FREE TRIAL
Tips

TRIK OLAHRAGA SIMPEL UNTUK DILAKUKAN SAAT BERPUASA

Lakukan trik ini dan berolahragalah di mana saja.

29 Jan 2019

Meski sedang berpuasa, bukan berarti Anda harus menunda fitness goal Anda ke bulan depan. Masih banyak alternatif olahraga yang tetap bisa Anda lakukan di bulan Ramadan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan tetap berolahraga di bulan Ramadan seperti memperlancar metabolisme tubuh, menjaga berat badan, dan menjaga agar tubuh tetap prima.

 

Berikut sejumlah alternatif olahraga yang bisa Anda lakukan selama berpuasa.

1. Lakukan squat selama menonton televisi atau bahkan saat menggosok gigi saat sahur

Kenapa? Karena squat itu sulit dilakukan dan biasanya pemula tidak bisa menyelesaikan gerakan ini dengan baik. Jadi cara mengakalinya adalah dengan membuat pengalih perhatian saat melakukan olahraga ini. 

 

Di sisi lain, squat merupakan olahraga yang penting, merupakan salah satu gerakan fondasi fitness. Gerakan ini melibatkan banyak jenis otot dan sendi. Ketika melakukan squat, Anda melatih otot paha depan, paha belakang, perut, bokong, punggung bawah, pinggul, lutut, betis, dan pergelangan kaki.

Nah, sekarang Anda tahu betapa pentingnya gerakan ini, ayo mulai bergerak dan buatlah pengalih perhatian misalnya sambil menonton tv atau menggosok gigi, tapi tetap perhatikan sekitar dan keselamatan Anda juga, ya!

Tentunya ada manfaat yang sangat besar dari latihan ini, bagian bawah tubuh Anda akan jadi kuat dan fleksibel. Ini sebagai modal besar untuk mempermudah mencapai tujuan fitness Anda. 

 

Perlu diingat #1: Squat untuk kesuksesan olahraga Anda, lakukan sebanyak dan sesering mungkin untuk hasil yang cepat dan luar biasa. 

 

2. Hindari parkir VIP atau valet 

Tubuh Anda harus bergerak, hindarilah fasilitas parkir khusus baik di parkiran kantor, gym, atau di mall. Parkirlah kendaraan lebih jauh, tapi pastikan di tempat yang tertib dan aman, lalu berjalanlah ke tempat tujuan (walaupun hanya berjarak 100 meter lebih jauh dari tempat parkir biasa). 

 

Berjalan sangat penting bagi kesehatan karena menurut riset, berjalan secara rutin (atau agar lebih bagus lagi, berolahraga) bisa menurunkan tekanan darah dan memodifikasi sistem saraf sedemikian rupa sehingga kita tidak mudah marah dan jengkel. Mulailah hari dengan mood yang baik, dan setiap langkah Anda di hari itu tidak akan terkalahkan!

 

Perlu diingat #2: Dengan rutin berjalan kaki, bisa menjauhkan Anda dari kunjungan dokter.



3. Gunakan tangga

Untuk melengkapi squat dan aktivitas bergerak Anda di nomor 1 dan 2, gunakanlah tangga dan hindari naik elevator. Jika Anda sukses mengombinasikan ketiga olahraga ini, Anda hebat dan luar biasa! Tujuan fitness Anda tentu akan lebih mudah dicapai. Riset menunjukkan, naik tangga dapat menambah energi, baik untuk kesehatan jantung, dapat mencegah diabetes, dan juga baik untuk kesehatan psikologis. 

Perhatikan juga keselamatan Anda dalam bergerak, ketahui dulu jumlah anak tangga dan menaikinya dulu dengan perlahan sebelum mulai menaiki tangga dengan cepat. Ikuti kelas Basic Step untuk hasil lebih maksimal.

 

Perlu diingat #3: Jangan terlalu terburu-buru mengejar tujuan fitness Anda, dengarkan tubuh Anda saat latihan untuk menghindari cedera.



#4 Gunakan bola fitness sebagai pengganti kursi kerja, tapi pelajari dulu faktanya

Trik ini sudah digunakan sejak awal 2000-an, dan masih populer. Menggunakan bola fitness sebagai kursi kerja dapat melatih otot perut dan membakar kalori hanya dengan berdiam duduk. Ini seperti berolahraga tanpa harus bergerak! 

 

Namun, beberapa riset menunjukkan bahwa duduk di atas bola fitness dan bukan di kursi kerja tidak sebanyak itu keuntungannya, malah dapat merugikan kesehatan dan dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Jadi kami menyarankan untuk melakukan olahraga ini di gym, bukan di kantor.

 

Tapi ada pesan yang sangat penting yang harus diingat tentang tubuh yang tidak aktif, kebiasaan ini dapat merugikan kesehatan, apalagi jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Seperti yang dikatakan di poin 2, tubuh harus bergerak. Dan satu studi analisis menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang selama 65-70 menit per hari perlu dilakukan sebagai kompensasi dari duduk terlalu lama di kantor. Dan Anda masih tetap harus berdiri dari duduk setiap 30 menit sekali. Catat ini di aplikasi kesehatan di telepon genggam Anda.

 

Perlu diingat #4: Jangan hanya duduk dan terlalu sibuk bekerja. Bangun dan bergeraklah sesering yang Anda bisa. Kesehatan Anda bergantung pada kebiasaan ini.