FREE TRIAL
Ways To Do Better
APA ITU METABOLISME DAN BAGAIMANA CARA MEMPERCEPATNYA?

Bagi orang awam, metabolisme simpelnya adalah proses mencerna makanan yang telah dikonsumsi. Namun, dari perspektif saintifik yang akurat, istilah metabolisme meliputi dua proses fundamental, yaitu katabolisme dan anabolisme.

24 Jun 2019

Untuk sebagian orang, proses metabolisme yang cepat bisa diturunkan dari orang tua, tapi untuk sebagian lainnya, proses metabolisme bisa terjadi dengan tingkat berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, bahkan bagaimana cara tubuh merespons proses ini.

Usia, jenis kelamin, dan faktor genetik memang tidak bisa dikontrol, tapi tetap ada cara untuk menambah efektivitas metabolisme. Di bawah ini 10 cara ampuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh:

1. Olahraga setiap hari: 
Berolahraga setiap hari mendorong konsumsi energi dan akhirnya mempercepat metabolisme tubuh. Berolahraga membakar kalori dan semakin banyak berolahraga, kalori akan semakin banyak terbakar juga. Dengan terbakarnya kalori, akan semakin banyak karbohidrat dan lemak yang diproses tubuh lewat metabolisme. Faktanya, orang dengan metabolisme tubuh lebih tinggi cenderung terus membakar kalori, bahkan setelah selesai berolahraga.

 



2. Menambah massa otot: Membentuk otot dengan olahraga beban maupun cara lain juga berperan meningkatkan metabolisme. Sudah menjadi fakta populer bahwa semakin berotot tubuh, semakin banyak juga energi yang dibutuhkan tubuh. Karena itulah, menambahnya massa otot pada tubuh akan mempercepat proses metabolisme. Manfaat lain melatih otot adalah tubuh jadi lebih fleksibel, aktif, dan lebih rendah berisiko terhadap penyakit jantung.

3. Perbanyak konsumsi protein: Konsumsi makanan berperan penting untuk mempercepat metabolisme tubuh. Makanan seperti putih telur, daging rendah lemak, ikan, kacang-kacangan, dan tahu akan berefek sangat baik bagi kesehatan tubuh dan perlu ditambahkan dalam menu makan harian Anda.

4. Penuhi asupan cairan: Air sangat penting untuk memproses kalori dan dehidrasi dapat berefek pada melambatnya proses metabolisme tubuh. Fakta menarik, meminum air dingin bisa sedikit mempercepat proses metabolisme karena tubuh menggunakan energi untuk menghangatkannya.

5. Bukan makan lebih banyak, tapi makan lebih sering: Makan besar dengan jangka waktu antara makan lebih panjang merupakan cara yang kurang efektif dan dapat menyebabkan melambatnya proses metabolisme daripada makan dengan porsi sedikit namun frekuensi lebih sering. Jadi cobalah makan 6-8 porsi kecil dalam sehari sebagai ganti makan besar 3 kali sehari.

6. Tambahkan rasa pedas ke makanan: Makanan pedas menambah metabolisme dalam kadar tertentu, Capsaicin, kandungan yang ditemukan dalam cabai telah lama diketahui dapat membakar lemak tubuh. Makanan pedas juga membuat lebih cepat kenyang, sehingga cenderung membuat makan lebih sedikit. Tapi berhati-hati dengan makanan pedas jika Anda punya masalah pencernaan. 

7. Konsumsi teh hijau: Teh hijau mengandung kafein yang baik untuk mempercepat metabolisme dan juga membantu mengurangi berat badan.

8. Istirahat cukup: Salah satu elemen kesehatan tubuh yang sering diabaikan adalah tidur cukup. Selama tidur, tubuh memulihkan dirinya sendiri dan dengan istirahat cukup, secara tidak langsung dapat mempercepat metabolisme tubuh. 

9. Konsumsi Vitamin B: Vitamin ini berperan penting mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Ketika tubuh tidak mendapatkan Vitamin B cukup dari makanan, metabolisme akan melambat, membuat tubuh cepat letih dan berisiko lebih tinggi terhadap penyakit. Makan lebih banyak bayam, melon, brokoli, protein rendah lemak seperti kacang-kacangan, telur, dan ikan untuk memenuhi asupan Vitamin B tubuh.

10. Makan kacang-kacangan: Kacang almond dianggap baik untuk kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal (monosaturated fat) yang memiliki efek pada level insulin, membuat tubuh cepat kenyang sehingga makan dalam porsi yang lebih sedikit.

Sedikit pengaturan pada pola makanan dan olahraga sehari-hari akan mempercepat metabolisme tubuh dan memperbaiki suasana hati. Jadi, tanpa basa-basi lagi, buatlah perubahan positif ini dalam gaya hidup Anda, dan nikmati indahnya memiliki tubuh dengan metabolisme maksimal!