FREE TRIAL
Ways To Do Better
TINGKATKAN POSTUR TUBUH DARI KANTOR DENGAN CARA INI

Seperti yang sudah Anda tahu, postur yang buruk saat duduk di meja kerja dapat menjadi sebab nyeri leher dan punggung secara berulang.

13 Sep 2019

Duduk di meja sepanjang hari tampaknya kini telah menjadi tren bagi generasi pekerja muda. Dan seperti yang sudah Anda tahu tren ini dapat menjadi sebab nyeri leher dan punggung secara berulang. Tapi tidak perlu khawatir, postur tubuh di meja kerja dapat diatur dan dikendalikan dan relatif mudah diubah.


1. Usahakan postur tubuh netral -

Postur netral adalah ketika postur Anda sesuai dengan posisi alami tulang belakang Anda- sepenuhnya lurus dari kepala ke kaki. Namun jika posisi ini tidak dilakukan, misalnya duduk dengan membungkuk atau menyender dengan cara yang salah, dapat menyebabkan kompresi di tulang belakang, mencubit saraf, dan membuat otot tegang.

Ciptakan postur netral di meja kerja Anda dengan mengatur monitor komputer setinggi pandangan mata sehingga kepala Anda tidak perlu terlalu menunduk atau miring. Bahu dan punggung Anda harus lurus dan rata, sepenuhnya dapat menyender di kursi. Kaki rata di tanah dengan lutut membentuk 90 derajat dan hindari posisi kaki menyilang. Gunakan penopang lumbar agar punggung tetap lurus dan mencegah posisi bungkuk jika diperlukan.


2. Jika badan terasa sakit, lacak rasa sakitnya-

Untuk mencegah masalah tulang belakang, Anda harus sigap melacak jika badan terasa nyeri. Pantau gejalanya seperti rasa kaku, nyeri, atau bahkan luka yang mungkin terjadi di punggung, bahu, dan leher. Lacak gejala ini setiap beberapa hari sekali dan kenali pola dan distribusi rasa sakitnya. Dengan cara ini, Anda akan tahu lebih cepat jika ada masalah yang mungkin terjadi di tubuh Anda dan faktor apa yang jadi penyebabnya atau mungkin memperparah rasa sakitnya. Pengamatan ini dapat membantu untuk mengubah rutinitas Anda dan memperbaiki postur tubuh Anda dan secara sadar mencegah rasa sakit di area-area tersebut.


3. Sempatkan beristirahat -

Kebanyakan kerja tanpa beristirahat membuat hidup jadi membosankan! Dan tahukah Anda, bahwa penyebab postur buruk di meja kerja yang menyebabkan nyeri punggung adalah sedikitnya gerakan dan aktivitas yang dilakukan selama duduk di depan monitor. Gerakan teratur dan aktivitas fisik setiap 30 menit diperlukan untuk mengurangi risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh duduk di meja kerja. Untuk mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan pekerjaan kantoran, luangkan waktu untuk istirahat yang dijadwalkan dan lakukan beberapa latihan peregangan di meja Anda sendiri. Berjalan cepat di sekitar meja kantor juga dapat dilakukan dan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah.


4. Gunakan furnitur kerja yang ergonomis -

Untuk mendukung semua upaya di atas tadi, gunakan juga kursi ergonomis dan perlengkapan lain untuk mendorong postur netral di meja kerja dan membantu menjagakes elarasan tulang belakang Anda. Meja dan kursi kerja ergonomis dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh setiap orang sehingga meja kerja dan postur tubuh Anda akan selaras.




5. Stretching!

Memang sulit untuk menemukan waktu luang saat bekerja, apalagi yang didedikasikan khusus untuk menyelaraskan tubuh kembali. Tapi ini dapat dilakukan dengan membuat jadwal stretching sendiri. Atur pengingat di ponsel Anda untuk menjadikan ini kebiasaan. Peregangan dari meja kerja Anda dapat diatur setiap 30 menit sekali dan berjalan-jalan di sekitar meja kerja Anda setiap 1-1,5 jam sekali.


Sepulang bekerja, sepatkan untuk ke gym dan coba ikuti kelas signature kami seperti kelas MOVE yang membantu tubuh Anda bergerak sebagai kompensasi telah berdiam selama lebih dari delapan jam di meja kerja. Kelas ini akan membuat tubuh bergerak dan melemaskan otot-otot yang tegang, memberi energi, dan mendorong tubuh Anda untuk terus aktif. Gentle Flow Yoga merupakan cara bagi Anda untuk tetap fit dan rileks selepas dari ketegangan bekerja. Kelas ini juga membantu menghilangkan stres dan ketegangan dan membantu agar pikiran tetap tenang.