FREE TRIAL
Eating Well

INGIN DAPATKAN TIDUR YANG BERKUALITAS? TERAPKAN POLA MAKAN BERIKUT!

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sebelum tidur dapat berpengaruh terhadap kualitas istirahat Anda di malam hari

01 Des 2021
Apakah Anda pernah tersadar jika pola makan Anda ikut berubah setelah mengalami kurang tidur di malam sebelumnya? Jika sebelumya kita pernah membahas hubungan antara pola istirahat dan pengaruhnya terhadap kualitas sosial Anda, kali ini kita akan mencari tahu alasan ilmiah mengapa seseorang yang kurang tidur cendrung memiliki pola makan yang tidak terkontrol. 


Hubungan antara pola makan dan kualitas istirahat lebih kompleks dari sekadar pemahaman mengenai kandungan kafein yang membuat Anda terus terjaga di malam hari. Anda juga perlu memahami ritme sikardian atau siklus 24 jam yang merupakan bagian dari jam internal tubuh; kapan dan bagaimana seharusnya tubuh bekerja saat tidur, bekerja, berolahraga, atau tidur. Jam internal tubuh dapat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah makanan yang Anda konsumsi.


Penelitian mengungkapkan, kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi sebelum tidur dapat mengganggu jam internal tubuh Anda dan berpengaruh pada kualitas isitrahat di malam hari. Oleh karena itu, pilihan makanan yang Anda konsumsi di malam hari juga penting untuk menjaga jam internal tubuh. Pilihan makanan yang buruk bisa berakibat buruk tidak hanya pada pola istirahat Anda, tapi juga resiko penurunan kebugaran.


Jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan, akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan pola istirahat yang baik. Lantas, seperti apa kebiasaan makan yang perlu diterapkan untuk mendapatkan kualitas istiahat yang baik? Berikut rangkumannya untuk Anda!

Konsumsi makanan mengandung fiber

Hasil studi pada 12.000 orang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya fiber pada siang hari dan menjelang tidur bisa memperoleh waktu tidur yang sehat yakni 6-8 jam. Sementara mereka yang kurang asupan fiber (atau tidak mengonsumsi sama sekali) lebih rentan sulit tidur dan memperoleh durasi tidur kurang dari 5 jam. Makanan-makan tinggi fiber seperti bubur oat, kacang-kacangan, buah, dan sayur mudah dicerna sehingga dapat menjaga jam internal tubuh. 


Kurangi makanan manis

Tidak hanya merusak gigi Anda, mengonsumsi makanan manis sebelum tidur juga justru membuat Anda lebih aktif dan sulit untuk beristirahat. Gula berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak serta memberi energi secara instan untuk tubuh. Meski demikian, bukan berarti Anda harus menyingkirkan makanan manis di menu makan malam Anda. Ada sejumlah jenis makanan manis yang aman dikonsumsi di malam hari seperti buah-buahan. Mengonsumsi buah-buahan juga akan membuat Anda kenyang hingga pagi.


Protein harus selalu tersedia

Daging ayam, ikan, daging rendah lemak, kacang-kacangan, makanan-makanan ini tidak hanya bagus untuk meningkatkan performa olahraga Anda tetapi juga bisa membantu Anda mendapatkan istirahat yang berkualitas. Ketika kebutuhan protein Anda terpenuhi sebelum tidur, tubuh akan melepaskan triptofan, asam amino yang dapat merangsang tubuh untuk istirahat dan membuat Anda merasa lebih tenang. 


Konsumsi hidangan mediterania

Hidangan mediterania banyak mengandung buah-buahan, sayur, minyak dan buah zaitun, makanan laut, dan yoghurt Yunani. Makanan ini banyak dikonsumsi oleh para kaisar mediterania saat dulu bukan tanpa alasan. Beberapa manfaatnya seperti meningkatkan fungsi hati, memperlambat proses penuaan, hingga terbukti ampuh mengatasi masalah tidur. Ini dikarenakan banyaknya lemak sehat dan serta yang terkandung dalam makanan-makan tersebut.


Kesimpulannya, tidur merupakan kebutuhan yang paling mendasar, yang harus selalu terpenuhi agar Anda mendapatkan kualitas hidup yang baik. Saatnya menjadi lebih bijak dalam menjaga pola makan Anda sebelum tidur!