Peraturan Club Fitness First Indonesia - Persyaratan & Peraturan Gym
  • klub fitness first di indonesia ("klub")
    Klub dikelola oleh PT. Fitness First Indonesia (“Perusahaan”) yang memiliki tujuan utama untuk menyediakan fasilitas kesehatan dan santai bagi Anggota Klub dan Tamu mereka. Klub Asal adalah tempat dimana Anggota bergabung. Perusahaan telah menunjuk suatu tim pengelola (“Pengelola”) yang bertangung jawab terhadap operasional Klub.
  • SYARAT KEANGGOTAAN

    a)  Keanggotaan bersifat pribadi terhadap anggota dan tidak bisa dialihkan, tidak bisa dipindahtangankan dan tidak bisa dikembalikan. Seorang anggota tidak bisa meminjamkan kartu keanggotaan untuk dipakai oleh pihak ketiga. Perusahaan boleh mengalihkan manfaat dari semua perjanjian kepada perorangan, usaha atau perusahaan apapun di setiap waktu tanpa pemberitahuan kepada anggota.


    b)  Keanggotaan hanya berlaku apabila semua detil informasi keanggotaan yang diperlukan telah tercatat jelas dan lengkap didalam formulir aplikasi keanggotaan. Karena merupakan kewajiban anggota untuk memberikan perubahan secara tertulis. Keanggotaan dapat dihentikan sementara jika perubahan data tidak diberikan oleh anggota.


    c)  Semua keanggotaan baru dan pemindahan keanggotaan harus mendapatkan persetujuan dari Pengelola. Pengelola memiliki hak untuk menolak permohonan keanggotaan Klub dengan alasan apapun.


    d)  Setelah diterima, anggota akan diberikan kartu keanggotaan (yang mana tetap menjadi barang milik Perusahaan) dan anggota akan menerima semua hak dan kemudahan di masing-masing kelas keanggotaan. Jika kartu keanggotaan hilang atau tidak ditemukan, pengelola akan mengeluarkan kartu pengganti dengan biaya Rp 100,000. Hal ini diberlakukan karena Fitness First perlu memprogram ulang kode keamanan di kartu yang baru dan mengganti biaya-biaya administrasi yang ada.


    e)  Keanggotaan tidak dapat dipindahtangankan namun pada kasus tertentu dapat dilakukan. Pemindahan keanggotaan hanya dapat dilakukan satu kali untuk satu keanggotaan dan akan dikenakan biaya transfer sebesar biaya administrasi yang berlaku. Anggota yang baru akan membayar biaya bulanan yang berlaku pada saat ini. Anggota yang baru tidak akan mendapatkan Starter Pack dan voucher BodyStart.


    f)  Setiap anggota yang ingin masuk Klub tanpa kartu keanggotaan yang berlaku hanya diperbolehkan untuk masuk dengan keputusan mutlak dari Pengelola.


    g)  Jenis Keanggotaan

         i. Keanggotaan Home/Platinum Home: anggota hanya bisa memakai fasilitas Klub Asal.


         ii. Keanggotaan Home + 1: anggota hanya bisa memakai fasilitas Klub Asal dan satu Klub lain yang telah ditentukan.


         iii. Keanggotaan Platinum Passport: anggota bisa memakai semua Klub Fitness First dan Fitness First Platinum yang ada di Indonesia dan beberapa negara lainnya.


         iv. Keanggotaan Passport: anggota bisa memakai semua Klub Fitness First Premium yang ada di Indonesia.


         v. Keanggotaan Lifestyle adalah keanggotaan terikat selama minimal 12 bulan, tidak termasuk masa pembekuan/cuti. Apabila anggota ingin membekukan keanggotaannya untuk jangka waktu tertentu, masa pembekuan tidak mempengaruhi masa komitmen 12 bulan tersebut dan keanggotaan akan diperpanjang sesuai jumlah bulan selama pembekuan dilakukan.


         vi. Keanggotaan Lifestyle+ adalah keanggotaan terikat selama minimal 18 bulan, tidak termasuk masa pembekuan/cuti. Apabila anggota ingin membekukan keanggotaannya untuk jangka waktu tertentu, masa pembekuan tidak mempengaruhi masa komitmen 18 bulan tersebut dan keanggotaan akan diperpanjang sesuai jumlah bulan selama pembekuan dilakukan.


         vii. Keanggotaan tersedia bagi perorangan yang sudah mencapai umur minimal 14 tahun. Pemohon yang dibawah umur 17 tahun harus memberikan surat persetujuan dari orang tua/wali.


         viii. Keanggotaan Premier memiliki komitmen minimal 4 bulan dan secara otomatis akan dilanjutkan setelah minimal 4 bulan masa kontrak.


         ix. Keanggotaan Lifestyle secara otomatis akan dilanjutkan setelah minimal 12 bulan masa kontrak. Apabila terdapat pembatalan dengan alasan apapun selama 12 bulan masa kontrak, maka anggota akan diharuskan membayar denda sebesar Rp 600,000 sebut sebagai Pelanggaran Kontrak.


         x. Keanggotaan Lifestyle+ secara otomatis akan dilanjutkan setelah minimal 18 bulan masa kontrak. Apabila terdapat pembatalan apapun selama 18 bulan masa kontrak, maka anggota akan diharuskan membayar denda sebesar Rp 750,000 sebut sebagai Pelanggaran Kontrak.


         xi. Keanggotaan Dual Akses: anggota bisa menggunakan Fasilitas Fitness First dan Celebrity Fitness yang ada di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Tipe membership Dual Akses akan dijelaskan lebih rinci di dalam addendum Dual Akses yang wajib dilengkapi oleh member.


         xii. Keanggotaan Month By Month (MBM) tidak memiliki komitmen minimum bulanan dan secara otomatis akan berlanjut tiap bulannya.

  • biaya keanggotaan
    a)  Semua anggota harus membayar Biaya Pendaftaran dan Biaya Administrasi awal dalam jumlah yang sudah ditentukan. Biaya tersebut tidak dapat dikembalikan dan harus segera dibayar saat diterima sebagai anggota. Biaya Pendaftaran dan Biaya Administrasi dapat berubah tanpa pemberitahuan.


    b)  Fitness First tidak mengembalikan Biaya Pendaftaran, Biaya Administrasi atau Iuran Keanggotaan dalam situasi dan kondisi apapun termasuk juga semua pembayaran dimuka.


    c)  Iuran bulanan akan jatuh tempo pada tanggal 1 dari setiap bulan melalui kartu kredit/pendebitan langsung dari bank sesuai indikasi tanda tangan Anda pada formulir permohonan keanggotaan. Kelalaian untuk memakai atau tidak dipakainya fasilitas Klub tidak dapat menghapus kewajiban anggota untuk membayar semua iuran tepat waktu.


    d)  Jumlah dari otorisasi kartu kredit harus cukup untuk menutupi minimal tiga bulan iuran. Apabila Fitness First tidak berhasil melakukan auto billing dari kartu kredit anggota, maka anggota akan dihubungi setiap awal bulan untuk melakukan pembayaran langsung kepada klub dengan dikenakan biaya pemrosesan sebesar Rp. 30,000. Pembayaran yang dilakukan setelah tanggal 20 bulan tersebut akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50,000.


    e)  Tagihan yang tidak disanggah dalam waktu 14 hari setelah dihitung oleh Klub tidak bisa dikembalikan untuk selanjutnya.


    f)  Pengelola memiliki hak untuk membatalkan setiap keanggotaan dimana biaya-biaya tidak dibayar selama dua bulan. Tindakan hukum akan diambil untuk mengembalikan biaya yang belum dibayar dari anggota.


    g)  Keanggotaan yang terputus mengharuskan anggota untuk bergabung kembali dengan Biaya Pendaftaran yang saat itu berlaku.


    h)  Pengelola memiliki hak untuk memperkenalkan dan merubah harga dan jenis keanggotaan dari waktu ke waktu. Semua biaya bisa berubah sewaktu-waktu.


    i)  Perpindahan kategori keanggotaan ke tingkat yang lebih rendah akan dikenakan biaya Rp 175,000 yang cukup dibayar sekali saja. Sebaliknya untuk perpindahan ke kategori yang lebih tinggi tidak dikenakan biaya apapun.


    j)  Fitness First akan menaikkan biaya bulanan keanggotaan setiap 12 bulan. Jika anggota telah membayar iuran keanggotaan dimuka, Fitness First berhak untuk menaikkan harga ketika anggota tersebut ingin memperpanjang keanggotaannya.
  • PEMBEKUAN / CUTI KEANGGOTAAN
    a)  Anggota tidak dapat membekukan keanggotaannya dalam 4 bulan pertama kontrak.


    b)  Biaya pembekuan Rp 200,000 perbulan akan dikenakan. Tanggal terakhir untuk pengajuan cuti adalah tanggal 15 pada bulan sebelumnya.


    c)  Pembekuan hanya dapat dimulai dari tanggal satu setiap bulannya setelah permintaan disetujui. Dokumen pendukung dari anggota akan diperlukan dan tidak diperkenankan untuk membekukan keanggotaan pada bulan yang telah berjalan.


    d)  Waktu minimum pembekuan adalah tidak kurang dari 3 bulan dan tidak melebihi 12 bulan dan tidak dapat digunakan sebagai bagian dari masa pemberitahuan untuk pemberhentian membership.


    e)  Pembekuan hanya akan disetujui jika alasan ketidakmampuan menggunakan fasilitas klub dianggap tepat. Anggota tidak dapat memasuki area klub saat membershipnya dibekukan.
  • penghentian keanggotaan

    a)  Anggota harus memberikan pemberitahuan sekurangnya satu bulan kalendar (bulan kalendar mulai dari tanggal 1 dari bulan tersebut) secara tertulis dan ditujukan kepada General Manager Klub Asal untuk menghentikan keanggotaan. Pemberitahuan harus diberikan sebelum akhir bulan dan bulan berikutnya yang akan dianggap sebagai bulan terakhir dari iuran.


    b)  Penghentian keanggotaan yang telah dibekukan akan dikenakan iuran bulanan sepenuhnya untuk jangka waktu pemberitahuan.


    c)  Anggota bisa mengajukan permohonan untuk menghentikan keanggotaan dengan mengisi Formulir Penghentian Keanggotaan. Iuran yang dibayar dimuka tidak dapat dikembalikan.


    d)  Anggota tidak bisa menghentikan keanggotaan selama empat bulan pertama dari keanggotaan.


    e)  Anggota wajib menyerahkan kartu keanggotaannya pada saat mengajukan pengehentian keanggotaan.
  • keadaan fisik anggota
    a)  Anggota menjamin dan menyatakan bahwa anggota dalam kondisi fisik yang baik dan bahwa anggota tidak memiliki alasan kesehatan atau lainnya dimana anggota tidak mampu melakukan latihan fisik yang aktif atau pasif dan bahwa latihan fisik tersebut tidak akan merugikan kesehatan, keselamatan, kenyamanan atau kondisi fisik yang bersangkutan.


    b)  Anggota tidak akan menggunakan fasilitas Klub saat menderita setiap infeksi atau penyakit menular, kurang sehat atau gejala lain seperti luka terbuka, pembengkakan, bisul terbuka atau infeksi ringan, dimana ada resiko merugikan kesehatan, keamanan, kenyamanan atau keadaan fisik anggota lainnya.


    c)  Anggota dan para tamunya melakukan latihan fisik dan memakai fasilitas Klub dengan menanggung resiko sendiri dan disarankan untuk konsultasi dengan dokter sebelum menjalankan jenis latihan apapun.
  • pembatasan tuntutan
    Dalam hal Pengelola menerima permohonan untuk keanggotaan Klub yang bersangkutan menjadi dan tetap sebagai anggota Klub, anggota menyetujui bahwa:


    a)  Fitness First menolak bertanggung jawab untuk kehilangan atau kerusakan terhadap barang milik anggota atau tamunya atau untuk kematian atau luka-luka yang dialami selama berada dilingkungan Klub. Anggota dan tamunya setuju bahwa tidak ada tuntutan yang akan dilakukan terhadap Pengelola atau karyawan Fitness First untuk alasan apapun juga.


    b)  Fitness First, perusahaan afiliasinya, karyawan atau agennya tidak akan bertanggung jawab untuk setiap tuntutan, permintaan, kecederaan, kerusakan atau tindakan kelalaian yang timbul karena kematian atau karena kecederaan, kehilangan, kerusakan atau kecurian terhadap pribadi anggota atau barang miliknya yang timbul atau yang berkaitan dengan penggunaan jasa, fasilitas apapun yang berada dalam lingkungan Fitness First oleh anggota. Anggota dengan ini, melepaskan Perusahaan, Fitness First, perusahaan afiliasinya, karyawan dan agennya dari semua tuntutan yang mungkin dituduhkan terhadap mereka oleh atau atas nama anggota untuk kecederaan atau tuntutan apapun tersebut yang sudah disebutkan.


    c)  Pengunjung sementara diharapkan menyetujui untuk mematuhi peraturan Klub dan pembatasan tuntutan yang sama untuk anggota juga berlaku.
  • pencabutan keanggotaan
    Pengelola berhak mencabut keanggotaan setiap anggota:
    a)  Tanpa pemberitahuan dan langsung berlaku jika perilaku anggota, tidak peduli apakah perilaku tersebut dikeluarkan oleh anggota lainnya, yang menurut Pengelola membahayakan karakter dan/atau kepentingan Klub.


    b)  Tanpa pemberitahuan dan langsung berlaku jika anggota telah melanggar peraturan-peraturan ini atau peraturan dan ketentuan Klub yang berlaku dari waktu ke waktu.


    c)  Jika iuran bulanan anggota, biaya locker atau biaya jasa tetap belum dibayar setelah jatuh tempo pembayaran.


    d)  Dengan pemberitahuan tertulis, Perusahaan memandang bahwa anggota memiliki kepribadian yang tidak sesuai untuk meneruskan keanggotaan. Pengelola memiliki hak untuk mencabut keanggotaan tanpa harus memberi alasan apapun juga.


    e)  Anggota yang keanggotaan telah dicabut oleh Pengelola akan kehilangan semua kemudahan dari keanggotaan dengan langsung berlaku tanpa bisa menuntut pengembalian uang dari Biaya Pendaftaran atau iuran bulanan keanggotaan, selain dari iuran anggota bulanan yang dibayar dimuka. Pada saat pencabutan keanggotaan maka anggota harus mengembalikan untuk seterusnya kartu keanggotaannya dan bukti lain apapun atau barang milik keanggotaan yang diberikan kepada anggota oleh club dan untuk melunasi setiap hutang yang belum dibayar.
  • tamu

    a. Anggota yang membawa tamu harus memastikan bahwa tamu telah mendapatkan tanda masuk tamu dan telah membayar biaya tanda masuk tamu yang berlaku untuk mendapatkan kartu tanda masuk.


    b. Tamu memiliki kemudahan keanggotaan yang sama dengan anggota yang membawanya dan taat pada peraturan dan pembatasan tuntutan yang sama dengan anggota. Adalah tanggung jawab anggota yang membawa tamu untuk memastikan bahwa tamu mentaati peraturan Klub.


    c. Pengelola memiliki hak untuk mengeluarkan tamu dari Klub tanpa harus memberi alasan apapun dan merubah biaya yang dikenakan untuk kartu tanda masuk tamu dari waktu ke waktu.


    d. Kartu tamu ( Guest Pass ) hanya berlaku bagi tamu yang tidak memiliki keanggotaan di Celebrity Fitness ataupun Fitness First.
  • kesehatan dan keselamatan
    a)  Semua anggota dihimbau untuk membuat janji untuk melakukan penilaian kebugaran yang dilakukan oleh Pelatih Kebugaran sebelum melakukan suatu program latihan.


    b)  Anggota harus mementingkan anggota lainnya dan membersihkan peralatan dengan handuk tangan terutama pada jam-jam sibuk.


    c)  Pelatih Kebugaran berhak untuk menghentikan siapapun dari latihannya jika orang tersebut dianggap melakukan latihan dengan gaya yang bisa mengakibatkan cedera pribadi dan/atau terhadap orang lain. Pemakai peralatan harus taat terhadap pengarahan oleh Pelatih Kebugaran.


    d)  Merokok tidak diperbolehkan di semua lingkungan Klub.


    e)  Demi kepentingan kesehatan dan higienis, semua pemakai Klub harus mandi sebelum masuk ke ruangan sauna/uap.


    f)  Anggota atau tamu tidak boleh menggunakan
  • jam operasional
    Jam operasional biasa Klub dicantumkan pada pintu masuk Klub dan papan pengumuman. Pengelola memiliki hak untuk merubah jam tersebut untuk tujuan kegiatan pembersihan, dekorasi, perbaikan, acara khusus dan hari-hari libur. Pengelola akan berusaha untuk memberi pengumuman yang wajar mengenai perubahan dari jam operasional.
  • pakaian
    Semua anggota dan tamu harus memakai pakaian latihan yang layak. Pakaian atas diharuskan untuk menutupi bagian dada, pakaian yang berlubang tidak diperbolehkan. Pemakaian sepatu yang menutupi jari kaki, tidak meninggalkan bekas, dan beralaskan karet diharuskan setiap saat didalam gymnasium dan didalam ruangan aerobik.
  • fasilitas klub
    a)  Pengelola menolak semua tanggung jawab untuk kehilangan atau kerusakan pada barang milik anggota yang disimpan didalam locker harian/pribadi untuk alasan apapun juga.


    b)  Tanpa adanya pemberitahuan dan/atau persetujuan terlebih dahulu dari Fitness First untuk kepentingan promosi, kamera atau alat perekam foto/video lainnya termasuk telepon genggam yang memiliki alat perekam seperti yang dimaksud tersebut, dilarang digunakan untuk pengambilan gambar atau rekaman dalam lokasi klub terutama di area tempat ruang ganti. Untuk menunjang keamanan dan melindungi para Anggota Fitness memiliki loker pengamanan yang terletak diluar dari ruang ganti dan diawasi oleh kamera pengawas. Anda disarankan untuk menyimpan barang berharga anda di loker pengamanan yang disebutkan diatas, dan karyawan maka pada area klub Fitness First diawasi oleh kamera pengawas (kecuali pada ruang ganti). Anda tidak disarankan untuk meninggalkan barang berharga anda di ruang ganti. Fitness First tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang diseluruh area klub.


    c)  Minuman tertentu yang diberikan secara gratis kepada anggota hanya untuk dikonsumsi di lingkungan Klub. Anggota dan tamu tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dan/atau minuman sendiri ke dalam Klub.


    d)  Pengelola dari waktu ke waktu bisa mengantar calon anggota atau orang lain untuk meninjau Klub dan mengizinkan mereka untuk mencoba fasilitas Klub dan memiliki hak untuk melakukannya.
  • pelatih pribadi
    a)  Anggota (klien PT) harus melakukan verifikasi dengan menggunakan kata sandi/sidik jari untuk setiap selesai melakukan sesi latihannya.


    b)  Semua sesi harus diselesaikan tepat atau sebelum tanggal kadaluarsa perjanjian yang dicantumkan dalam perjanjian Pelatih Pribadi.


    c)  Klub memiliki hak memberi anggota Pelatih Pribadi pengganti yang bersertifikat jika Pelatih Pribadi tetap berhalangan.


    d)  Pembatalan sesi-sesi Pelatihan Pribadi harus diberitahu paling sedikit 24 jam dimuka dari jadwal janji. Sesi akan dianggap sudah terpakai untuk semua pembatalan yang diterima atau belum diterima dalam waktu 24 jam dari jadwal janji. Untuk menghindari keraguan, kegagalan untuk menghadiri suatu sesi Pelatihan Pribadi yang sudah dijadwal tanpa pemberitahuan akan dianggap sebagai pembatalan dalam waktu 24 jam.


    e)  Semua sesi Pelatihan Pribadi yang dibeli tidak bisa dikembalikan. Sesi bisa dipindahkan ke anggota lain dari Klub yang ditunjuk anggota dan harus dengan persetujuan Pengelola. Anggota harus mengisi secara lengkap formulir pemindahan sesi.
  • loker pribadi
    a)  Loker Pribadi tersedia untuk disewa dengan biaya bulanan yang berlaku dan bisa berubah dari waktu ke waktu. Penyewaan loker untuk minimal enam bulan dan pembayaran dimuka ditambah uang jaminan Rp 250,000. Loker tidak bisa dipindahtangankan.


    b)  Perpanjangan penyewaan loker harus dibayar di resepsionis satu minggu sebelum tanggal kadaluarsa. Satu minggu setelah tanggal kadaluarsa loker, Pengelola memiliki hak untuk mengosongkan loker dan isinya akan diatur sebagai semestinya.


    c)  Kunci loker akan diberikan kepada anggota yang tetap menjadi barang milik Perusahaan dan harus dikembalikan pada saat penghentian penyewaan loker atau penghentian keanggotaan. Jika kunci hilang, maka akan dikenakan denda sebesar Rp 250,000. Denda sebesar Rp 250,000 juga berlaku untuk kehilangan kunci loker harian.
  • lain-lain
    a)  Anak-anak dibawah umur 14 tahun tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam Klub tanpa persetujuan dari manajemen Fitness First.


    b)  Promosi dan penjualan sesi latihan pribadi atau barang dagangan kepada anggota atau siapapun dilarang dan akan mengakibatkan penghentian langsung keanggotaan yang bersangkutan.


    c)  Locker harian harus dikosongkan setiap hari. Barang milik yang tidak bertuan akan disimpan oleh Klub selama satu bulan dan setelah itu Pengelola memiliki hak untuk membuang barang milik tersebut dengan cara yang dianggap pantas. Tuntutan tidak akan dilayani setelah jangka waktu tersebut.


    d)  Pengelola memiliki hak untuk memakai foto anggota dan/atau tamu secara perorangan atau kelompok apapun untuk media cetak atau tujuan promosi.


    e)  Karyawan yang sudah meninggalkan Perusahaan tidak boleh mengajukan permohonan untuk keanggotaan. Pengecualian berlaku atas keputusan mutlak pengelola.


    f)  Semua anggota harus mengikuti peraturan Klub yang bisa diubah, dibedakan, dihapus dan ditambah dari waktu ke waktu oleh kebijakan Pengelola. Anggota akan diberitahu mengenai perubahan apapun melalui pemberitahuan pada Papan Pengumuman Klub.


    g)  Kegagalan Pengelola untuk melakukan apapun haknya tidak bisa dianggap sebagai ditiadakan hak-hak tersebut.


    h)  Peraturan-peraturan ini diatur dan dianggap sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.
  • penyelesaian perselisihan
    a)  Apabila dikemudian hari terdapat perselisihan atas perbedaan penafsiran mengenai isi dan atau pelaksanaan Peraturan Klub Fitness First ini maka Perusahaan, Pengelola dan Anggota akan berupaya menyelesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan untuk mufakat.


    b)  Dalam hal musyawarah gagal untuk menyepakati perselisihan secara musyawarah maka penyelesaian perselisihan dapat diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat.