Fitness First Mempersiapkan Para Runners untuk Berlari dengan Maksimal di Maybank Bali Marathon 2019

Maybank Bali Marathon dijuluki sebagai salah satu “lomba lari yang paling mengesankan di dunia” oleh media gaya hidup The Active Times dan tahun ini, diadakan pada tanggal 8 September 2019. Lomba ini menyambut pelari dari seluruh dunia untuk bergabung dalam full marathon sepanjang 42 km dan half marathon sepanjang 21 km di sepanjang jalan datar dan daerah perbukitan yang melewati desa-desa setempat di Gianyar, wilayah timur Bali.

Fitness First mempersiapkan para anggotanya yang siap mengikuti perlombaan maraton bergengsi ini. Para anggota berlatih untuk meningkatkan kemampuan, kebugaran, dengan fokus latihan berkelompok untuk mencapai target mereka masing-masing di Maybank Bali Marathon 2019.



Program Fitness First untuk aktivitas lari bernama Running Club, telah secara aktif melatih pelari sejak didirikan pada tahun 2016, bahkan tumbuh pesat dari 120 menjadi 1.500 anggota hanya dalam 3 tahun. Program ini mengundang anggota untuk bergabung dengan sesama pelari lainnya untuk menjelajahi daerah Sudirman pada setiap Hari Minggu pagi saat Car Free Day, di saat jalanan memang disediakan untuk masyarakat berolahraga. 

Tujuannya adalah untuk membantu anggota mencapai kemampuan maksimum berlari dalam lingkukan yang menyenangkan. Dalam kelompok yang terdiri dari 15-20 orang yang dipimpin oleh 3 orang Running Buddies, para anggota berlari melalui rute sepanjang 10 km dalam 60 menit dan berkembang perlahan dalam beberapa minggu menjadi sesi lari sepanjang 23 km dalam 140 menit.

Ada 4 kelompok di setiap acara Running Club ini, mewakili berbagai tingkat kebugaran serta kemampuan berlari. Ini adalah strategi sempurna untuk memotivasi anggota karena di satu sisi, anggota dapat terinspirasi oleh kelompok lain untuk berlatih lebih keras, dan di sisi lainnya, anggota yang mengalami kemajuan secara signifikan dipindahkan ke kelompok yang intensitasnya lebih tinggi sehingga tempo lari mereka cocok dengan kelompoknya sehingga dapat berlatih lebih efektif.


 

Di setiap sesi latihan, anggota menerima panduan dari Running Buddies mengenai cara berlari yang benar untuk meminimalkan risiko cedera. Para anggota diajarkan cara pemanasan melalui stretching serta cara menstabilkan kecepatan lari, menghemat energi, dan membangun daya tahan untuk berlari dalam waktu yang lama.

Selain Running Club, pelari juga diberikan satu set program pelatihan mingguan jika mereka ingin berlatih sendiri. Menu program mulai dari easy run, tempo run, long run, interval training, dan strength training. Untuk hasil yang lebih efektif, pelari juga dapat berlatih dengan Personal Trainer tersertifikasi di klub untuk mendapatkan pelatihan khusus yang sesuai untuk kebutuhan, misalnya membangun kekuatan otot inti atau menguatkan otot kaki untuk kinerja lari yang optimal.