaan umum, lemak adalah aspek penting dari diet Anda, seperti halnya karbohidrat dan protein, karena membantu memberikan energi pada tubuh Anda. Lemak juga berfungsi untuk melancarkan proses tertentu dalam tubuh. Misalnya, vitamin-vitamin tertentu membutuhkan lemak untuk dapat larut ke dalam aliran darah Anda dan memberikan nutrisi.

Asam lemak omega-3 juga sarat dengan nutrisi yang akan membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa contoh makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah salmon, alpukat, biji rami (flaxseed), dan selai kacang.

 

Top 5 Nutritional Resolutions for the New Year

Pilih opsi yang lebih sehat untuk kudapan

Mengudap atau ngemil bisa jadi salah satu aspek yang menyukseskan diet Anda. Gantilah camilan tidak sehat seperti keripik kentang, kerupuk, donat, atau kudapan tinggi karbohidrat dan gula lainnya dengan pilihan yang lebih sehat, yang dapat menjaga gula darah tetap stabil dan meningkatkan level energi.

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan ringan yang terdiri dari protein dan serat karena akan membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa contoh jajanan sehat adalah biji labu, selai kacang, buncis panggang, buah-buahan segar, atau ikan tuna.

Sertakan protein dalam sarapan Anda

Mengonsumsi protein adalah hal pertama di pagi hari yang dapat membantu Anda memulai hari dengan merasa kenyang dan penuh energi. Studi mengungkapkan bahwa memakan protein akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Protein juga penting dalam membangun sel-sel dalam tubuh kita.

Untuk sarapan, jumlah konsumsi protein yang tepat harus sekitar 25% dari kebutuhan protein harian Anda. Beberapa contoh makanan kaya protein yang sempurna untuk sarapan adalah telur, keju, dang reek yogurt. Ayam cincang yang dimasukkan ke dalam telur lalu dipanggang, atau kacang almond yang ditambahkan ke sereal juga dapat memberikan Anda asupan protein yang baik di pagi hari.

 

Tetap sehat tidak hanya semata-mata memiliki berat badan yang ideal, sehat itu juga berarti tingkat energi yang lebih baik serta menambahnya tingkat fokus dan kesehatan mental. Dengan melakukan rencana diet yang disebutkan di atas, Anda akan bisa menjalani kehidupan yang lebih sehat di tahun baru ini, dan tetaplah konsisten untuk menjalankannya sepanjang tahun.