FREE TRIAL
Features

RAIH HASIL FITNESS TERBAIK? MULAI DARI PEMANASAN

Tidak hanya baik untuk mempersiapkan otot Anda, pemanasan yang optimal bisa berdampak hasil latihan yang berkualitas

03 Okt 2021

Kita sering kali lupa satu hal terpenting dari elemen segala jenis latihan kebugaran: pemanasan. Padahal kita cukup sering dengar mengenai pentingnya pemanasan tersebut dalam rangkaian latihan, terutama fungsinya untuk mengurangi kemungkinan cedera. Tidak hanya baik untuk mempersiapkan otot Anda, pemanasan yang optimal bisa berdampak hasil latihan yang berkualitas. Berikut sejumlah penjelasan mengenai pemanasan yang perlu Anda tahu.

 

Apa itu pemanasan?

Pemanasan melibatkan beragam latihan yang berfokus untuk membangun dan meningkatkan pergerakan dasar Anda saat berolahraga. Sederhananya, pemanasan adalah momen untuk mempersiapkan tubuh seperti otot, jantung, atau kaki Anda atau disesuaikan dengan segala jenis gerakan yang akan Anda lakukan selama latihan.

 

Apa pentingnya pemanasan?

Setelah tubuh Anda sudah terbiasa dengan gerakan pemanasan, Anda sudah siap untuk meningkatkan intensitas latihan yang lebih tinggi. Melakukan pemanasan sebelum latihan ternyata memiliki sejumlah manfaat seperti mengurangi resiko cedera selama sesi latihan serta membantu meningkatkan kemampuan Anda bergerak.

 

Bagaimana cara kerja pemanasan untuk mengoptimalkan latihan Saya?

Saat melakukan pemanasan, Anda meningkatkan temperatur tubuh dan peredaran darah ke otot yang akan Anda gunakan untuk latihan. Yang perlu Anda lakukan ketika pemanasan adalah untuk mempersiapkan tubuh dan menghangatkannya, bukan membuat tubuh jadi terlalu menjadi panas. Maka dari itu, lakukanlah gerakan pemanasan yang singkat untuk menghindari kelelahan dan tidak stamina Anda saat latihan. Ada banyak jenis pemanasan yang dapat Anda lakukan seperti SMR, Peregangan Dinamis, Mobilisasi, dan Gerakan Aktivasi, dan masih banyak lagi.



 

 

Apa Itu SMR?

SMR atau self-myofascial release, adalah salah satu metode pemanasan yang cukup popular dikalangan para atlit. Metode ini digunakan untuk melepaskan trigger point sekaligus memperbaiki integritas lapisan tisu pada otot. Saat trigger point ini lepas, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan olahraga dengan lebih baik karena tidak mudah merasakan nyeri pada otot.

 

Apa Itu pemanasan Dinamis?

Selain mengurangi resiko cedera, stretching dinamis sangat baik dilakukan untuk pengkondisian performa atletik Anda sebelum latihan. Banyak atlit dan olahragawan yang senang melakukan pemanasan dinamis karena mudah dan nyaman dilakukan, seperti reverse lunges, knee hugs, leg cradles, dan kneeling hip flexors bisa jadi alternatif untuk melakukan peregangan dinamis. Pemanasan ini melibatkan pengendalian tangan dan kaki dengan perlahan dan membawanya pada lingkup ruang gerak otot Anda. Perlu diingat bahwa pemanasan ini memerlukan Anda mempertimbangkan koordinasi dan Anda harus melakukannya secara terkontrol, lembut, dan terstruktur.

 

Apa Itu Mobilisasi?

Mobilisasi jenis pemanasan yang berfokus pada seluruh tubuh dan bertujuan utnuk meningkatkan kemampuan bergerak dan performa latihan secara efisien. Gerakan pemanasan ini sangat bagus untuk membantu mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan ketika latihan serta dapat meningkatkan postur tubuh.

 

Apa Itu Aktivasi?

Jenis pemanasan ini juga sering dilakukan oleh para atlit, olahragawan, atau pelatih profesional sebelum latihan. Tujuan pemanasan ini adalah untuk membangunkan otot Anda (biasanya berfokus pada core serta panggul) dan meningkatkan kekuatan serta meminimalisir resiko cedera ketika latihan dengan intensitas yang tinggi. Beberapa contoh gerakan utnuk pemanasan aktivasi yaitu plank (dan side plank), glute bridge, miniband forward dan lateral walks. Lakukan beberapa set (dengan 10-15 repetisi tiap set) dengan gerakan yang perlahan dan terkontrol untuk mendapatkan hasil terbaik.