Pink October Serukan Gaya Hidup Fitnes Untuk Melawan Kanker Payudara

Brand fitnes terkemuka di Indonesia memperingati Breast Cancer Awareness Month


Dalam rangka memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara atau Breast Cancer Awareness Month Pink October, brand fitness terbesar di Indonesia Celebrity Fitness dan Fitness First mengadakan acara fitnes nasional yang berlangsung selama 4 hari. Disiarkan langsung atau LIVE di platform online untuk tetap menjaga kebijakan pengamanan jarak sosial, acara tersebut merupakan seruan ke masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang kanker payudara dan bagaimana menghadapi situasi tersebut dengan membangun gaya hidup berbasis fitnes.


Menurut Data Global Cancer Observatory yang diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker payudara merupakan jenis kanker paling umum di Indonesia, dengan sekitar 42 kasus per 100.000 orang dan angka kematian 17 pasien per 100.000 orang.


Berbagai penelitian ilmiah tentang hubungan antara aktivitas fisik dan risiko kanker payudara [1] [2] telah menyimpulkan bahwa aktivitas fisik menurunkan risiko kanker payudara. Ahli onkologi medis terkenal di dunia seperti ilmuwan afiliasi dari Pusat Ilmu Kesehatan Sunnybrook di Toronto (AS) Ellen Warner dan rekannya menyimpulkan, dari 67 penelitian yang diterbitkan [3], bahwa olahraga selama 30 menit untuk 5 kali per minggu mampu mengurangi 40% risiko kekambuhan dan kematian akibat kanker payudara.


“Melawan kanker payudara dengan olahraga dan kebugaran tubuh yang baik tidak hanya terbukti efektif secara ilmiah, tetapi juga dapat diadopsi sebagai gaya hidup sehari-hari. Menentukan rutinitas dan jenis olahraga jelas berada dalam kendali diri sendiri, dan hari ini kami ingin menunjukkan bagaimana pengalaman fitnes kami yang seru dan efektif dapat memotivasi Anda untuk menjalani gaya hidup sehat dan bugar.” Ucap Feni Soemitra, Head of Marketing Celebrity Fitness Indonesia dan Fitness First Indonesia.


Dengan mengunjungi link bit.ly/hshliveclass, pemirsa dapat langsung bergabung dengan acara Pink October dan mulai mengikuti berbagai kelas fitnes dari Celebrity Fitness dan Fitness First, seperti rangkaian olahraga yoga (Hatha Yoga, Gentle Flow Yoga, Yin Yoga), latihan daya tahan dengan gerakan kardio Body Pump, latihan seni bela diri dengan gerakan kardio Body Combat, olahraga balet Barre, olahraga dance dengan musik unggulan Body Jam, olahraga dance Latin Zumba, serta beberapa kelas signature seperti kelas dance olahraga otot perut DNA (Dance 'N' Attitude) Core Motion, gerakan disko DNA Insanity, dan latihan fungsional interval Fast Fit.


Selain kelas-kelas fitnes, acara online ini juga menghadirkan LIVE talk show untuk memberikan edukasi mengenai kesadaran atas kanker payudara dan dampak positif yang didapat dari berolahraga.


Adapun banyak manfaat olahraga di berbagai kasus kanker payudara, mulai penurunan berat badan yang sehat serta peningkatan kemampuan kebugaran seperti ketangkasan fisik, daya tahan, kekuatan, dan fleksibilitas, yang semua dapat menghasilkan imunitas tubuh yang lebih kuat. Selain kebugaran fisik, rutinitas olahraga yang baik dapat menghasilkan suasana hati positif dan penurunan tingkat stres, keduanya merupakan kekuatan mental yang sangat penting untuk memotivasi pasien yang tengah menjalani pengobatan kanker payudara atau pasien yang telah sembuh dan ingin mencegah kekambuhan kanker tersebut.


Feni menambahkan, “Kami sangat senang dengan respon dari masyarakat yang bergabung di acara online ini. Sebagian dari biaya pendaftaran kelas yang telah dibayar akan disumbangkan ke yayasan amal LovePink untuk selanjutnya digunakan untuk membantu layanan deteksi dini kanker payudara dan berbagai kegiatan lainnya yang mendukung pasien kanker payudara.”


[1]   https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30309689/

[2]   https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26687833/

[3]  https://www.healio.com/news/hematology-oncology/20170511/exercise-has-astounding-effect-on-breast-cancer-recurrence-mortality